Skip to main content

Syarat, Ketentuan dan Cara Pengajuan Pinjaman di Koperasi

Saya yakin semua orang tahu dan mengenal Koperasi, yang memang sejak awal dibentuk, koperasi hanya berfokus pada anggota koperasi saja, baik itu dalam hal simpanan ataupun pinjaman.
Syarat, Ketentuan dan Cara Pengajuan Pinjaman di Koperasi

Namun, dengan berkembangnya usaha di masa yang akan datang demi mengikuti kebutuhan persaingan usaha, koperasi juga menyediakan bebrapa bentuk produk pinjaman yang dikhususkan bagi para anggota, dalam hal ini mereka yang di luar keanggotaan koperasi juga di perbolehkan.

Dalam hal ini Anda juga dapat melakukan pengurusan dana pinjaman terhadap pihak koperasi meski bukan anggota, namun pada saat Anda akan mengajukan pinjaman di koperasi, maka status Anda ialah sebagai calon anggota koperasi.

Syarat dan Ketentuan Melakukan Pinjaman di Koperasi

Sebenarnya koperasi hampir sama dengan perbankan, tetapi yang membedakannya hanya koperasi lebih merakyat. Dalam hal ini walaupun Anda belum menjadi anggota koperasi, Anda juga dapat melakukan pinjaman kok dengan Anda menjadi calon anggotanya. Syaratnya adalah sebagai berikut :

  • Warga Negara Indonesia Asli
  • Keanggotaan Anda akan bersifat perorangan dan bukan dalam bentuk badan hukum yang sah.
  • Membayar simpanan pokok setiap bulan dan simpanan wajib sesuai ketentuan yang di berlakukan.
  • Menyetujui semua Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, serta beberapa ketentuan yang berlaku dalam koperasi tersebut.

Nah jika Anda telah menjadi anggota dari sebuah koperasi, maka Anda akan dimudahkan untuk melakukan peminjaman uang untuk kebutuhan yang memang Anda perlukan. Dalam hal ini Anda sebagai seorang anggota, Anda dapat mengajukan pinjaman di koperasi dengan segera dengan beberapa sebagai berikut:

  • Anda berstatus sebagai anggota koperasi ataupun calon anggota koperasi.
  • Mengisi formulir pinjaman yang tersedia
  • Menyerahkan Foto Copy KTP suami istri apabila Anda sudah menikah.
  • Menyerahkan Foto Copy Kartu Keluarga atau KK, Rekening listrik, Slip gaji serta Agunan.

Apabila Anda telah melengkapi syarat umum di atas, selanjutnya Anda sebagai anggota koperasi dapat mengikut langkah selanjutnya, diantaranya :

  • Anda harus melengkapi pengajuan dana pinjaman dengan cara mengajukan proposal tujuan penggunaan dana tersebut, sebagai contoh untuk modal usaha atau untuk hal yang lainnya.
  • Selanjutnya pengurus koperasi akan mempertimbangkan proposal pengajuan pinjaman yang Anda berikan sesuai prosedur pinjaman yang sudah ditentukan sebelumnya dalam koperasi.
  • Nah, apabila pengajuan pinjaman yang Anda ajukan berhasil disetujui, maka pencairan pinjaman dan lama pengembalian akan disesuaikan oleh pihak koperasi berdasarkan kesepakatan yang telah dituangkan dalam akad pinjaman koperasi tersebut.

Keuntungan Melakukan Pinjaman di Koperasi

Dengan Anda melakukan pinjaman di koperasi, maka Anda memiliki banyak keuntungan, dan salah satunya ialah dengan beban bunga yang menurut saya bisa dibilang sangat rendah jika dibandingkan lembaga keuangan lainnya. Dalam hal ini terdapat beberapa tipe bunga yang biasa diaplikasikan pada pinjaman jangka pendek dalam sebuah koperasi, di antara lain ialah sebagai berikut :

1. Bunga Flat

Bunga Flat adalah tipe bunga yang sering digunakan dalam pinjaman jangka pendek, maksud dari bunga flat ialah perhitungan bunga yang nominalnya selalu sama dalam setiap bulannya.

2. Bunga Menurun

Bunga Menurun ialah tipe bunga yang dipengaruhi oleh besaran dari nilai pinjaman pokok dalam koperasi, semakin kecil pinjaman, maka semakin kecil bunga yang harus di bayarkan, begitupun sebaliknya.

3. Bunga Menurun Efektif

Metode perhitungan Bunga Menurun Efektif juga sering dipakai dalam pinjaman di koperasi. Tipe bunga yang satu ini dihitung dari saldo akhir dalam setiap bulannya, sehingga bunga yang Anda bayarkan akan menurun setiap bulannya seiring dengan berkurangnya jumlah pinjaman.

Menurut pandangan saya dari segi perhitungan bunga serta syarat yang diajukan, melakukan pinjaman dalam sebuah koperasi ialah pilihan menarik untuk Anda yang membutuhkan dana tambahan dalam perusahaan.

Baca juga: Jenis-jenis Kredit yang Didasarkan pada Proses Terjadinya

Bahkan beberapa orang yang memang mempunyai usaha yang berskala kecil sampai yang berskala menengah banyak yang menggunakan koperasi sebagai pilihan utama untuk menambah modal usaha mereka. Ada beberapa alasan mengapa mereka lebih memilih meminjam dana di koperasi dari pada di Bank, di antaranya adalah pengurusan yang cepat tanpa harus persyaratan yang rumit.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar