Skip to main content

Tips Wawancara Kerja Agar Langsung di Terima

Wawancara kerja masih terkadang menjadi momok bagi sebagian orang, terlebih lagi pencari kerja yang baru lulus sekolah atau kuliah.Selain dari CV atau surat lamaran yang Anda bawa, setiap cerita dan gerak-gerik yang ditampilkan oleh Anda akan dinilai dalam hati oleh HRD.
Tips Wawancara Kerja Agar Langsung di Terima

Hal ini tentu akan membuat mereka terkesima jika memang Anda mendapat penilaian bagus saat di lakukan interview. Tapi, jangan kaget jika Anda malah mendapat jawaban yang kurang sesuai. Dan biasanya seorang pelamar kerja akan di terima atas beberapa hal berikut, antara lain :

1. HRD biasanya suka dengan pelamar kerja yang punya persiapan

HRD sering menanyakan apa yang Anda ketahui dari perusahaan yang dilamar tersebut. Teradang, Anda juga akan ditanyai mengenai apa yang Anda tahu dan bayangan Anda saat bekerja di posisi yang dilamar. Hal ini di lakukan untuk menguji apakah Anda benar-benar melamar pekerjaan itu karena tahu kemampuan Anda dan punya minat. Bukan asal melamar saja. Mereka yang telah melakukan persiapan mengenai pengetahuan perusahaan tersebut akan lebih terlihat menarik di mata seorang HRD.

2. Komunikatif

Ketika seorang HRD bertanya, jangan memberi jawaban "ya" atau hanya "tidak" saja. Jangan juga menjawab dengan beberapa kalimat pendek. Sebab sebenarnya, pertanyaan HRD ialah pertanyaan pancingan supaya Anda mau menceritakan lebih banyak dari yang ada di CV tersebut. Oleh karena itu, saya sangat menyarankan Anda menyampaikan hal-hal yang tidak tertulis di CV. Ketika bercerita mengenai organisasi, lanjutkan dengan apa yang Anda peroleh dan prestasi Anda di sana.

3. Antusias

Pada umumnya, hal ini akan menggambarkan lagi niat besar Anda untuk bergabung di perusahaan tersebut. Dalam hal lain itu menandakan bahwa Anda juga berminat pada lowongan yang Anda lamar. Dalam hal ini Anda bisa bertanya apa saja sebenarnya tugasnya. Apakah ekspektasi Anda sudah sama dengan tugas yang sesungguhnya nanti.

4. Keahlian Sesuai dengan Lowongan yang Ada

Baca juga: Tips Agar Bisa Mendapatkan Pekerjaan

Beberapa HRD sangat percaya bahwa talenta yang baik ialah orang yang melamar sesuai dengan pekerjaan atau lowongan yang ada. Sebagai contohnya, posisi HRD dari jurusan Psikologi ataupun Hukum. Atau seorang programmer dari jurusan Ilmu Komputer atau Teknik Informatika.

5. Sampaikan Kemampuan Tersembunyi

Kadang kadang ada pelamar yang menulis di CV, mempunyai skill kerjasama, leadership, komunikatif, dan juga argumentatif. Itu semua ialah skill yang tidak bisa diukur oleh apapun. Saran saya sangat bahwa sewaktu wawancara, dijelaskan skill-skill tersebut.

Memang beberapa hal tersebut dapat ditulis di CV namun harus ada portofolio yang kuat untuk meyakinkan rekruiter. Sebagai contoh pada CV Anda tulis punya leadership tapi selama ini belum pernah bekerja di posisi senior atau manager.

6. Sampaikan Hal Unik Tentang Anda

Jika kita lihat dari segi psikologi, manusia itu unik dan gak mungkin sama. Anak kembar saja sangat identik akan berbeda satu sama lain. Hal ini sama dengan proses rekrutmen. Saat Anda gagal, bukan berarti Anda itu jelek, bodoh, tidak berguna dibandingkan dengan yang telah diterima di perusahaan tersebut. Terkadang bukan masalah persiapan Anda kurang kuat. melainkan keunikan  Anda yang Anda punya tidak cocok dengan perusahaan yang ada.

7. Jujur

HRD tentu akan dapa menilai seseorang dar segi cara duduk dan yang lainnya. Maka dari itu saat Anda di tanya, Anda harus menjawab dengan jujur atas semua pertanyaan yang ada dan di hadapkan pada Anda.

Seorang HRD yang sudah berpengalaman akan mengetahui jawaban Anda jujur atau malah bohong. Sebagai contoh, Anda di tanya apakah pernah bekerja di lain perusahaan ? lalu Anda menjawab pernah. Sedangkan di CV Anda tidak ada keterangan tersebut, dan gestur tubuh Anda malah menampakkan hal berbeda. Otomatis HRD tidak akan percaya dengan jawaban Anda tersebut.

Saat Anda melakukan Wawancara Kerja Agar Langsung di Terima sebenarnya bukan jaminan, tetapi dengan Anda melakukan beberapa hal yang telah saya tulis di atas. Peluang Anda untuk di terima di suatu perusahaan.

Baca juga: Contoh Surat Pengalaman Kerja (Certificate of Imployment)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar