Skip to main content

Manfaat dan Kelemahan Revaluasi Aset pada Perusahaan

Manfaat dan Kelemahan Revaluasi Aset pada Perusahaan

Dalam dunia bisnis Revaluasi aset dapat di artikan penilaian kembali aset tetap yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Dilakukannya hal ini disebabkan oleh adanya kenaikan nilai aset tetap di pasaran, sehingga aset tersebut langsung dilaporkan pada laporan keuangan sebuah perusahaan terlalu rendah.

Tujuan utama dari melakukan revaluasi aset supaya perusahaan dapat melakukan penghitungan penghasilan dan biaya secara lebih wajar. Atas hal tersebut revaluasi aset dapat mencerminkan nilai dan kemampuan perusahaan yang sebenarnya. Aset yang direvaluasi adalah semua aset tetap yang berwujud di Indonesia, serta dimiliki dan dipakai untuk mendapatkan, menagih, serta memelihara penghasilan dalam hal objek pajak.

Manfaat Melakukan Revaluasi Aset pada Perusahaan

Seperti yang telah tertulis di atas bahwa revaluasi di gunakan untuk mengukur bagaimana kondisi aset dalam sebuah perusahaan. Nah, hal tersebut tentu ada manfaat yang di peroleh, di bawah ini adalah Manfaat dilakukan Revaluasi Aset pada Perusahaan, antara lain :

1. Menarik Minat Investor

Manfaat dari melakukan revaluasi aset yakni meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Dan peningkatan kinerja keuangan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan akan menarik minat investor untuk menanam saham. Dengan melakukan analisa debt to assets ratio dan debt to equity ratio yang akan dihitung langsung oleh investor, maka secara otomatis akan memberikan ketertarikan pada investor.

2. Menunjukkan Posisi Kekayaan yang Wajar

Selain itu manfaat yang dapat diperoleh dari revaluasi aset adalah memberikan nilai riil pada aset perusahaan tersebut. Hal ini bisa menunjukkan nilai aset tetap dalam laporan keuangan yang mencerminkan nilai yang wajar. Dilakukannya revaluasi aset akan sangat berguna untuk perusahaan yang akan ataupun telah go public untuk menyusun nilai aset ke harga yang relatif lebih realistis dalam pasaran.

3. Memudahkan Perusahaan yang akan Melakukan Proses Merger

Untuk sebuah perusahaan yang akan melakukan merger, nilai aset tetap pada setiap perusahaan yang akan merger bisa diketahui nilai wajarnya. Sebuah perusahaan yang akan merger harus melakukan penilaian kembali pada setiap aset tetapnya supaya nilai aset yang sesungguhnya pada perusahaan baru diketahui.

4. Mengurangi Kewajiban Perpajakan

Dengan terus bertambahnya nilai aset pada perusahaan, maka biaya penyusutan juga akan meningkat secara perlahan. Biaya penyusutan yang naik pada perusahaan akan berpengaruh pada laporan keuangan. Laba yang dihasilkan perusahaan tersebut juga akan menurun sehingga kewajiban pajak pada tahun tersebut juga menjadi berkurang drastis. Tetapi, yang perlu Anda perhatikan, selisih atas nilai aset revaluasi dengan nilai buku aset yang ada dalam perusahaan sebenarnya disebabkan oleh pajak penghasilan final sebesar 10%.

Kelemahan Melakukan Revaluasi Aset pada Perusahaan

Apabila kita berbicara tentang manfaat revaluasi, tentu juga akan muncul kelemahan dengan dilakukannya revaluasi atas aset perusahaan tersebut. Dibawah ini adalah beberapa kelemahan dari dilakukannya revaluasi aset, antara lain :

1. Tidak Ada Aliran Kas Masuk Atas Revaluasi Aset

Dengan Anda melakukan revaluasi aset, maka perusahaan sebenarnya tidak memperoleh aliran kas masuk. Perusahaan Anda seolah hanya melakukan window dressing ataupun mempercantik performa laporan keuangan sebelum ditampilkan pada pihak investor.

2. Pengenaan Pajak Final 10% atas Revaluasi Aset

Seperti yang telah saya jelaskan di atas mengenai manfaat dilakukan revaluasi aset, keuntungan membayar pajak Badan yang semakin rendah efek biaya penyusutan, juga perlu diimbangi dengan konsekuensi pembayaran pajak dalam perusahaan.

3. Adanya Biaya Tambahan untuk Pihak Appraisal

Dengan memakai jasa appraisal/jasa penilai, sebuah perusahaan harus mengeluarkan fee lebih untuk pihak independen yang terkait. Hal tersebut dilakukan supaya pengukuran nilai aset yang d miliki sesuai dengan nilai wajar/ sesuai di pasaran.

Dari beberapa macam manfaat dan kelemahan yang diperoleh atas revaluasi aset, maka sebuah perusahaan harus juga mempertimbangkannya. Apabila perusahaan ingin menarik investor dari luar, maka langkah revaluasi aset adalah opsi yang bisa Anda lakukan untuk memberi gambaran terhadap investor bahwa laporan keuangan perusahaan dalam kondisi yang baik, sehat, dan layak untuk memperoleh suntikan modal. Dengan hasil yag baik maka tidak akan menjadi kendala untuk seorang investor menanam saham di perusahaan Anda.

Baca juga: Mengenal Kode Akun atau Chart of Account dalam Perusahaan
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar