Skip to main content

Istilah-Istilah Perdagangan Dalam Cryptocurrency atau Mata Uang Kripto

Istilah-Istilah Perdagangan Dalam Cryptocurrency atau Mata Uang Kripto
Cryptocurrency atau mata uang kripto saat ini sudah menjadi simpanan aset yang dimiliki banyak orang. Dengan memilikinya, banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Selain daripada, membeli atau membayar dengan menggunakannya. Cryptocurrency dijadikan sebagai sumber penghasilan dengan memperdagangkannya. Dalam perdagangan cryptocurrency selisih harga beli dan juallah yang merupakan keuntungan dari perdagangan tersebut.

Trend naik turunnya harga mata uang ini cukup cepat, bahkan dengan angka yang cukup tinggi. Sehingga, dalam waktu sehari saja, keuntungan bisa mencapai 200%. Waooo, sungguh menggiurkan bukan!

Berikut ini istilah-istilah yang terdapat dalam perdagangan cryptocurrency:

1. ATH (All-time-high) : Apabila harga mata uang kripto mencapai harga tertinggi yang memecahkan harga sebelumnya.

2. Arbitrage : Mengambil kesempatan terhadap perbedaan harga mata uang kripto dalam platform pertukaran berbeda untuk memperoleh keuntungan.

3. Bullish : Prediksi mata uang kripto harga akan naik

4. Bearish : Prediksi mata uang kripto harga akan turun

5. Limit order / limit sell / limit buy : Pesanan (order) yang diletakkan pengguna untuk membeli atau menjual mata uang kripto dalam platform pertukaran

6. Market order / market buy / market sell : Pembelian atau penjualan dalam platform pertukaran pada harga semasa, atau order yang telah diletakkan oleh pengguna lain.

7. Margin trading : Kaedah untuk memperoleh keuntungan perdagangan mata uang kripto melalui pinjaman untuk menambah simpanan, boleh dibuat secara short (keuntungan apabila harga jatuh) atau long (keuntungan apabila harga naik). Kaedah paling berisiko dalam jual beli mata uang kripto dan bagian ini sesuai untuk pengguna berpengalaman.

8. Weak hands : Mereka yang tidak sabar, kemudian menjual aset digitalnya dengan kerugian karena harga pasaran jatuh.

9. Whale : Seseorang yang memiliki jumlah mata uang kripto yang sangat besar dalam komuniti mata uang Kripto tersebut.

10. Bagholder : Seseorang yang masih lagi memegang mata uang kripto yang gagal dan harganya sudah jatuh begitu drastis, mungkin dia tidak mau menerima kenyataan.

11. Mooning : Merujuk kepada harga mata uang kripto yang tiba-tiba naik beribu-ribu atau beratus-ratus persen.

12. FOMO : Fear of Missing Out. Perasaan yang membuatkan anda ingin menyertai dunia mata uang kripto sebelum terlambat, ironinya apabila harga mata uang kripto sedang naik mencecah langit.

13. FUD : Fear, Uncertainty and Doubt. Sentimen negatif terhadap sesuatu mata uang kripto tanpa terlebih dahulu mencari tau sejelas-jelasnya dan usul periksa oleh orang yang dengki dengan keuntungan yang diperoleh orang lain.

14. HODL : Hold On For Dear Life. Pemegang mata uang kripto yang tidak mau menjual mata uang kripto dalam simpanan karena tahu dalam waktu mendatang harga naik dengan tinggi.

15. Pump and dump : Suatu skim untuk coba menaikkan harga mata uang kripto melalui pembelian yang telah diselaraskan, dengan harapan untuk menarik pembeli lain membeli mata uang kripto yang dilihat harga semakin meningkat.

16. Shill : Seseorang yang mengiklankan suatu mata uang kripto walaupun tidak berhubungan dengan projek tersebut. Selanjutnya ingin orang lain membeli mata uang kripto itu supaya harga naik.

17. Shitcoin : Mata uang kripto yang dianggap tidak berguna dan tiada bernilai oleh komuniti mata uang kripto.

18. TTD : Time to Dump. Tiba masanya untuk menjual kesemua mata uang kripto itu, apabila harga semakin jatuh semakin dasar.

Itulah istilah yang mungkin Anda bisa membuat sebuah perencanaan terhadap mata uang kripto yang sedang Anda punyai.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar