Skip to main content

Peluang Usaha Jasa Sewa Kain Kursi di Daerah Perkotaan

Peluang Usaha Jasa Sewa Kain Kursi di Daerah Perkotaan
Tinggal di daerah perkotaan memiliki banyak peluang usaha yang bisa dijadikan sebagai penghasilan. Salah satunya dengan membuka usaha jasa sewa kain kursi. Ramainya orang di daerah perkotaan, menjadikan peluang usaha tersebut cukup menjanjikan. Sebab, lihat saja banyak momen ataupun acara yang sering diadakan. Misalnya, acara seminar, pernikahan, pemerintahan, wisuda, reunian, dan sebagainya. Atau acara-acara yang sifatnya formil yang biasanya menggunakan kursi. Ini kesempatan atau peluang bagi penyedia jasa sewa kain kursi.

Banyak usaha rias pengantin, dekorasi, bahkan paketan ada sewa kursi meja beserta trataknya, namun tidak ada kain kursinya. Sewa kain kursi biasa menjadi usaha sendiri (paket sendirian) sebab usaha ini tergolong ruwet. Banyak yang malas menjalankan usaha jasa sewa kain kursi. Sebab telatenannya begitu dituntut, mulai kebersihan kain, pasang dan bongkar kain, cuci kain, menjemur kainnya, dan juga harus mau kamar rumah menjadi gudang peletakkan kainnya. Hehehe

Hal ini yang menjadikan sebuah peluang, dari malasnya pengusaha lain untuk menjalankannya. Prospek tentu sangat bagus, apalagi memang berada di daerah perkotaan yang padat dengan acara.

Bila berhitung sedikit berkaitan usaha jasa sewa kain ini, cepat menghasilkan uang. Dengan perhitungan harga perkainnya berkisar 28-30 ribu, sebut saja harga per kain 30 ribu. Jumlah kain yang dibeli sebanyak 200 kain kursi. 200 x Rp. 30.000,- = Rp. 6.000.000,-, dengan asumsi dalam satu pekan di sewakan sebanyak 2 kali dengan harga sewa Rp. 1.500,-/kain, penghasilan sebulan yang diperoleh 200 x Rp. 1.500,- x 2 x 4 = Rp. 2.400.000,-. Dalam 3 bulan saja, bila usaha lancar sudah balik modal.

Dalam usaha ini tentu harus melakukan berbagai pendekatan (mencari relasi), bisa juga berafiliasi dengan pengusaha yang menyewakan kursi. Sehingga, jasa sewa kain yang dijalankan berjalan dengan sesuai harapan. Promosi secara online, baik melalui sosial media, ataupun beriklan berbayar bersama google ads dan fb ads, juga membuka peluang memperkenal usaha tersebut. Mudah-mudahan banyak acara-acara menggunakan jasa tersebut. Apalagi penerapan ilmu marketingnya bagus, mulai dari sikap, pelayanan, dan seterusnya.

Semakin lancar usaha, maka penghasilan yang di perolah juga semakin banyak. Ini sifat dari sebuah usaha, perlu adanya kerja yang harus dilakukan sebagai iktiar dalam mendulang rezeki. Ini menjadi sebuah peluang usaha bagus, mengingat hidup di daerah perkotaan cukup tinggi biaya yang haru dikeluarkan. Semuanya serba pakai duit, mulai dari memasak sampai minum airpun harus beli. Yang tidak seperti tinggal di kampung, masih banyak alternatif yang bisa memurahkan pengeluaran.

Jika berminat menjalankan usaha jasa sewa kain kursi, tips nya adalah sebagai berikut:

1. Beli mesin cuci yang berkualitas bagus, bahkan jika bisa minimal 2 mesin cucinya, karena mesin cuci dalam usaha ini akan sering digunakan. Perlu adanya ketelitan, supaya mesin cuci tidak cepat rusak.

2. Gunakan mesin cuci dengan pengeringan yang bagus. Ini bertujuan agar saat kain di jemur akan cepat keringnya. Apalagi saat lagi musim hujan, menghindari pesanan yang dibatalkan karena kain masih basah.

3. bersih dan putihnya kain menjadi lirikan dari para penyewa. Kualitas jasa sewa kain yang diberikan membuat rasa puas bagi penyewanya. Tidak jarang kain yang disewakan warnanya sudah pudar kekuning-kuningan, bukan karena sudah sangat lama. Tapi, karena pemakian deterjennya yang salah. Ada bocoran dari pengusaha kain, penggunaan merek pembersih “vanish” sangat cocok digunakan.

4. Berhitung dengan baik, mengingat biaya operasional di usaha ini cukup besar. Jangan menghambur-hamburkan uang penghasilan sewa kain ke arah yang tidak jelas. Bila ada keuntungan, lebih baik perbanyak kain atau bagun usaha baru yang bisa dipaketin dengan usaha jasa sewa kain tersebut.

Baca juga: Prospek Ke Depan Usaha Laundry Kiloan
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar