Skip to main content

Pengertian Dan Fungsi Coin Market Cap (CMC)

Pengertian Dan Fungsi Coin Market Cap (CMC)
Bagi para trader, tentu tidak asing dengan Coin Market Cap atau Market Capital. Dimana pemain aset digital (cryptocurrency) menjadikan CMC sebagai wadah mendapatkan informasi terkait koin-koin kripto. Coin market cap adalah sebuah situs yang secara lengkap dan terupdate memperlihatkan pergerakan harga seluruh digital aset yang terdaftar (yang ada di dunia) secara real time. Saat ini jumlah koin yang ter-list di CMC sebanyak 22 96 koin(Juni 2019). Dengan posisi top coin masih diungguli oleh bitcoin, yang juga merupakan mother coin. Dengan adanya coin market cap ini, maka akan dengan mudah melihat perbandingan kurs setiap kripto (digital aset). Misalnya, bitcoin konversi ke etherium atau bitcoin konversi ke DDkoin.

CMC sangat berfungsi sekali bagi para trader sebagai pertimbangan untuk membeli atau menjual digital aset. Dengan melihat grafik pergerakan setiap koin, secara mudah memprediksi untuk melakukan trading atau hold.

Setidaknya, ada beberapa fungsi dari coin market cap yang bisa bermanfaat bagi seorang trader:

1. Memperlihatkan Harga Secara Real Time, Volume, Supply Dan Change Setiap Digital Aset

Coin market cap memperlihatkan harga setiap digital aset secara real time. Semua koin yang telah terdaftar di CMC dengan mudah dapat dilihat harganya. Didalamnya juga terlihat jelas volume transaksi terhadap digital aset. Seberapa banyak digital aset tersebut di tradingkan per harinya, per bulan, dan secara keseluruhannya. Hal ini mendorong ketertarikan kepada para pengguna untuk membeli dan menjual, karena volume transaksi yang begitu tinggi. Lalu ada, informasi supply terhadap masing-masing koin. Tinggal berapa koin lagi jumlah yang akan didistribusikan. Biasanya, jika supply semakin sedikit tren harga sebuah koin akan semakin meningkat. Dan itu membuat para trader tidak mau ketinggalan untuk melakukan hold. Kemudian ada change, yang diwujudkan dalam sebuah grafik dan naik turunnya dalam bentuk persentase. Misalnya, persentase kenaikan BTC dalam USD atau BCT dalam DDKoin.

Baca juga: 14 Poin Mengenali Proyek Crypto Asli atau Tidak

2. Memperlihatkan Jumlah Koin Yang Terdaftar

CMC mendaftar koin mulai dari yang digandrungi banyak orang sampai koin dengan sedikit peminat atau dari koin populer sampai koin yang tidak banyak orang mengenalnya. Jumlah digital aset terus berkembang, terhitung pada Agustus 2016 terdapat 690 koin dan saat ini jumlahnya sudah mencapai 2296 digital aset

3. Memperingkat Digital Aset Berdasarkan Populeritasnya

Jumlah digital aset saat ini sudah cukup banyak yang bisa dilihat di coin market cap. Berdasarkan peringkatnya CMC mengurutkan bersadarkan volume market capitalnya. Bitcoin menjadi urutan pertama dengan market capital terbesar dan juga saat ini memiliki harga yang paling tinggi. Ada juga koin dengan urutan ke tiga yaitu Ripple dengan jumlah volume yang juga besar, walaupun harganya masih kalah dengan beberapa koin dengan urutan di bawahnya.

4. Menginformasikan Berbagai Event Yang Berhubungan Dengan Digital Aset

Coin market cap menjadi wadah informasi berbagai koin, bahkan mencantumkan web official link koin tersebut. Sehingga para user bisa melanjutkan untuk mempelajari lebih dalam dengan mengunjungi link tersebut. Banyak event-event yang akan diselenggarakan oleh setiap founder dan manajemen yang dimasukkan ke CMC. Mulai dari koin baru yang akan di daftarkan, terkadang berisi challenge, meetup atau pertemuan di tempat tertentu untuk membahas cryptocurrency.

Itulah beberapa fungsi dari coin market cap yang juga mempunyai syarat bagi koin baru harus memiliki setidaknya memiliki 2 exchanger, agar bisa diseranaikan di CMC. Semua koin berharap sangat besar berada di CMC supaya populer. Dengan begitu, demand semakin meningkat yang kemudian akan berpengaruh sebagai pump (kenaikan harga) pada digital aset tersebut.

Baca juga: Beli DDKoin Segera! Dapatkan Penghasilan Tetap (Staking Reward) Setiap Bulannya Selama Minimal 7-10 Tahun Dan Nikmati Nilai Aset Anda Yang Terus Bertambah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar