Skip to main content

Tips Dan Keuntungan Membeli Mobil Secara Tunai

Tips Dan Keuntungan Membeli Mobil Secara Tunai
Membeli mobil merupakan keinginan semua orang. Mobil yang diinginkan sebagai kebutuhan gaya hidup, teman aktivitas ngantor yang lokasinya jauh, mempercepat berkembangnya usaha yang lagi ditekuni, dan sebagainya, yang merupakan macam-macam motif atau dasar, mengapa harus memiliki mobil.

Biasanya dalam mendapatkan mobil melalui tunai atau secara kredit. Keduanya menjadi jalan bagi seseoran untuk bisa memiliki mobil yang diinginkan. Namun, dari kedua cara tersebut, membeli mobil secara tunai lah lebih menguntungkan daripada dengan cara kredit. Baik keuntungan dari segi uang yang dikeluarkan dan juga tidak adanya beban hutang yang harus dipikirin tiap bulannya.

Banyak orang setuju dengan membeli mobil secara tunai lebih menguntungkan dari pada membeli secara kredit. Akan tetapi, banyak yang mengatakan “jika tidak dengan cara kredit, gimana bisa mendapatkan mobilnya”. Karena dengan beban kredit, tentu akan memaksakan diri dengan segala usaha supaya bisa terbayarkan cicilan kreditnya.

Baca juga: Cara Ikut Bisnis Menyewakan Mobil Melalui Aplikasi

Berikut ini, tips supaya membeli mobil secara tunai, beserta keuntungannya:

1. Bila semua orang setuju bahwa membeli secara tunai lebih untung, mengapa harus kredit?. Pernyataan tersebut harus dimasukkan ke dalam pikiran, supaya bisa sadar jika membeli kredit banyak ruginya. Selain jumlah uang yang berlipat-lipat harus dikeluarkan sampai pelunasan, kemudian tentu cicilan juga menjadi beban pikiran. Yang seharusnya, uang dapat dialihkan ke hal lain terutama pengembangan aset, malah harus keluar untuk membayar cicilan.

Pemikiran ini sangat penting, sehingga tidak ada celah untuk mau membeli mobil secara kredit. “kan membeli dengan tunai lebih untung, kok beli pakai kredit”. Jika Anda, seorang pembisnis, tentu tidak mau rugi, bukan! Disebabkan membeli dengan cara kredit.

2. Banyak yang mengatakan, jika mobilnya untuk menjalankan bisnis, tidak ada salahnya mengkredit mobil. Mobilnya pun digunakan untuk menjalankan bisnis dan usaha tersebut bisa membayar cicilan tiap bulannya.

Mari berhitung, secara sederhana saja. Tidak perlu menggunakan tabel angsuran tenor 5 tahunan. Misalkan saja, untuk membayar DP berkisar 30 jutaan dan cicilan perbulan 5 jutaan. Ini berarti Anda harus siapkan DP tersebut, plus berhitung dengan mobil yang dibeli tersebut mampu memperoleh 5 jutaan, itupun haru bersih karena mobil perlu biaya perwatan juga.

Nah, bagaimana bila uang Dpnya dibelikan mobil secara tunai saja. Jika masih kurang, untuk membeli mobil, Anda bisa menunggu waktu hingga uang terkumpul berkisar 50-60 jutaan, mobil seken yang masih bagus. Bila ada perlu tambahan perbaikan, tentu tidak terlalu banyak agar mobil makin enak dipakai. Mobil lawaspun jika perawatannya ok, akan terasa nyaman digunakan.

3. Tips dalam menabung uang harus sama semangatnya jika membeli mobil secara kredit. Bila tiap bulan merasa sanggup mencicil uang sebesar 5 juta, mengapa tidak bisa menabung sebesar 5 juta juga, untuk modal membeli mobil secara tunai.

4. Hitung kekuatan keuangan membeli mobil secara tunai. Bila sanggupnya membeli mobil avanza tahun 2000 an, ya tidak masalah. Yang paling terpenting, manfaatnya tetap bisa untuk pengembangan bisnis. Jika, rezeki makin lancar dan usaha makin jaya, mobil lawasnya bisa di upgrade ke yang labih bagus lagi. Jual mobil lama, atau tukar tambah dengan yang baru.

5. Untung mendapatkan mobil tipe baru. Upgrade mobil biasa terjadi tiap tahun, biasanya perusahaan mengeluarkan mobil tipe yang baru dan tentu terdapat fitur yang sesuai dengan tren masanya.

Misalnya, membeli mobil secara kredit dengan tenor 5 tahun. Terima mobil tipe tahun 2019, nah pada saat mobil selesai pelunasannya di tahun 2024. Disana sudah banyak mobil tipe tahun 2024 yang lebih ok. Mobil tahun 2019, harga tunai misalnya 200 juta, karena kredit total menjadi 300 juta. Biasanya tipe pengeluaran mobil baru, tidak terlalu jauh harganya dengan tipe tahun sebelumnya. Di taksir, katakan saja berkisar 220 juta mobil tipe tahun 2024 nya. Artinya ada 2 keuntungan yang diperoleh jika cara tunai dilakukan: (1). Mendapatkan mobil baru dengan tahun yang tinggi, jelas akan lebih banyak fitur menarik dibanding dengan produk sebelumnya. (2). Menghemat uang sebesar 80 juta, bahkan lebih. Semunya tergantung pada strategi keuangan yang bisa diperoleh karena membeli mobil secara tunai.

6. Tidak terpikiran hutang tiap bulan, yang itu membuat stress dan beban yang bisa berujung pada penyakit. Sederhana saja, tipsnya bila tak sanggup bayar. Ya jangan dibayar, lempar saja ke orang lain untuk over kredit. Tapi, hal itu akan menambah kerugian saja, sebab pola kredit mobil itu di awal-awal besar bunga dan kecil pokok, selanjutnya semakin bartambah tahun, barulah pokok makin besar dan bungapun makin kecil. So, jika di awal-awal tahun saja, sudah tidak sanggup banyar, ya palingan dapat DP doang. Sebab semua cicilan terbayarkan lebih besar kepada bunganya. Hitung-hitung pokonya rugi dech!

7. Nilai penyusutan mobil baru tergolong tinggi, hal tersebut juga dipengaruhi oleh tren yang ada. Biasanya, mobil lawas sudah tak cocok digunakan di masa saat ini. Dengan kata lain, setiap orang selalu ingin mengugrade kendaraannya, terkhususnya mobil. Nah, apalagi membeli mobil dengan kredit, sudah rugi di bunga yang dibayarkan serta penyusutan pada mobil. Walau sama saja, jika beli mobil secara tunai juga mengalami penyusutan nilai. Namun, kerugian yang dialami tidak separah membeli secara kredit.

8. Bunga kredit dapat dialokasi untuk pengembangan aset. Ketimbang harus mengkredit mobil, bagus dialihkan ke yang lain. Saat ini, banyak projek usaha bisnis dengan teknologi dan sistem yang canggih, yang bisa membuat aset Anda berkembang. Contohnya saja, projek bisnis mata uang digital, seperti bitcoin, etherium ataupun DDKoin yang bisa menjadi sebuah solusi untuk mempercepat terwujudnya membeli mobil secara tunai. Sebagai saran, bisa dikembangkan melalui aset digital DDKoin. Baca artikelnya: Beli DDKoin Segera! Dapatkan Penghasilan Tetap (Staking Reward) Setiap Bulannya Selama Minimal 7-10 Tahun Dan Nikmati Nilai Aset Anda Yang Terus Bertambah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar