Skip to main content

Tujuan Facebook Menciptakan Uang Digital Libra, Sebagai Cryptocurrency Yang Baru

Siapa tidak kenal facebook?. Jajaring sosial yang penggunanya sudah melebih 2 miliar. Bahkan, mengalahkan penggunaan terhadap dollar yang belum sampai 1 miliar. Jumlah tersebut akan menjadi sebuah komunitas terbesar, bila facebook menciptakan digital aset yang baru, yaitu libra.
Tujuan Facebook Menciptakan Uang Digital Libra, Sebagai Cryptocurrency Yang Baru

Libra digadang-gadang merupakan nama mata uang digital yang akan diciptakan oleh facebook. Sebuah cryptocurrency yang dinamakan libra tersebut mengejutkan banyak pihak. Bahkan membuat bitcoin on fire kembali yang sempat melemah.

Bank-bank sentralpun mulai angkat bicara terkait libra facebook tersebut. Mereka juga akan mewaspadai dan mengawasi langkah dari facebook tersebut. Yang tentu, dengan keberadaan libra nantinya akan membuat bank-bank banyak ditinggalkan. Orang tidak lagi memakai jasa bank sebagai perantara dan penyimpan uang pemilik aset. Untuk apa lagi perlu adanya perantara di zaman modern ini?, sudah ada teknologi blockchain yang bisa diandalkan, apalagi pihak bank selalu meraup keuntungan yang sangat besar dari para pemilik uang.

Sebagian besar orang memiliki simpanan atau tabungan uang di bank. Sebagian orang lagi hanya punya sedikit uang, sehingga perlu meminjam uang dari bank untuk keperluan usahanya, dengan bunga yang cukup tinggi. Uang yang dipinjamkan tersebut merupakan simpanan uang pemilik yang diberikan kepada si peminjam. Bunga tinggi yang dibayarkan saat pengembalian uang, akan dinikmati sebagin kecilnya kepada pemilik uang dan sebagian besarnya kepada pihak bank (sebagai perantara). Bahkan untuk bank sebagai perantara mendapatkan 2 keuntungan pula; keuntungan sebagai perantara dan keuntungan untuk biaya perantaranya. Semua orang tahu, gedung bank yang megah-megah dibangun, agar kian meyakinkan para pemilik uang. Sebenarnya merupakan kemewahan yang dibiayai oleh para pemilik uang (nasabah bank), namun masih belum banyak nasabah yang sadar. Bukan itu saja, mulai dari pembelian peralatan canggih, gaji para petinggi/pimpinan bank sampai ke karyawannya, nasabahlah yang telah membiayainya.

Adanya libra facebook tentu membuat bank-bank besar merasa waas-was. Adakah dengan kehadiran libra bisa membahayakan pihak perbankan?. Apalagi, kalau-kalau dapat meruntuhkan penggunaan mata uang dunia seperti dollar dan euro.

Menjadi sebuah pertanyaan, adakah facebook kurang kaya? Sampai harus terjun ke projek cryptocurrency?. Yang namanya peluang, sekaya apapun pasti juga akan digarap. Walau faedahnya lebih bisa dirasakan secara menyeluruh oleh umat manusia. Seperti pernyataan petinggi facebook yang dikutip oleh Dahlan Iskan, mengatakan “ini bukan bisnis. Ini adalah sebuah misi idealisme facebook”.

Tujuan facebook menciptakan uang digital Libra, sebagai cryptocurrency yang baru

1. Dengan jumlah pengguna facebook yang besar, maka nantinya facebook akan menjadi bank sentral sekaligus bank sentralnya dunia dari semua mata uang digital yang ada, yang juga sebagai penerbit mata uang libra.

2. Penerapan teknologi mukhtahir seperti blockchain dengan segala perkembangannya dalam protokol dan platform cryptocurrency yang ada. Hal itu bertujuan agar libra menjadi mata uang yang independen dan demokratis. Tidak ada satupun dari kalangan pemerintahan yang mempu melakukan intervensi. Bisa saja facebookk menggunakan AEPOS, sebagai generasi terbaru dari DPOS. AEPOS (Arai Ezzra Proo Of Stake) yang sudah mencapai jumlah transaksi setiap block paling tinggi dibanding dengan yang lain. Tapi bisa juga, facebook mengambil yang lain atau bahkan menciptakan yang baru.

Baca juga: Kelebihan Teknologi AEPOS Yang Digunakan DDKoin

3. Membuat mata uang yang tidak dapat dipengaruhi oleh kepentingan politik di masing-masing negara. Libra tidak akan seperti bank-bank sentral yang ada selama ini. Tentu banyak perusahaan atau lembaga yang sudah bergerak di transaksi non-cash yang akan digandeng oleh facebook. Seperti paypal, visa, mastercard, uber, women world bank, dan lain sebagainya.

4. Facebook juga akan memiliki dompet digital yang bernama calibra. Bisa bertindak sebagai penyimpan aset digital libra yang aman, perdagangan dan mungkin juga bertindak sebagai stabilisasi, jika ada permasalahan nilai tukar libra antar negara.

5. Asosiasi libra facebook menginginkan agar masyarakat seluruh dunia dapat bertransaksi dengan murah. Jual beli barang tidak perlu ribet apalagi beda negara, cukup menggunakan mata uang digital untuk menyelesaikannya.

Menurut facebook, selama ini bank memiliki tarif yang cukup mahal dalam bertransaksi. Keuntungan mengalir deras ke perbankan atau lembaga keuangan. Sementara di pihak pemilik aset sendiri secara tidak efektif dan efisien telah dirugikan oleh sistem yang ada.

6. Facebook beranggapan bahwa perbankan yang berusia 1000 tahun sudah sangat tua. Tidak lagi relevan dengan manusia muda sekarang ini. Apalagi sudah ada teknologi yang membuat pihak ketiga (perantara) tidak diperlukan lagi. Semua aset yang dimiliki setiap orang dikendalikan oleh masing-masing orang, tanpa adanya campur tangan pihak ke 3 yang ingin meraup keuntungan yang besar.

Banyak tanggapan miring terkait libra facebook yang akan diluncurkan. Pihak facebook tetap optimis dan terus melanjutkan projek tersebut. Seperti misalnya, komentar dari pihak bank dunia bahwa nantinya libra bisa dimanfaatkan sebagai pencucian uang atau dipakai sebagai aliran dana untuk kegiatan terorime. Ada juga kekhawatiran bahwa libra tidak dapat dijadikan sebagai alat transaksi yang baik, seperti diketahui harga bitcoin yang sempat seperti roller coaster.

Pihak facebook tentu sudah memikirkan hal-hal negatif yang akan terjadi bila libra diterbitkan. Sehingga, tidak perlu ada kekhawatiran, yang mungkin sebagai bentuk alasan untuk membatalkan adanya libra facebook. Projek facebook saja telah terbang tinggi dengan sukses, yang hal itu akan dapat diraih juga bersama libra. Jika libra mendorong berhijrah ke tempat yang lebih baik, maka mengapa harus disingkirkan? Semua orang tidak dapat menolak perubahan, yang sama halnya seperti perbankan yang mulai ditinggalkan.

Baca juga: Beli DDKoin Segera! Dapatkan Penghasilan Tetap (Staking Reward) Setiap Bulannya Selama Minimal 7-10 Tahun Dan Nikmati Nilai Aset Anda Yang Terus Bertambah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar