Skip to main content

Cara Memanage Keuangan yang Benar dari Gaji Tiap Bulan


Memanage keuangan dari gaji tiap bulan sebenarnya susah - susah gampang. Bisa dibilang memanage keuangan bulanan merupakan aktivitas yang sangat mudah untuk diucapkan namun sulit untuk dilaksanakan. Kebanyakan orang memiliki semangat memanage keuangan saat berada diakhir bulan.

Memanage keuangan bukan saja memperhitungkan setiap pemasukan dan pengeluaran, tapi juga belajar bagaimana cara keduanya berjalan secara seimbang, tidak besar pasak daripada tiang sehingga menimbulkan defisit keuangan. Oleh sebab itu, perlu mengetahui betul detail pengeluaran jangka pendek dan jangka panjang, serta melakukan upaya penghematan.

Untuk lebih jelasnya, inilah beberapa cara memanage keuangan yang benar dari gaji tiap bulan yang dijamin dapat membangun masa depan keuangan menjadi lebih stabil.

Baca juga : Inilah Profesi-Profesi Yang Ada Dalam Industri Jasa Keuangan Di Indonesia

Bersemangat untuk Menabung

Cara memanage keuangan yang pertama adalah dengan semangat menabung yang terus tumbuh dari dalam diri anda. Tips terbaik agar bisa terus bersemangat menabung adalah dengan cara memikirkan atau membayangkan diri anda sendiri saat berusia sudah lanjut.

Dengan memikirkan keadaan sendiri saat berusia lanjut maka semangat untuk gemar menabung akan menjadi lebih meningkat. Karena dengan berpikir demikian anda akan dituntut untuk bisa berpikir bagaimana caranya agar ketika menginjak usia lanjut tidak merepotkan orang-orang disekitar anda.

Selain itu kebiasaan gemar menabung akan membantu diri anda untuk mengerem keinginan-keinginan menghamburkan uang. Orang yang terbiasa menabung akan cenderung memiliki gaya hidup yang hemat dibandingkan dengan yang terbiasa menghabiskan uang dengan sia-sia.

Membuat List Rencana Belanja

Langkah bijak lainnya yang bisa dijadikan cara memanage keuangan yang paling jitu adalah dengan konsisten membuat catatan rencana belanja di setiap akhir bulan. Jadi alangkah baiknya sebelum anda menerima gaji tetap sudah membuat catatan rencana belanja dengan rapi.

Dengan membuat rencana belanja sedini mungkin yaitu dimulai sebelum anda menerima gaji rutin di awal bulan rencana belanja akan tertata dengan rapi. Sehingga pengeluaran dalam satu bulan kedepan sudah terencana dengan baik dan matang.

Anda bisa menerapkan aturan 50-30-20 dalam membuat catatan rencana belanja selama satu bulan depan. 50  untuk belanja kebutuhan-kebutuhan pokok yang rutin dikeluarkan setiap bulannya, 30 untuk tabungan dan investasi, sedangkan 20 untuk kebutuhan tidak terduga lainnya.

Belajar dari Kesalahan Bulan Sebelumnya

Mengingat kembali kesalahan yang telah menyebabkan pengeluaran justru membengkak pada bulan yang lalu merupakan tips jitu memanage keuangan. Dengan mengingat kembali apa yang seharusnya tidak dilakukan pada bulan yang lalu anda akan bisa belajar dari kesalahan.

Jika sudah diketahui apa kesalahan yang pernah dilakukan saat memmbelanjakan uang gaji dibulan yang lalu bersahalah untuk tidak mengulanginya kembali salam satu bulan kedepan. Dengan cara memanage keuangan tersebut maka anda bisa lebih berhati-hati dalam menghabiskan uang gaji anda.

Jika diperlukan catat baik-baik apa saja hal yang seharusnya tidak perlu dilakukan sehingga membuat uang keluar lebih banyak pada bulan yang lalu. Pastikan gaji anda bisa bermanfaat dengan optimal dan effisien.

Simpanlah Uang Receh

Beberapa orang terkadang menyepelekan uang receh, uang dari sisa pembelian, dan meletakkan begitu saja tercecer di beberapa tempat. Mulai sekarang belajarlah untuk tidak mensia-siakan sekecil apapun jumlah uang yang kita punyai, karena apabila uang itu sudah terkumpul maka uang itu akan sangat berguna ketika kita berada dalam keadaan terdesak.

Baca juga : Manfaat dan Kelemahan Revaluasi Aset pada Perusahaan

Itulah beberapa cara terbaik memanage keuangan yang benar dari gaji bulanan Anda. Memang banyak sekali godaan dan hambatan dalam memanage keuangan dengan benar. Namun dengan niat dan semangat Anda pasti bisa mengatasi godaan tersebut. Cerdas dalam memanage keuangan akan mendatangkan ketenangan dalam hidup Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar