Skip to main content

Cara Membuat WhatsApp (WA) Bisnis Dengan Mudah


Bagi anda yang punya usaha, atau suka jualan online, ada kabar gembira dari WhatsApp karena saat ini WhatsApp bisnis telah diluncurkan. Berbeda dengan WhatsApp versi standar, WhatsApp bisnis dikhususkan untuk para pebisnis, dimana aplikasi pesan singkat yang satu ini memiliki beragam tambahan fitur yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan bisnis kita.

Hadirnya aplikasi WhatsApp Bisnis ini akan sangat memungkinkan Anda untuk mempersonalisasi merek bisnis Anda di platform serta berhenti menggunakan nomor telepon pribadi dalam berkomunikasi dengan pelanggan Anda. Lalu bagaimana caranya memiliki akun WA bisnis? Yuk simak tutorialnya berikut:

Baca juga : Peluang Bisnis Online 2019 Yang Patut Dicoba

Membuat Akun Whatsapp Bisnis 

Sebelum melakukan cara mendaftar untuk membuat dan menggunakan serta mengatur akun bisnis di WhatsApp bisnis adalah gratis dan saat ini hanya tersedia bagi pengguna Android. Anda dapat mengunduh aplikasi Android dari Google Play store. Setelah berhasil menginstal aplikasi dan menyetujui persyaratannya, masukkan nomor telepon untuk akun Anda.

Pastikan bahwa nomor telepon tersebut dapat menerima pesan melalui SMS. Ingatlah bahwa kita tidak dapat menggunakan nomor telepon yang sama untuk akun pribadi dan bisnis WhatsApp. Pihak WhatsApp bisnis kemudian akan mengirim pesan SMS ke telepon.

Lalu Anda Masukkan kode enam digit di aplikasi untuk memverifikasi nomor Anda. Selanjutnya, ketik nama untuk bisnis Anda. WhatsApp memiliki beberapa panduan untuk membuat nama bisnis. Ingatlah bahwa Anda tidak akan dapat mengubah nama di kemudian hari. Setelah selesai, ketuk Berikutnya.

Isi Profil untuk Bisnis Anda 

Setelah membuat akun untuk bisnis Anda, artinya saatnya untuk menyiapkan profil. Ketuk ikon titik tiga - menu di sudut kanan atas layar dan pilih Pengaturan. Pada halaman Pengaturan, arahkan ke Pengaturan Bisnis lalu pilih Profil.

Ketika Anda mengisi profil bisnis Anda, sertakan informasi yang akan membantu pelanggan dan prospek seperti deskripsi bisnis, URL, alamat email, dan lokasi. Setelah selesai, ketuk Simpan di kanan atas. Sekarang Anda siap untuk mulai menggunakan akun whatsapp bisnis, dan berinteraksi dengan pelanggan dan prospek.

Mengatur Respons Otomatis untuk Pertanyaan yang Sering Diajukan Di Setelan Bisnis

Anda akan menemukan opsi untuk menyiapkan balasan cepat atau auto respons pesan. Menyiapkan pesan otomatis membantu Anda meningkatkan komunikasi dengan pelanggan dan memberikan informasi yang mereka cari. Misalnya, Anda dapat mengirim tautan/ link otomatis dengan menu dan pesanan, atau memberikan informasi penting lainnya yang sering diminta oleh pelanggan.

Buat Label untuk Mengatur Percakapan 

Label percakapan adalah fitur praktis yang memungkinkan mengatur pesan dengan pelanggan saat ini. Menggunakan label khusus Anda sendiri memungkinkan untuk memindahkan percakapan di saat penjualan dan menyiapkan proses untuk tim layanan pelanggan Anda untuk mengelola percakapan di platform tersebut.

Baca juga : 6 Ide Bisnis Rumahan Yang Lagi Viral Dengan Omset Jutaan Perbulan

Misalnya, jika Anda penjual kaos, Anda dapat menggunakan label untuk mengidentifikasi pelanggan mana yang perlu ditindak lanjuti dan di mana mereka berada dalam scoop Anda. Hal yang menyenagkan bahwa akun bisnis WhatsApp juga memiliki opsi untuk menggunakan WhatsApp Web di desktop untuk menerima dan membalas pelanggan. Jika Anda memiliki banyak orang di tim layanan pelanggan Anda, WhatsApp Web mungkin menjadi cara yang lebih efektif untuk merespons pelanggan daripada aplikasi seluler.

Lihat Statistik untuk Pesan Anda

Untuk melihat gambaran umum kinerja layanan pelanggan Anda, buka akun bisnis WhatsApp Anda, lalu buka Pengaturan Bisnis, dan klik tautan Statistik. Anda juga dapat melihat jumlah pesan yang dikirim, terkirim, dibaca, dan diterima di platform tersebut.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar