Skip to main content

Cryptocurrency (Mata Uang Kripto) Dapat Dijadikan Sebagai Bisnis Online yang Menguntungkan


Cryptocurrency merupakan suatu mata uang digital yang mana sengaja dirancang sebagai sebuah alat tukar. Mata uang digital ini sendiri menggunakan sistem yang bernama kriotografi. Dimana gunanya adalah untuk bisa mengamankan serta memverifikasi pada setiap transaksi, selain itu juga untuk membantu mengontrol pembuatan dari beberapa unit baru suatu cryptocurrency tertentu.

Selain itu juga bisa dibilang merupakan entri yang terbatas di dalam basis data dimana tidak bisa dirubah kecuali pada kondisi tertentu yang terpenuhi. Cryptocurrency ini berfluktuasi serta beresiko. Namun jika mampu untuk memahami pasar, tentunya akan membantu untuk mengidentifikasi beberapa proyek yang sukses.

Mata uang seperti ini sebenarnya bukan hal baru, karena sudah beredar selama kurang lebih 10 tahun. Nama Bitcoin yang populer belakangan ini membuat mata uang digital yang lain pun mulai populer. perkembangan uang digital seperti bitcoin begitu agresif.

Kesempatan mendapatkan profit yang besar membuat mata uang digital alias cryptocurrency menjadi salah satu komoditi yang diperdagangkan secara global. Mau tidak mau, kehadiran mata uang digital mulai mempengaruhi sistem pembayaran global dan bahkan layanan keuangan dunia.

Baca juga : Tujuan Facebook Menciptakan Uang Digital Libra, Sebagai Cryptocurrency Yang Baru

Kegunaan dari Cryptocurrency

Layaknya uang biasa, cryptocurrency digunakan sebagai alat pembayaran online. Anda bisa menggunakan uang digital ini untuk pengeluaran pribadi seperti membeli barang keperluan pribadi, membayar domain dan hosting, membeli game online, membeli software, dan lain sebagainya sepanjang vendor menerima pembayaran dengan uang digital.

Jadi Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah vendor menerima pembayaran dengan uang digital. Harus diketahui bahwa pembayaran dengan uang digital masih relatif terbatas. Selain itu, karena belum ada regulasi, belum banyak negara yang mengakui keberadaan uang digital ini.  Selain untuk pengeluaran pribadi, berikut ini kegunaan lain dari cryptocurrency atau mata uang kripto:
  • Crowdfunding
Anda bisa berpartisipasi pada crowdfunding atau penggalangan dana massal yang menerima pembayaran dengan uang digital. Salah satu alasan mengapa pemilik dompet digital lebih suka berpartisipasi dalam penggalangan dana massal menggunakan cryptocurrency adalah karena mereka tidak dikenakan biaya transaksi. Selain itu, uang anda tidak akan digunakan jika penggalangan dana massal tersebut tidak memenuhi target.
  • Trading
Tujuan utama bagi para investor cryptocurrency adalah untuk mendapatkan profit melalui investasi maupun trading. Anda bisa memperjual belikan uang digital yang anda miliki , membeli saat harga turun dan menjualnya kembali saat harga naik. Nilai mata uang digital bergerak sangat dinamis naik dan turun. Tentunya, fluktuasi harga ini menjadi kesempatan bagi trader untuk mendapatkan keuntungan.

Baca juga : Pengertian Dan Fungsi Coin Market Cap (CMC)

Cara Kerja Cryptocurrency

Cryptocurrency beredar secara desentralistik. Artinya, dua orang pemilik dompet digital bisa bertransaksi secara langsung tanpa melalui perantara (pihak ketiga). Berikut adalah cara kerja mata uang digital ini:
  • Transaksi murni berbasis online
Pembayaran, penerimaan, maupun transfer dilakukan menggunakan internet. Semua transaksi bisa dilakukan menggunakan ponsel berbasis android, laptop, atau PC. Selain itu, transaksi tidak dibatasi jarak maupun waktu. Anda bisa mengirim uang kapan saja dan melakukan pembayaran setiap saat.
  • Transaksi  terjadi dalam sebuah jurnal atau platform
Transaksi mata uang kripto terjadi dalam sebuah jurnal atau platform yang disebut Blockchain. Blockchain terbentuk dari blok-blok mandiri yang saling terhubung sehingga membentuk rantai jaringan. Blockchain berfungsi mengatur dan menyimpan data transaksi pada setiap blok. Setiap blok yang ada saling terhubung sehingga dapat terbentuk jaringan yang bersifat desentralistik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar