Skip to main content

Dalil Puasa Senin Kamis Dan Manfaatnya Bagi Tubuh


Puasa merupakan bagian dari 5 Rukun Islam, dimana suatu amalan yang utama selain dari shalat wajib. Dengan melaksanakannya maka seseorang dapat terhindar dari berbagai macam godaan syahwat selama ia hidup di dunia yang pada akhirnya akan membuatnya terlepas dari siksa api neraka ketika di akhirat kelak.

Selain puasa yang diwajibkan bagi seluruh umat muslim, Islam juga menganjurkan untuk mereka melaksanakan puasa sunnah guna menambah kekurangan-kekurangan yang terdapat pada puasa wajib. Cukup banyak macam-macam puasa sunnah yang dilakukan Rasulullah, namun Puasa Senin Kamis menjadi puasa yang paling sering Rasulullah lakukan.

Dan sebagai umat muslim, tentu tak asing lagi bagi kita ketika mendengar tentang puasa senin kamis. Dimana ini merupakan puasa sunnah yang Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam sangat menganjurkan untuk melaksanakannya dan beliau sendiri pun merupakan hamba Allah SWT yang selalu mengamalkan puasa tersebut.

Baca juga : Do'a Dan Cara Berbuka Puasa Ramadhan Sesuai Sunnah

Dalil Anjuran Puasa Senin-Kamis
  • Dalil 1
Dari Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas beliau menjawab,

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

Artinya :
“Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.” (HR. Muslim no. 1162)
  • Dalil 2
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya :
“Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747)
  • Dalil 3
Dari ‘Aisyah, beliau mengatakan,

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ.

Artinya :
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari senin dan kamis.” (HR. An Nasai no. 2362 dan Ibnu Majah no. 1739)

Manfaatnya Puasa Senin Kamis Bagi Tubuh

Selain mendapat keberkahan seperti yang di ajarkan dalam agama islam. Puasa ini ternyata baik pula untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat puasa senin kamis bagi tubuh.
  • Mengurangi risiko serangan jantung
Dari penelitian serupa, periset juga menemukan tekanan darah sistolik pada partisipan berkurang hingga 9 persen. Tekanan darah sistolik adalah tekanan yang diterima pembuluh darah saat jantung berdetak. Mereka yang tidak menjalani diet 5:2 justru tekanan darah sistoliknya meningkat hingga 2 persen.
  • Menurunkan berat badan
Saat berpuasa, tentu asupan Anda lebih sedikit dibanding orang yang tidak berpuasa. Kondisi ini dapat membantu menurunkan berat badan bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas.

Saat puasa, terjadi penurunan kadar hormon insulin, hormon pertumbuhan, dan hormon norepinefrin. Keadaan ini bisa merangsang pembakaran lemak di dalam tubuh untuk dijadikan sumber energi. Pembakaran lemak tersebutlah yang memengaruhi dalam proses penurunan berat badan.

Perlu Anda ketahui, puasa dalam waktu singkat dapat meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh hingga 3,6–14 persen. Artinya, pembakaran kalori pun menjadi lebih cepat.

Baca juga : Beberapa Manfaat Puasa di Bulan Ramadhan
  • Meningkatkan kemampuan mengingat
Diet menyediakan 'bahan bakar' alternatif. Selain itu karena mengakibatkan tekanan oksidatif ringan, diet membuat kemampuan sel saraf untuk memperbaiki kerusakan oksidatif DNA

Diet juga melindungi otak dari risiko parkinson dan penyakit alzheimer. Diet, khususnya ketogenik, juga mengurangi risiko kejang dan meningkatkan kemampuan belajar dan mengingat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar