Skip to main content

Dampak Positif dan Negatif Aplikasi RuangGuru Bagi Dunia Pendidikan


Dunia maya, atau yang juga dikenal dengan nama internet, saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Dengan adanya internet komunikasi antar bangsa menjadi terbuka. Bayangkan jika dunia saat ini tidak ada internet? Mulai dari pergerakan bisnis, pendidikan, sosial, politik, dan lainnya tidak bisa maju dan berkembang. Itu mengapa, internet sudah menjadi hal yang tak bisa dipisahkan bagi manusia modern saat ini.

Sebagai generasi penerus bangsa, pelajar pun kini sudah biasa menggunakan internet untuk menunjang kegiatan belajarnya. Mulai dari mengerjakan tugas, hingga mencari referensi pelajaran. Salah satu aplikasi belajar online karya anak bangsa yakni RuangGuru merupakan tempat yang sangat difavoritkan para pelajar Indonesia saat ini.

Aplikasi RuangGuru adalah aplikasi belajar dengan belajar terlengkap untuk segala kesulitan belajar. RuangGuru menyediakan sistem tata kelola pembelajaran yang dapat digunakann murid dan guru dalam mengelola kegiatan belajar di kelas secara virtual. Dilengkapi dengan ribuan bank soal yang kontennya disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia, serta peralatan analisis hasil tes, pengguna dapat memanfaatkannya tanpa dipungut biaya.

Begitu banyak manfaat positif dari aplikasi RuangGuru bagi para siswa ataupun para guru, Namun Setiap kegiatan yang dilakukan pasti memiliki dampak positif dan negatif, begitu juga dengan sistem belajar online melalui aplikasi RuangGuru ini. Berikut ini dampak positif dan negatif aplikasi RuanGuru.

Baca juga : Manfaat Teknologi Informasi untuk Dunia Pendidikan

Dampak Positif Aplikasi RuangGuru Bagi Dunia Pendidikan
  • Seluruh pelajar di Indonesia mendapatkan akses pendidikan yang mudah dan merata
Ada banyak daerah di Indonesia yang belum memiliki kualitas pendidikan yang baik, bahkan masih sangat tertinggal. Tetapi mereka sudah memiliki smartphone dan ada jaringan internet. Nah, dari sinilah, peran aplikasi Ruangguru sangat membantu mereka sebagai media belajar, sehingga pendidikan yang didapat anak Indonesia bisa merata dan tak hanya tergantung pada sekolah saja.
  • Bisa belajar dimana saja
Setiap anak bisa mendapatkan materi dengan mudah dan belajar mengevaluasi pembelajaran sendiri dimana pun berada, baik dirumah maupun disekolah atau tempat - tempat umum lainnya. sesuai keinginan hati masing - masing.
  • Selalu update tentang materi baru
Adanya Aplikasi RuangGuru bisa memudahkan anak belajar dengan bebas tanpa ada batasan waktu yang biasa ditetapkan untuk setiap mata pelajaran di sekolah sehingga lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru tersebut yang pada umumnya juga mencari dan mengajarkan materi pembelajaran yang ada dalam Aplikasi RuangGuru.
  • Siswa ataupun guru tidak GAPTEK (Gagap Teknologi)
Aplikasi RuangGuru dapat mengefisienkan waktu belajar dimanapun berada. Selain itu dengan adanya aplikasi ruangguru para siswa ataupun para guru itu sendiri tidak gaptek, mengingat aplikasi ruangguru selalu update informasi ataupun materi terbaru sehingga pembelajaran atau materi pelajaran yang diterapkan oleh guru disekolah bukan hanya dari buku yang terbit dari beberapa tahun yang lalu.

Baca juga : Tantangan Mahasiswa Dari Google

Dampak Negatif Aplikasi RuangGuru Bagi Dunia Pendidikan
  • Menurunkan derajat kredibilitas guru GAPTEK
Kualitas guru yang hampa akan teknologi tidak akan mampu menanamkan “daya kritis” kepada murid untuk menjadi manusia revolusioner. Sehingga mereka terhambat untuk menggali potensi dirinya. Guru yang gaptek (gagap teknologi) akan menurunkan derajat kredibilitasnya di hadapan para muridnya sehingga murid cenderung bersikap underestimate, seolah-olah guru adalah orang awam yang tidak bisa apa apa di tengah dunia metropolitan.
  • Dunia pendidikan terancam
Aplikasi RuangGuru selalu memberikan materi secara detail yang sangat mudah dimengerti, bahkan ada soal yang sudah lengkap dengan jawabannya. bahkan beberapa rumus lengkap sudah ada disana. "Jika kita bisa mendapatkan ilmu secara instan dan gratis, kenapa kita harus membuang waktu dan membuang uang untuk sekolah". Tidak sedikit orang tua bahkan para pelajar yang memiliki pemikiran seperti ini. Mengingat banyak pengusaha sukses saat ini yang hanya memiliki ijazah Sekolah Dasar.
  • Kesehatan mata terganggu
Dampak negatif lainnya akan berkaitan dengan kesehatan mata. Karena seringnya menatap layar ponsel, komputer, ataupun laptop untuk menggunakan internet, maka mata dipaksa untuk berakomodasi. Jika ini terus dilakukan dalam jangka waktu lama, maka kemampuan penglihatan pelajar bisa menurun dan mengakibatkan penglihatan minus.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar