Skip to main content

Dampak Positif Dan Negatif Aplikasi FaceApp


FaceApp sedang ramai diperbincangkan di jagad maya. Tak sedikit warganet yang penasaran lalu menggunakan aplikasi FaceApp untuk mengedit wajah dengan berbagai efek. Saat ini efek yang paling populer adalah menjadikan wajah terlihat lebih tua. FaceApp adalah aplikasi edit foto yang bisa mengubah wajah menjadi tampilan yang sangat berbeda.

Fitur fitur yang ada di Aplikasi Edit foto unik Faceapp ini bermacam-macam mulai dari efek yang bisa membuat wajah kamu berseri dan lebih cantik, efek foto yang bisa merubah wajah dari pria menjadi wanita ataupun sebaliknya, efek foto yang bisa menampilkan wajah kamu dimasa tua nanti ataupun bisa juga digunakan untuk menampilkan foto wajah menjadi lebih muda dari aslinya, bagaimana keren dan unik bukan.

Aplikasi ini semakin populer setelah banyak artis Hollywood ikut tantangan #AgeChallenge di media sosial. Mereka mengunggah gambar wajah tua mereka hasil edit foto dengan aplikasi FaceApp ini. FaceApp adalah perusahaan Rusia yang dibuat pada tahun 2017, Namanya adalah Wireless Lab. Aplikasi ini menggunakan teknologi neural network untuk secara otomatis menghasilkan transformasi wajah yang terlihat sangat realistik

Kini setelah aplikasi ini semakin populer, muncul kabar jika aplikasi ini mengintai keamanan usernya sebab aplikasi ini bisa menjadi jalan masuk penyusup mengambil semua foto dan video kamu tanpa sepengetahuan kamu.

Dampak Positif Aplikasi FaceApp

Aplikasi gratis ini dapat  mengedit foto di galeri ponsel  dan mengubahnya menjadi dua atau tiga kali lipat dari usia sebenarnya. Fitur lainnya termasuk mengubah warna rambut, menambahkan janggut, bertukar jenis kelamin bahkan terlihat lebih muda. FaceApp saat ini menjadi  salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh untuk iOS dan Android.

Baca juga : 6 Ide Bisnis Rumahan Yang Lagi Viral Dengan Omset Jutaan Perbulan

FaceApp menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk menampilkan wajah orang dengan sejumlah filter. Foto-foto yang diunggah ke FaceApp akan diproses oleh server dan dikirimkan balik ke pengguna. aplikasi Faceapp sudah bisa menciptakan foto yang unik dan lucu yang siap diupload ke facebook ataupun Instagram dan siap-siap untuk dikomentari teman-teman facebook kamu.

Dampak Negatif Aplikasi FaceApp

Aplikasi FaceApp mendapat peringatan dari beberapa Timur Tengah seperti Mesir dan Arab Saudi. Di negara Mesir, muncul pernyataan bahwa aplikasi FaceApp haram karena mengubah ciptaan Tuhan.

FaceApp, aplikasi yang bisa membuat pengguna mengetahui wajah ketika tua. Aplikasi ini disebut haram karena belum tentu wajah pengguna seperti yang ditampilkan aplikasi di masa depan. Al-Roubi mengatakan hanya Allah yang tahu hal-hal yang akan terjadi kepada manusia.

Sementara itu, mengikuti Amerika Serikat, Polandia, hingga Lithuania, Arab Saudi juga turut mengkhawatirkan potensi penyalahgunaan data pribadi. Otoritas Keamanan Siber Nasional (NCA) telah memperingatkan agar masyarakat tidak ‘ketagihan’ FaceApp. Sebab, aplikasi itu tengah diselidiki terkait privasi, lantaran diduga kurang bertanggung jawab atas data pribadi penggunanya.

Baca juga : Spesifikasi dan Harga Honda ADV 2019

Persyaratan layanan FaceApp terlihat memungkinkan pengguna untuk memberikan akses ke semua foto yang disimpan, dan tidak ada yang tahu kapan dan dengan siapa data ini dapat dibagikan atau digunakan.

FaceApp yang membuat wajah pengguna lebih tua hingga 50 tahun ini ternyata bukannya tanpa risiko. Para ahli memperingatkan aspek keamanan dari aplikasi dengan pengembang dari Rusia ini. Tak itu saja, FaceApp juga tidak akan memberi kompensasi untuk materi yang digunakan dan tetap bisa menggunakan gambar atau foto bahkan setelah pengguna menghapus aplikasinya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar