Skip to main content

Fungsi dan Tugas dari Otoritas Jasa Keuangan


Otoritas Jasa Keuangan atau biasa disebut dengan OJK adalah Lembaga Negara yang dibentuk menurut undang - undang yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diharapkan menjadi sebuah lembaga pengawas industri jasa keuangan yang terpercaya, dapat melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat, serta mampu mewujudkan industri jasa keuangan menjadi pilar perekonomian nasional yang berdaya saing global serta dapat memajukan kesejahteraan umum.

Dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya, OJK berkoordinasi dengan otoritas lain seperti Bank Indonesia dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). OJK ini dibentuk dan dilandasi dengan prinsip-prinsip tata kelola yang baik dan teratur. Namun apa saja fungsi dan tugas Otoritas Jasa Keuangan? Dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang fungsi dan tugas Otoritas Jasa Keuangan yang perlu Anda ketahui.

Baca juga : 10 Prinsip-Prinsip Keuangan Sebagai Dasar Teori Dan Pembuatan Keputusan Keuangan

Fungsi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
  • Menyelenggarakan Sistem Pengaturan dan Pengawasan Sektor Jasa Keuangan
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mempunyai fungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan. Hal ini meliputi sektor bank, sektor pasar modal serta sektor industri keuangan non-bank (IKNB).
  • Mengambil Keputusan Mengenai Perkembangan dan Kemajuan Keuangan
Fungsi OJK lainnya juga penting sebagai pengambil keputusan mengenai perkembangan dan kemajuan keuangan. Pengambilan keputusan yang diambil berasal dari berbagai sektor baik sektor bank, pasar modal, financial technology (fintech) serta industri keuangan non-bank lainnya.
  • Melindungi Konsumen
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga memiliki fungsi untuk melindungi konsumen. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan dibentuknya OJK, yakni mewujudkan keuangan inklusif bagi masyarakat melalui perlindungan konsumen yang kredibel. OJK mengatur regulasi terkait kewajiban perlindungan data masyarakat bagi pihak terkait.

Itulah beberapa fungsi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sedangkan untuk tugas OJK menyangkut pada pengaturan dan pengawasan terhadap segala kegiatan jasa keuangan.

Tugas Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mempunyai tugas melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan yang berada pada 3 (tiga) sektor yaitu :
  • Perbankan dan non-perbankan
  • Pasar modal
  • Peransuransian, dana pensiun, Lembaga pembiayaan, dan Lembaga jasa keuangan lainnya.

Agar dapat berfungsi secara maksimal OJK diberikan wewenang dalam tugas pengaturannya dalam bidang hanya terkait dengan jasa keuangan yang dijabarkan dalam uraian berikut ini :
  • Menetapkan Peraturan Perundang-Undangan dan kebijaksanaan operasional.
  • Membuat peraturan, mengawasi pelaksaananya, memerika, menyelidiki kasus jika ada yang diketahui melanggar aturan yang sudah ditetapkan.
  • Memberikan atau mencabut izin usaha dan Surat Tanda Terdaftar, melakukan persetujuan atau penetapan pembubaran serta ketetapan lainnya.
  • Mengawasi pelaksaanaan tugas pengawasan yang dilakukan oleh Kepala Eksekuttif dan penetapan pengelola statuer.
  • Menetapkan sanksi-sanksi yang bersifat administrative terhadap semua pihak yang diduga dan terbukti melakukan pelanggaran perundang-undangan.
  • Menetapkan infrastruktur dan stuktur organisai, mengelola, memelihara dan menatausahakan kekayaan dan kewajiban.
  • Memberikan perintah secara tertulis kepada pihak tertentu atau lembaga atau apapun yang bergerak dalam bidang terkait dengan jasa keuangan.
  • Mengawasi dan juga memantau pasar modal, perasuransian, dana pensiun dan segala bentuk lembaga pembiayaan lainnya.
Itulah ulasan tentang fungsi dan tugas dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang perlu Anda ketahui.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar