Skip to main content

Penemu, Pengertian, Manfaat dan Tujuan Teknologi Blockchain


Teknologi BlockChain atau biasa disebut blockchain adalah teknologi pencatatan transaksi terintegrasi dengan teknologi modern, dimana memiliki enkripsi data yang sangat kuat dan data tersebut hanya bisa dibaca dan ditambahkan, tetapi tidak bisa dirubah.

Teknologi BlockChain menawarkan system untuk berbagi informasi yang aman dan terpercaya, karena dilengkapi oleh enskripsi kryptography yang tidak bisa di edit namun hanya bisa dibaca dan ditambahkan.

Teknologi Blockchain ibarat sebuah general ledger (buku besar) digital yang mencatat semua transaksi yang terjadi secara permanen dan kemudian disebarkan pada seluruh jaringan blockchain tersebut.

Teknologi blockchain dikembangkan sebagai respon atas kekhawatiran sejumlah pihak terhadap cara kerja software yang tersentralisasi. Itulah sekilas tentang pengertian dari teknologi Blockchain. Nah, lalu siapa yang menemukan teknologi blockchain, dan apa manfaat serta tujuan dari teknologi Blockchain ini? Simak ulasan berikut.

Baca juga : Cryptocurrency (Mata Uang Kripto) Dapat Dijadikan Sebagai Bisnis Online yang Menguntungkan

Penemu Teknologi Blockchain

Blockchain diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2008 dan dimanfaatkan sebagai buku besar untuk transaksi publik cryptocurrency bitcoin. Satoshi Nakamoto adalah sebutan yang dipakai oleh seseorang yang tidak diketahui dan merupakan perancang bitcoin serta hasil penerapannya yang asli mengacu terhadap Bitcoin Core.

Satoshi Nakamoto, pencipta Bitcoin yang tidak diketahui identitasnya, tidak pernah membagikan informasi apapun mengenai profil mereka. Dalam profil onlinenya, mereka mengklaim sebagai seorang pria Jepang yang lahir di tahun 1975.

Manfaat Teknologi Blockchain
  • Perluas Akses Keuangan
Peluang yang dapat diciptakan dengan adanya teknologi blockchain seperti memperluas akses layanan keuangan. Akses layanan keuangan di Indonesia selama ini sudah cukup luas, tetapi dengan kehadiran blockchain maka akses akan lebih luas karena dapat menjangkau seluruh transaksi keuangan tanpa ada batasan-batasan pihak ke-3 (mediator) yang selama ini sudah ada.

Selain itu, akses keuangan dapat meningkat pesat di mana memberikan kecepatan akses dan transaksi sesuai dengan kapasitas server sendiri tanpa bergantung dengan server pusat.
  • Mengefisienkan Proses Bisnis
Manfaat teknologi blockchain selanjutnya adalah proses bisnis yang lebih efisien. Blockchain dapat melayani transaksi keuangan kapanpun dan di manapun tanpa ada batasan waktu dan ruang. Dengan ini, proses bisnis dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.
  • Biaya Murah
Efisiensi yang selanjutnya dari segi biaya transaksi maupun keuangan. Blockhain memiliki biaya transaksi yang cenderung rendah jika dibandingkan dengan rate mata uang konvensional. Hal ini sangatlah membantu dunia bisnis untuk meningkatkan efisiensi dari sisi keuangan.
  • Aman
Peluang dari segi teknologi adalah peningkatan keamanan teknologi. Teknologi blockhain sangat aman dan efektif. Transaksi yang dilakukan oleh user dapat divalidasi pada saat itu juga saat menggunakan blockchain untuk bertransaksi.

Baca juga : Tujuan Facebook Menciptakan Uang Digital Libra, Sebagai Cryptocurrency Yang Baru

Tujuan Teknologi Blockchain

Teknologi Blockchain berpotensi mengurangi biaya dan waktu secara signifikan pada transaksi perbankan lintas batas negara, meningkatkan efisiensi bank tetapi memberi tekanan pada pendapatan non jasa atau fee based income.

Teknologi Blockchain membuat transaksi lintas batas lebih cepat dan lebih murah. Ini bisa menjadi kredit positif bagi bank karena meningkatkan efisiensi dan jadi kredit negatif karena menekan fee based income.

Blockchain memiliki potensi secara substansial mengubah cara berbagai macam layanan keuangan dijalankan. Bank bisa memanfaatkan secara signifikan pengembangan dan implementasi teknologi blockchain dalam hal peningkatan efisiensi, penghematan biaya dan pengurangan risiko.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar