Skip to main content

Pengertian Hepatitis A Dan Mewabahnya Penyakit Hepatitis A Tersebut Yang Harus Diwaspadai


Penyakit Hepatitis A telah menyebar di Pacitan, Jawa Timur. Masyarakat merasa panik dengan adanya wabah penyakit tersebut. Hepatitis A dalam keseharian warga disana menjadi topik yang sedang ramai di perbincangkan. Sudah banyak korban yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut. Tercatat berkisar 1525 orang yang terserang Hepatitis A di daerah Pacitan tersebut, yang sudah terkategorikan kepada kejadian luar biasa.
Pengertian Hepatitis A Dan Mewabahnya Penyakit Hepatitis A Tersebut Yang Harus Diwaspadai

Pernyataan dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, Eko Budiono pada Jum’at (28 Juni 2019) bahwa “masyarakat yang terjangkit Hepatitis A akan langsung di larikan ke pusat pelayanan kesehatan. Ternyata, dalam pemeriksaannya orang-orang yang terkena Hepatitis A tersebut sudah mengalami gejala penyakit selama 2 minggu. Artinya bahwa, mereka tidak menyadari dan merasa baik-baik saja pada awalnya”

Mungkin tidak hanya di pacitan saja, penyakit Hepatitis A ini mewabah. Namun, memang di pacitan ini banyak yang sudah menjadi korban. Mudah-mudahan, di daerah lainnya bisa langsung dengan segara mencegah agar penyakit Hepatitis A tidak mewabah di masyarakat.

Berikut ini dilansir dari m.liputan6.com, terkait apa itu Hepatitis A, penyebab terjadinya Hepatitis A, gejala Hepatitis A, pengobatan Hepatitis A dan cara antisipasi atau pencegahan Hepatitis A

1. Pengertian Hepatitis A

Hepatitis A adalah sebuah penyakit yang menyerang organ hati. Terdapatnya infeksi virus, bakteri dan parasit Hepatitis A menyebabkan organ hati mengalami peradangan. Menularnya juga cukup cepat, melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi penyakit  ini kemudian menjangkit kepada orang lain. Seseorang yang terkena, akan mengalami perubahan pada bagian warna mata menjadi kuning, begitu juga dengan kulitnya. Warna mata dan kulit yang berubah menjadi kuning membuat penyakit Hepatitis A ini sering disebut penyakit kuning.

2. Penyebab Penyakit Hepatitis A

Hepatitis A disebabkan oleh virus, bakteri dan parasit yang biasanya melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi dengan Hepatitis A. Penyakit yang menyerang organ hati ini dengan mudah akan menular, sehingga bila tidak dilakukan pencegahan, Hepatitis A banyak menimbulkan korban.

Masyarakat harus memahami pola hidup sehat dengan benar dan mengenali penyebab terjadinya penyakit Hepatitis A. Kebersihan lingkungan yang buruk, adanya pencemaran air lingkungan, Sanitasi yang tidak baik, serta cara memasak makanan yang tidak benar akan menjadi jalan kepada penyakit Hepatitis A untuk menyerang tubuh.

3. Gejala Yang Ditimbulkan Hepatitis A

Penyakit Hepatitis A harus benar-benar diwaspadai. Masyarakat harus dengan ekstra melakukan pencegahan-pencegahan, mengingat begitu mudahnya penyakit Hepatitis ini menular. Adanya pemahaman terhadap gejala yang ditimbulkan Hepatitis A, masyarakat akan lebih cepat untuk melakukan tindakan yang tepat.

Berikut ini, 5 gejala yang ditimbulkan Hepatitis A;
  • Demam
  • Mual dan muntah
  • Lemas
  • Warna air seni gelap
  • Kotoran air besarnya berwarna pucat

Baca juga: Obat Herbal Manjur (Vermint) Sakit Tipes Dan Demam Pada Anak Dan Dewasa


4. Cara Mengobati Penyakit Hepatitis A

Sebenarnya penyakit Hepatitis A ini akan sembuh dengan sendirinya. Bagi yang telah tekena Hepatits A, cara pengobatannya dengan menjaga tubuh agar tidak terkontaminasi lebih parah dari serangan virus, bakteri dan parasit Hepatitis A. Pengobatan bisa dilakukan dengan menjalankan pola hidup sehat dan dibantu pengurangannya dari perawatan kesehatan (Vaksinasi). Pola hidup sehat akan membantu mematikan virus, bakteri dan parasit yang ditimbulkan Hepatitis A dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang terbentuk akan dengan sendirinya membasmi penyakit Hepatitis yang ada di dalam tubuh. Jika, seseorang telah sembuh dari penyakit Hepatitis A ini, biasanya tidak akan terserang kembali (kebal dari penyakit Hepatitis A).

5. Pencegahan atau Antisipasi Hepatitis A

Pola hidup sehatlah yang akan mencegah serangan dari penyakit Hepatitis A. Setidaknya ada 3 hal yang perlu dilakukan di dalam menjalankan hidup sehat dan bersih, sehingga tidak terserang Hepatitis A.

1. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.
2. Tidak memakan makanan mentah atau setengah matang
3. Melakukan vaksinasi Hepatitis

3 hal tersebut mudah-mudahan jika dijalankan, penyakit Hepatitis A (penyakit kuning) tidak akan menyerang organ hati
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar