Skip to main content

4 Dampak Otomatisasi Perkantoran

4 Dampak Otomatisasi Perkantoran
Otomatisasi menurut KBBI memiliki pengertian pengalihan dari tenaga manusia ke tenaga mesin yang secara otomatis, sehingga tidak diperlukan pengawasan dari manusia dalam menjalankan kerjanya. Jadi, Otomatisasi perkantoran berarti penggantian kerja secara manual kepada pekerjaan dengan peralatan elektronik, misalnya komputer. Otomatisasi perkantoran berhubungan dengan komputerisasi. Pada perkembangan kecanggihan komputer saat ini, mampu menggantikan pekerjaan seorang pekerja di kantor yang manual menuju ke semi komputer atau full komputer.

Tentulah dengan otomatisasi perkantoran tersebut, para pekerja dengan skill komputerlah yang dipergunakan dan pekerja full manual skill akan dikurangi. Nah, lebih lanjut melihat dampak dari adanya otomatisasi perkantoran, berikut ini ada 4 dampak yang terjadi:

1. Dampak Bagi Pekerja dan Pekerjaan

Setiap pekerja harus melihat hal positif yang terjadi pada perkembangan teknologi yang berpengaruh pada sistem kerja. Dengan berkembangnya teknologi komputer, wajar juga juga pekerja manual akan kelabakan menghadapinya. Sehingga, terjadi pengurangan atau pemecatan kepada pekerja yang tidak mempunyai skill atau pengetahuan tentang penggunaan komputer.

Bagi pekerja dengan biasa melakukan kerjaannya secara manual, jika ingin tetap bertahan dalam pekerjaannya yang sudah di otomatisasi, maka lakukanlah upgrade diri. Ikuti pelatihan-pelatihan terkait bidang kerjaan yang di otomatisasi tersebut.

Pada poin 1 ini, yaitu dampak bagi pekerja dan pekerjaan pada sisi yang lain, secara detai dapat dilihat menjadi 4 bidang, yaitu:

A. Angkatan Kerja Wanita.
Pekerjaan menggunakan teknologi komputer memudahkan bagi siapa saja untuk bekerja. Terutama bagi kaum wanita, yang tidak kalah skillnya dengan para lelaki. Pada pekerjaan yang di otomatisasi, angkatan kerja wanita semakin meningkat. Sebab, kerjaannya tidak harus menggunakan banyak otot, yang biasa dilakukan laki-laki dengan pekerjaan yang manual. Sebuah skill yang dibutuhkan, yang wanita sudah banyak yang mengungguli kemampuannya dibandingkan dengan laki-laki.

B. Pekerja Profesional dan Teknis.
Para pekerja profesional dan teknis semakin dibutuhkan untuk men-supply ketersediaan akan barang dan jasa yang menjadi kebutuhan. Bertambahnya jumlah penduduk, berpengaruh pada demand yang terjadi untuk barang maupun jasa.

C. Manajer dan Administrator.
Otomatisasi mendorong perubahan terhadap susunan manajerial dalam sebuah perusahaan. Adanya peran mesin yang dominan, sehingga diperlukan manajer-manajer yang sudah terlatih dalam menangani hal-hal yang berhubungan dengan sistem otomatis, serta menempatkan manajer sesuai dengan skillnya.

Dalam menjalankan bisnis yang sudah otomatisasi juga akan mengalami perubahan pada adminstrasinya. Para administrator yang dibawahi oleh manajer, perlu ditingkatkan kemampuannya dalam mencapai profit yang diharapkan.

D. Pekerja Administrasi.
Peralihan kerja manual ke komputerisasi, mengharuskan pegawai administrasi untuk menguasasi bermacam-macam Aplikasi Komputer yang terkait dengan komputerisasi di sebuah kantor.

Baca juga: Mengenal Jenis - Jenis Perlengkapan Kantor

2. Dampak Bagi Pendidikan dan Pelatihan Pegawai

Pendidikan mengaruskan untuk menyesuaikan dengan perkembangan pekerjaan. Sehingga, tamatan yang tersedia sudah terlatih dan siap menghadapi pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi komputer. Sangat banyak bidang saat ini ditempatkan pada bagian administrasi, sehingga pendidikan yang tinggi terpaksa menjadi seorang pegawai administrasi.

Pendidikan yang tidak sinkron dengan dunia kerja, akan membawa lulusannya pada pengangguran, sebelum diberikannya sebuah pelatihan khusus. Bayangkan saja, bagaimana lagi nasib yang non-sarjana? tanpa pendidikan dan skill akan memperburuk keadaan dalam mencari lowongan pekerjaan.

Perlunya pegawai yang terlatih, setiap perusahaan atau kontor memberikan ruang untuk meng-upgrade diri. Seorang manajer dapat menetapkan sebuah standar operasional kantor sebagai pedoman bagi para pengajar/pendidik untuk diterapkan kepada pegawai sesuai dengan klasifikasi pekerjaan.

3. Dampak Bagi Manajemen Menengah

Bagi menajemen menengah adanya otomatisasi tidak akan menyingkirkannya dalam pekerjaan. Manajemen menengah diperlukan seperti biasa dalam menyediakan kebutuhan data dan kebutuhan sumber informasi untuk manajer tingkat atas. Adanya otomatisasi, alatnya saja yang berubah kepada sistem data elektronik.

Manajemen menengah tetap dibutuhkan walau terjadi otomatisasi kantor. Setidaknya dengan dua alasan, yaitu hubungannya terlalu jauh dari persoalan mekanik dan dibutuhkan dalam mengkaji penggunaan peralatan yang sesuai dan yang benar-benar dibutuhkan.

4. Dampak Bagi Operasi Perusahaan

Otomatisasi yang terjadi membawa perubahan pada sistem operasi perusahaan yang menggunakan sistem informasi komputer di semua pusat pengumpulan, pengelolahan, serta pengiriman data. Semuanya dapat dikontrol dan dijalankan dengan mudah dalam naungan sentralisasi dalam semua aktivitas perusahaan yang terjadi. Mulai proses informasi, tool yang digunakan, proyeksi tujuan, biaya dan anggaran perusahaan. Manajer akan lebih akuran dalam menjalankan fungsi sebagai perencana, mengorganisir, mengawasi dan mengontrol.

Berikut ini dampak positif yang terjadi adanya otomatisasi perkantoran;

1. Pekerjaan lebih cepat dan rapi
2. Penanganan informasi lebih mudah
3. Kesalahan-kesalahan bisa diperbaiki dengan cepat
4. Waktu kerja menjadi lebih singkat
5. Pekerjaan menjadi lebih ringan
6. Pelayanan kantor lebih luas

Baca juga: 10 Jenis Aplikasi Otomatisasi Kantor

Otomatisasi yang terjadi mengakibatkan pengurangan terhadap pekerja/pegawai yang tidak dibutuhkan. Namun, disisi yang lain juga telah membuka lapangan kerja bagi orang-orang yang memiliki skill komputer. Sehingga, otomatisasi yang terjadi bisa dianggap sebagai hal biasa yang terjadi, karena manusia indentik dengan sebuah perubahan. Hal itu, sama seperti silih bergantinya tenaga kerja dari yang satu pindah ke yang lainnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar