Skip to main content

Apa itu Unicorn Dalam Bisnis?, Berikut Beserta Contohnya


Unicorn adalah istilah yang ditujukan bagi Perusahaan startup dengan nilai valuasi di atas $1 Miliar atau setara dengan Rp 14,1 Triliun. Tidak mudah untuk menjadi Perusahaan unicorn karena prosesnya cukup sulit dan perlu banyak pendanaan dalam menjalankan bisnisnya. Tapi Indonesia ternyata mampu memiliki empat Perusahaan startup yang telah masuk kategori unicorn. Bahkan terbanyak jika dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara.

Seperti yang kita ketahui bahwa bisnis startup di Indonesia saat ini perkembangannya cukup pesat, terutama yang bergerak di bidang teknologi digital. Hal ini karena dipengaruhi oleh perkembangan pengguna internet di Indonesia yang semakin cepat pula.

Baca juga : Usaha Sampingan 2019 yang Perlu Anda Coba

Perusahaan Startup Unicorn Indonesia

Tidak heran jika Indonesia saat ini telah memiliki banyak Perusahaan startup besar bahkan ada beberapa yang sudah masuk kategori Startup Unicorn. Menurut data dari berbagai sumber, Indonesia saat ini memiliki 4 Perusahaan startup unicorn yang telah diakui dunia. Berikut ini 4 perusahan Indonesia yang masuk kategori startup Unicorn.

Go-Jek

Go-Jek merupakan Perusahaan startup asal Indonesia yang didirikan oleh Nadiem Makariem pada tahun 2010. Perusahaan ini bergerak di bidang transportasi online atau ojek online dengan sistem aplikasi. Go-Jek mendapatkan gelar Unicorn setelah enam tahun berdiri yaitu pada 4 Agustus 2016. Pencapaian ini juga cukup membanggakan, pasalnya saat itu Go-Jek adalah Perusahaan pertama asal Indonesia yang mendapatkan julukan unicorn.

Go-Jek menerima pendanaan senilai $550 juta dari konsorsium Sequoia Capital dan Warbrug. Kemudian mendapatkan tambahan lagi pendanaan senilai $1,2 miliar dari Tencent Holding dan JD.com. Sedangkan baru-baru ini Go-Jek juga menerima suntikan dana segar dari Google senilai $1,2 Miliar. Saat ini bahkan Go-Jek telah memiliki nilai valuasi sekitar $4 Miliar atau setara Rp 56 Triliun.

Tokopedia

Setelah Go-Jek, Indonesia kembali menelurkan Perusahaan startup unicorn lainnya pada tahun 2017 yaitu Tokopedia. Perusahaan yang bergerak di bidang marketplace online ini didirikan oleh William Tanuwijaya pada tahun 2009. Tokopedia mendapatkan pendanaan dari Alibaba Group senilai $1,1 Miliar pada tahun 2017.

Sebelumnya Tokopedia juga memperoleh suntikan dana sebesar $100 Juta dari Softbank Japan dan Sequoia Capital. Pencapaian tersebut merupakan hasil kerja keras dari William Tanuwijaya dengan beberapa rekan kerjanya saat pertama berdiri.

Traveloka

Traveloka sebagai Perusahaan startup asal Indonesia yang bergerak di bidang penjualan tiket online ini berhasil menyandang gelar unicorn pada tahun 2017 setelah Tokopedia. Perusahaan yang awalnya didirikan oleh Fery Unardi dan rekannya pada tahun 2012 ini mendapatkan pendanaan senilai $350 Juta dari Expedia.

Traveloka walaupun menyandang gelar unicorn ke-tiga setelah Go-Jek dan Tokopedia, namun Traveloka termasuk startup yang menyandang gelar unicorn tercepat sejak berdiri yaitu hanya membutuhkan 5 tahun. Traveloka kini diperkirakan memiliki nilai valuasi sekitar lebih dari $2 Miliar atau setara dengan Rp 28,2 Triliun.

Bukalapak

Bukalapak sebagai Perusahaan startup yang bergerak di bidang marketplace online seperti halnya Tokopedia ini merupakan startup ke-empat asal Indonesia yang menyandang gelar unicorn. Perusahaan ini didirikan oleh Achmad Zaky dan rekannya pada tahun 2011. Bukalapak saat ini memang sedang fokus mendorong pelaku bisnis UKM di Indonesia agar lebih maju dan ikut berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi nasional.

Menurut pengakuan Achmad Zaky, Bukalapak saat ini memiliki nilai valuasi lebih dari Rp 13,5 Triliun. Nilai ini tentu akan semakin meningkat seiring dengan perkembangan bisnisnya kedepan.

Baca juga : Ide Bisnis 2019 yang Memiliki Peluang Besar Meraup Keuntungan untuk Kaum Muda (Millenial)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar