Skip to main content

Asuransi Lion Air 2019 Bagi Korban Meninggal dan Luka - Luka


Menurut data, pesawat merupakan salah satu transportasi dengan risiko kecelakaan yang paling rendah bila dibandingkan dengan darat maupun laut. Namun, hal ini tidak berarti membuat Anda merasa tenang saat akan berpergian menggunakan pesawat. Hal yang perlu diingat bahwa korban yang jatuh akibat kecelakaan pesawat cukup banyak. Itu mengapa asuransi kecelakaan pesawat sangatlah dibutuhkan.

Bisnis angkutan udara memang memiliki nilai risiko super tinggi. Karena itu, kebutuhan asuransi bagi tiap maskapai sangat wajib untuk dipenuhi. Kejadian jatuhnya pesawat Lion Air JT610 yang menewaskan banyak penumpangnya memang sangat mengejutkan. Namun, di balik kecelakaan tersebut, tersimpan satu masalah penting lain, yaitu asuransi.

Ya, di dalam dunia penerbangan, masalah asuransi memang tidak bisa dipisahkan mengingat sektor ini memang masuk ke dalam bisnis berisiko tinggi. Dalam kasus jatuhnya pesawat Lion Air JT610, para penumpang yang menjadi korban tentunya sudah dilindungi oleh asuransi. Masalahnya, seberapa besar pertanggungannya?

Baca juga : Apa itu Unicorn Dalam Bisnis?, Berikut Beserta Contohnya

Asuransi Lion Air 2019

Lion Air memastikan akan memberi ganti kerugian bagi korban insiden kecelakaan pesawat JT 610 sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara. Sesuai ketentuan dalam aturan tersebut penumpang yang meninggal dunia akan diberi ganti kerugian Rp 1,25 miliar.

Penumpang yang meninggal dunia di dalam pesawat akibat kecelakaan atau kejadian yang semata-mata ada hubungannya dengan pengangkutan udara diberi ganti kerugian Rp 1,25 miliar per penumpang sebagaimana disebutkan dalam Pasal 3 PM 77/2011. Sementara bagi penumpang yang mengalami cacat tetap dan dinyatakan oleh dokter dalam jangka waktu paling lambat 60 hari kerja sejak kecelakaan diberi ganti rugi Rp 1,25 miliar per penumpang.

Bagi penumpang yang mengalami luka dan harus menjalani perawatan di rumah sakit, klinik, atau balai pengobatan sebagai pasien rawat inap dan atau rawat jalan, diberi ganti rugi Rp 200 juta per penumpang.

Asuransi dari PT Asuransi Simas Net

PT Asuransi Simas Net bakal memberikan pertanggungan hingga Rp500 juta kepada korban tragedi pesawat Lion Air JT610. Pertanggungan diberikan kepada penumpang yang membeli tiket plus asuransi Lion Air Travel Air Insurance di laman resmi Lion Air.

Namun, Presiden Direktur Asuransi Simas Net Teguh Aria Djana mengakui tidak semua penumpang Lion Air JT610 mendapatkan pertanggungan. Sebab, asuransi tersebut bersifat opsional yang ditawarkan secara langsung kepada calon penumpang saat memesan tiket melalui laman resmi Lion Air.

Lion Air Travel Insurance merupakan salah satu produk Asuransi Simas Net yang ditawarkan langsung kepada penumpang Lion Air. Produk asuransi ini memberikan perlindungan perjalanan bagi para penumpang, termasuk jaminan kecelakaan dan ketidaknyamanan perjalanan seperti keterlambatan perjalanan dan evakuasi darurat medis.

Baca juga : Berkembangnya CryptoCurrency (Digital Aset), Akankah Membuat Sistem Perbankan Punah?

Lion Air Travel Insurance memiliki dua jenis perlindungan, yakni produk penumpang pulang pergi dan sekali perjalanan. Produk Lion Air Travel Insurance pulang pergi memberi perlindungan kepada penumpang sejak keberangkatan, selama perjalanan, hingga kembali ke bandara asal. Sementara produk Lion Air Travel Insurance sekali perjalanan memberi perlindungan kepada penumpang sejak keberangkatan hingga tiba di bandara tujuan.

Bagi korban yang memilih produk Lion Air Travel Insurance pulang pergi, nilai pertanggungan meninggal dunia maksimal sebanyak Rp350 juta. Bila tertanggung mengalami luka-luka, tertanggung akan mendapatkan biaya medis kecelakaan sebesar Rp250 juta dan mendapat evakuasi darurat medis senilai Rp250 juta. Sementara bagi korban yang memilih produk Lion Air Travel Insurance sekali perjalanan, akan mendapatkan pertanggungan dengan nilai maksimal sebanyak Rp500 juta.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar