Skip to main content

Contoh Acara Lomba 17 Agustus yang Meriah Murah


Kemerdekaan bangsa Indonesia dari para penjajah sudah memasuki usia yang ke 74 tahun. Ternyata, udah lumayan tua juga ya usia kemerdekaan kita. Nah, biasanya dari mulai menjelang hingga sesudah tanggal 17 Agustus setiap tahunnya diadakan berbagai macam perayaan.

Biasanya sih dengan dilakukannya upacara bendera di institusi tertentu hingga perlombaan yang sifatnya lebih merakyat. Bukan hanya itu, kadang di beberapa pusat perbelanjaan juga sering didakan diskon spesial hari kemerdekaan.

Nah, berbicara soal lomba 17 Agustusan, biasanya ada beberapa perlombaan yang sifatnya wajib ada nih di setiap satuan kekerabatan sosial seperti lingkup RT maupun RW. Perlombaan ini sebenarnya mengandung filosofi mengenang para jasa pahlawan yang waktu itu berjuang mati-matian demi meraih kemerdekaan.

Perlombaan tidak perlu mewah, yang terpenting dalam acara lomba 17 Agustusan adalah keseruan dan bisa mengundang tawa pastinya. Berikut ini acara lomba 17 Agustus yang cukup populer dan sering digelar disetiap tahunnya.

Baca juga : Babakan Waktu Sejarah Indonesia

Lomba Balap Karung

Ini dia perlombaan paling populer di saat 17 Agustus. Balap karung, perlombaan paling seru dan dibutuhkan teknik maupun skill khusus agar tidak mudah jatuh dan bisa lompat dengan cepat, sehingga menjadi pemenang. Perlombaan yang cukup sulit agar mencapai garis finish dengan waktu tercepat ini sudah sangat populer di masyarakat Indonesia.
Tarik Tambang

Ini menjadi lomba yang cukup seru. Tarik tambang, permainan yang sudah mendunia ini tentunya sangat menguras tenaga. Permainan yang membutuhkan teknik dan juga tenaga ekstra ini tentu sangat ramai penggemarnya. Saling tarik antara dua kubu yang saling berlwanan ini tentunya sangat seru. Jangan sampai di tempat Anda tidak terdapat lomba tarik tambang ini. Keseruannya tentu tidak diragukan lagi.

Lomba Makan Kerupuk

17 Agustus bisa dikata tak meriah tanpa lomba satu ini. Lomba makan kerupuku, sangat tidak asing bagi warga Indonesia. Ini juga past sangat tenar di kampung Anda setiap HUT Kemerdekaan RI datang.

Aturan main lomba makan kerupuk ini cukup mudah dipahami, tapi sulit ketika dicoba. Kerupuk yang menggantung harus dimakan habis tanpa bantuan tangan, jadi hanya menggunakan lidah dan mulut. Pasti seru dan meriah bila lomba 17 Agustus ada lomba makan kerupuk ini.

Lomba Kelereng atau Gigit Sendok

Lomba gigit sendok dengan kelereng di sendok tentu sangat sulit. Walaupun sulit, tapi keseruan akan selalu hadir untuk memeriahkan acara Kemerdekaan 17 Agustus ini. Permainan ini cukup sulit, karena kelereng di sendok tidak boleh jatuh dan harus cepat mencapai garis finish.

Lomba Panjat Pinang

Satu lagi, 17 Agustus tak lengkap rasanya tanpa lomba panjat pinang. Ini menjadi lomba yang cukup sulit, karena dibutuhkan lebih dari empat orang untuk menyelesaikan tantangan ini. Pohon pinang yang lurus dan dilumuri oli ini tentu sangat licin, sehingga perlu banyak orang untuk saling membantu agar dapat mencapai puncak.

Perlombaan ini sama halnya seperti perjuangan masyarakat Indonesia, dengan bergotong royong dan bersemangat saling bekerjasama, maka Indonesia dapat mencapai kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Baca juga : Rumahku, harus tetap kujaga..

Lomba Memasukkan Pensil / Paku dalam Botol

Ini cukup seru, karena membutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi. Tenang adalah salah ssatu teknik agar dapat memasukan paku atau pensil ke dalam botol. Jika kita terlalu banyak bergerak, maka pensil akan bergerak lebih ganas. Sangat seru sekali permainan ini.

Lomba Pukul Balon Air

Lomba yang dibutuhkan konsentrasi untuk memukul balon berisi air dengan mata tertutup. Permainan yang susah memang untuk dilakukan, apalagi bila mata harus tertutup. Permainan yang cukup susah ini tentunya akan mengundang banyak tawa dan keseruan bagi para penonton lomba 17 Agustus.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar