Skip to main content

Inilah Kekurangan Flip Saat Ini

Inilah Kekurangan Flip Saat Ini
Flip memberikan sebuah solusi bagi penggunanya yang melakukan transfer beda bank. Dengan flip, saldo di rekening tidak perlu dipotong seperti biasanya dalam melakukan transfer beda bank. Biaya admin yang dikenakan cukup besar berkisar Rp. 6.500,-, dengan flip saldo 6,5k tersebut tetap selamat berada di dalam rekening. Buruan, tunggu apalagi! segera install aplikasinya dan buat akunnya, lalu mulai transasksinya.

Baca juga: Daftar Aplikasi Flip Gratis Biaya Admin Transfer Beda Bank

Flip hadir membawa sebuah solusi dalam menghemat uang di rekening. Banyak pengguna yang memberikan respon positif terhadap aplikasi flip. Akan tetapi pada saat ini, aplikasi flip masih dinilai perlu dikembangkan lagi. Ada beberapa kekurangan flip saat ini yang perlu dijadikan sebagai rujukan oleh tim developer flip.

1. Sistem flip masih manual

Setelah melakukan transfer, pihak flip perlu melakukan pengecekan terhadap bukti transfer dan saldo rekening flip. Padahal, pengguna mentransfer sejumlah uang plus kode uniknya. Seharusnya, dengan adanya kode unik tersebut, sistem sudah bisa secara otomatis membaca adanya transaksi yang terjadi.

2. Proses transfer lambat dengan fitur gratis

Terjadinya kelambatan dalam proses transfer ditentukan oleh beberapa faktor. Diantaranya;
a. Sistem yang masih manual (bahasan poin satu)
b. Proses tunggu antrian transaksi
c. Jam kerja yang terbatas

3. Proses transfer dilakukan di jam kerja

Pengguna memang dapat melakukan transfer kapan saja, namun flip memproses transaksi pada jam kerja. Bagi pengguna yang mentransfer di luar jam kerja, maka perlu menunggu sampai proses di selesaikan. Saat ini, flip memiliki jam kerja; hari Senin-Jumat dari pukul 08.00 - 18.00 wib, hari Sabtu dari pukul 08.00 - 13.30 wib dan hari Ahad libur (hari besar lainnya).

Masalah jam kerja ini perlu diselesaikan oleh pihak flip. Karena, jam transfer para pengguna terjadi kapan saja dan tidak ada batasan waktunya. Jika, masalah waktu ini terselaikan, maka aplikasi flip akan semakin banyak penggunanya.

4. Rekening bank terbatas

Tidak semua rekening bank bisa mendapatkan layanan gratis dari flip. Ada bank-bank tertentu, yang belum terdaftar. Namun, rekening bank saat ini mencakup bank umum yang banyak digunakan orang. Jika melihat pada aplikasinya, berikut ini jenis rekening bank yang tersedia:
a. Bank Negara Indonesia (BNI / BNI Syariah)
b. Bank Mandiri 
c. Bank Central Asia (BCA)
d. Bank Rakyat Indonesia (BRI)
e. Bank Muamalat
f. Bank Syariah Mandiri

5. Otomatis log out akun

Bagi pihak flip, log out otomatis jika pengguna tidak membuka akun selama sepekan bertujuan sebagai keamanan. Namun, saat ini hal tersebut tidak memiliki esensi yang tepat. Soalnya, flip hanya digunakan pada saat akan dilakukannya transaksi. Bilapun ada jumlah deposit pengguna dari jumlah kode unik yang terkumpul, nilainya juga tidak besar-besar amat. Sehingga tidak perlu ada log out otomatis untuk saat sekarang ini.

Dengan adanya log out otomatis, ada pengguna yang merasa ribet, karena harus login lagi. Harus mengetik e-mail beserta passwordnya, bagi awal pendaftarannya memilih membuat akun baru, tidak melalui google ataupun facebook.

5. Proses verifikasi agak ribet

Sebenarnya wajar saja jika sebuah aplikasi membuat aturannya dalam menerima member baru. Termasuk didalam data yang diberikan oleh pengguna, dalam hal ini pengguna harus melakukan verifikasi.

Bila dibandingkan dengan aplikasi lain, flip tergolong ribet untuk verifikasinya. Mulai dari nomor handphone, foto KTP, wajah, hingga foto sedang memegang KTP. Tapi keribetan yang terjadi memang sudah menjadi aturan dari Bank Indonesia supaya flip dapat beroperasi dan mendapatkan nomor izin. Data tersebut tidak lain dan tidak bukan sebagai keamanan saja.

Terkadang masalah yang dialami beberapa pengguna, gagal dalam melakukan verifikasi terkait dengan gambar yang blur atau tidak sesuai. Sehingga perlu mengulang kembali mengirimkan data yang diperlukan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar