Skip to main content

Mengenal Jenis - Jenis Perlengkapan Kantor


Perlengkapan Kantor memiliki peranan yang cukup penting bagi sebuah instansi atau sebuah perkantoran. Adanya perlengkapan kantor yang baik dan cukup jumlahnya serta beraneka ragam jenisnya akan semakin mempermudah pekerjaan para pegawainya. Perlengkapan kantor merupakan sebuah istilah yang mengacu pada seluruh peralatan kantor yang dimanfaatkan untuk menunjang segala aktivitas di perkantoran.

Perlengkapan kantor tersebut meliputi semua barang yang dimanfaatkan sehari-hari seperti pensil, ballpoint dan semua alat tulis kantor lainnya serta berbagai perabotan kantor seperti meja kantor, lemari arsip, komputer, printer dan tentu masih banyak yang lainnya. Dengan adanya perlengkapan kantor serba lengkap pasti akan membuat para karyawan makin nyaman dan bisa memudahkan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Berikut ini adalah jenis - jenis perlengkapan kantor yang umum.

Baca juga : Inilah Prosedur Pengadaan Peralatan Kantor

Meja Kantor

Meja kantor merupakan salah satu furniture yang didesain secara khusus untuk peralatan kantor. Bentuk meja yang didesain untuk kebutuhan kantor ini biasanya dilengkapi dengan beberapa laci yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam arsip, alat tulis, maupun perlengkapan penting lainnya.

Sebagai salah satu peralatan kantor yang penting, meja kantor banyak dibuat dengan beragam desain yang dapat digunakan oleh pimpinan dan para karyawan perusahaan dalam melakukan berbagai aktivitas operasional perkantoran.

Kursi Kantor

Kursi kantor merupakan salah satu peralatan kantor yang memiliki berbagai desain, bentuk serta ukuran beragam. Kursi kantor ini biasanya dirancang khusus untuk perkantoran, dibuat sedemikian rupa sehingga mampu memberi kenyamanan bagi penggunanya. Ada banyak pilihan bentuk, jenis dan warna kursi kantor yang bisa digunakan.

Lemari Arsip

Lemari arsip merupakan peralatan kantor yang berfungsi untuk menyimpan berbagai arsip kantor seperti surat penting, surat-surat masuk dan keluar, nota, kwitansi dan berbagai dokumen lainnya. Dengan adanya lemari arsip ini biasanya berbagai data perusahaan akan tersimpan lebih rapi dan aman.

Rak Arsip

Rak arsip merupakan peralatan kantor yang pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan lemari arsip, perbedaanya jika lemari arsip memiliki pintu yang bisa dibuka namun rak arsip tidak memiliki pintu. Rak arsip biasa digunakan untuk menyimpan arsip yang disusun secara menyamping.

Untuk mempermudah dalam pencarian data dalam rak arsip biasanya setiap arsip yang akan disimpan dalam rak akan dimasukkan dahulu ke dalam kotak arsip dan diberi tanda/label khusus untuk menepatkan judul, nomor maupun kode tertentu dari arsip yang ada di dalamnya.

Komputer

Komputer kantor merupakan salah satu peralatan kantor yang saat ini bisa dibilang penting untuk dimiliki. Selain dapat digunakan untuk pengetikan, mengolah data, pengarsipan, dan membuat design, komputer juga bisa digunakan untuk sarana promosi. Ada beragam jenis komputer yang bisa digunakan dalam usaha, mulai dari personal computer (PC), laptop, netbook atau yang lainnya. Komputer ini memiliki berbagai spesifikasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Printer

Printer merupakan peralatan kantor yang dapat digunakan untuk mencetak berbagai dokumen atau beberapa hasil pekerjaan yang dibuat dengan menggunakan komputer. Printer biasanya menjadi kebutuhan satu paket dengan komputer, printer ini sangat efektif digunakann untuk mencetak berbagai keperluan yang terkait dengan kegiatan administrasi atau surat-menyurat.

LCD Proyektor

merupakan salah satu peralatan kantor yang biasa digunakan untuk presentasi perusahaan. Alat ini merupakan pengembangan dari OHP proyektor yang bisa digunakan untuk memproyeksikan gambar maupun teks diatas screen. Input gambar ataupun teks di LCD Proyektor bisa diperoleh dari komputer, laptop, VCD/DVD Player maupun televisi.

Baca juga : Jenis Jenis Arsip Dalam Perkantoran
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar