Skip to main content

Peristiwa Penting Bulan Muharram di Hari Asyura

Di bulan muharram banyak peristiwa penting yang terjadi dan menjadi sebuah sejarah bagi umat Islam di seluruh dunia khususnya. Terkhusus pada hari Asyura (pada tanggal 10 muharram), dalam buku Majmu' fihi Rasail yang ditulis oleh Ibnu Nashir al-Din al-Dimasyqi menyebutkan ada 3 peristiwa penting yang terjadi pada hari Asyura (10 muharram tersebut);
Peristiwa Penting Bulan Muharram di Hari Asyura

1.  Selamatnya Nabi Nuh, beserta pengikutnya

Dalam sejarah Islam di zaman Nabi Nuh terjadi banjir besar, yang menutupi semua permukaan bumi, bahkan gunungpun tenggelam dengan air. Nabi Nuh beserta kaumnya pada saat banjir tersebut menaiki kapal, yang menurut informasi dari Ibnu Jarir al-Thabari kapal tersebut memiliki panjang 540 meter (1.200 hasta) dan lebar 270 meter (600 hasta). Kapal yang dibuat mempunyai 3 lantai dan masing-masing mengangkut jenis makhluk yang berbeda, ada hewan buas dan binatang ternak di lantai pertama, manusia di lantai ke dua dan di lantai ke tiga ditumpangi oleh burung-burung.

Berada dikapal selama 150 hari dan terdapat 80 orang beserta keluarganya, menurut Ibnu Abbas. Dan kemudian sampai di bukit Juhdi, semua penumpangpun dapat keluar dan di selamatkan oleh Allah SWT pada 10 muharram (hari asyura).

2. Tenggelamnya Fir'aun dan Keselamatan bagi Nabi Musa beserta kaumnya dari lautan

Aksi kejar-kejaran antara fir'aun dan tentara dengan Nabi Musa beserta kaumnya (Bani Israil), menjadi akhir cerita fir'aun yang tenggelam di dalam laut. Dari keterangan Ibnu Katsir yang mengutip pendapat dari mufassir bawah Fir'aun membawa pasukan berkuda jantan hitam sebanyak 100 ribu, dengan total keseluruhannya yang mengiringinya ada 1,6 juta orang. Sedangkan, bani israil yang dikejar fir'aun sebanyak 600 ribu orang.

Peristiwa pengejaran oleh fir'aun dan tentara terjadi pada hari Asyura (10 muharram), yang kemudian akhir peristiwa tersebut, berakhirnya fir'aun beserta tentaranya tenggelam di dalam laut. Atas kejadian tersebut, atas syukur kepada Allah SWT yang telah menyelamatkan Nabi Musa dan kaumnya, maka merekapun menjalani puasa. Diriwayatkan oleh HR. Ahmad; "Abu Hurairah menceritakan bahwa Nabi saw pernah berjalan melewati orang-orang Yahudi yang sedang berpuasa pada hari Asyura, lalu Nabi bertanya, “Puasa apa kalian?.” Mereka menjawab, “Hari ini Tuhan menyelamatkan Musa dan Bani Israil dari tenggelam, sementara Fir’aun dan tentara-tentaranya ditenggelamkan. Pada hari ini juga, Tuhan melabuhkan kapal Nuh di bukit Judi. Oleh sebab itu, pada hari ini Nuh dan Musa berpuasa sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan mereka. Nabi pun bersabda, “Aku lebih berhak atas Musa dan lebih berhak untuk berpuasa pada hari ini. Selanjutnya Nabi bersabda kepada para sahabatnya, “Siapa di antara kalian berniat puasa pagi hari ini, hendaklah ia menyempurnakan puasanya. Siapa diantara kalian terlanjur memakan makanan yang dihidangkan keluarganya, maka ia juga menyempurnakan sisa waktu hari ini untuk berpuasa.”

3. Terbunuhnya Cucu Nabi Muhammad

Pada perang Karbala yang terjadi pada tanggal 10 muharram, Husain (cucu nabi) wafat. Husain terbunuh oleh penghianat Kuffah dari pasukan Yazid bin Mu'awiyah. Nama-nama pembunuh tersebut diantaranya; Syamir bin Dzi al-Jausyan, Husain bin Numair, Zur’ah bin Syarik al-Tamimi, Khauli bin Sa’ad al-Asbahi, Sinan bin Anas, dan Mahfaz bin Tsa’labah. Kejadian tersebut berlangsung di hari Jum'at, tepatnya pada tanggal 10 muharram 61 H (10 Oktober 650 M). Husain meninggal pada usia 58 tahun.

Ditulis oleh KH. Zakky Mubarak di media islam.nu.or.id, merangkum peristiwa bersejarah dari beberapa riwayat bahwasanya ada 7 peristiwa penting pada hari asyura (10 muharram);

1. Diterimanya taubat Nabi Adam oleh Allah. 
2. Mendaratnya kapal Nabi Nuh di bukit Zuhdi. 
3. Selamatnya Nabi Ibrahim dari pembakaran yang dilakukan Raja Namrud. 
4. Keluarnya Nabi Yusuf dari penjara atas fitnah kepada dirinya.
5. Nabi Yunus keluar dari perut ikan hiu. 
6. Nabi Ayyub  disembuhkan Allah dari penyakitnya.
7. Nabi Musa dan umatnya kaum Bani Israil selamat dari pengejaran Fir’aun di Laut Merah. 

Selain dari sumber diatas, dari KH. Abdurrahman Navis, Lc., MHI (Direktur Aswaja Center Jawa Timur), menuliskan ada 20 peristiwa yang berkenaan dengan hari Asyura (10 muharram);

1. Nabi Adam diterima taubatnya oleh Allah.
2. Diangkatnya Nabi Idris ke langit.
3. Mendaratnya kapal Nabi Nuh di bukit Zuhdi.
4. Selamatnya Nabi Ibrahim dari pembakaran yang dilakukan Raja Namrud.
5. Nabi Musa menerima kitab Taurat dari Allah.
6. Keluarnya Nabi Yusuf dari penjara atas fitnah kepada dirinya.
7. Sembuhnya mata Nabi Yakub.
8. Sembuhnya penyakit kulit yang diderita Nabi Ayub.
9. Nabi Yunus keluar dari perut ikan hiu.
10. Nabi Musa dan umatnya kaum Bani Israil selamat dari pengejaran Fir’aun di Laut Merah.
11. Diampuninya kesalahan Nabi Daud oleh Allah
12. Menjadi rajanya Nabi Sulaiman.
13. Hari pertama Allah menciptakan alam
14. Hari Pertama Alllah menurunkan rahmat
15. Hari pertama Allah menurnkan hujan
16. Allah menjadikan ‘Arasy
17. Allah menjadikan Lauh Mahfuz
18. Allah menjadikan alam
19. Allah menjadikan Malaikat Jibril
20. Diangkatnya Nabi Isa ke langit.

Baca juga: Dalil Puasa Asyura dan Tasu'a, serta Tanggal Pelaksanaannya di 2019

Tentu masih banyak peristiwa yang terjadi pada hari Asyura (10 muharram tersebut). Yang dituliskan hanyalah dari sumber yang ada saja, yang mungkin ada kejadian-kejadian yang tidak tertuliskan. Namun, dari beberapa peristiwa yang dicerikan tersebut, ada sebuah pelajaran yang bisa diambil. Dan itu merupakan sejarah yang harus diyakini kebenarannya. Sampai-sampai ada anjuran untuk berpuasa di hari Asyura (10 muharram).

Sumber:
https://islami.co/ini-tiga-peristiwa-penting-di-bulan-muharram
https://islam.nu.or.id/post/read/81580/beberapa-peristiwa-penting-para-nabi-pada-10-muharram
http://www.muslimedianews.com/2013/11/20-peristiwa-penting-islam-di-bulan.html
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar