Skip to main content

2 Macam Hubungan Telepon, serta Penggolongannya

2 asal kata yang ada pada kata telepon, yaitu tele yang berarti 'jauh' dan phone yang berarti 'bunyi'. Telepon berarti alat jarak jauh yang berbunyi. Bunyi pada alat tersebut menandakan ada sambuangan dengan penghubung lainnya untuk dapat mendengarkan dan berbicara.
2 Macam Hubungan Telepon, serta Penggolongannya

Telepon merupakan alat elektronik yang sangat membantu dalam berkomunikasi jarak jauh. Komunikasi yang dilakukan tersebut tidak secara langsung, ada perantara diantara komunikator dan komunikan dalam satu rangkaian pesawat telepon yaitu pesawat telepon.

Fungsi telepon sebagai sarana komunikasi dalam menyampaikan dan menerima informasi jarak jauh dengan cepat. Setiap informasi yang didapat bisa langsung disampaikan kepada pihak lain dalam waktu bersamaan, sehingga tidak perlu menunggu lama atau berhari-hari untuk memperoleh sebuah informasi.

Hubungan telepon merupakan jalinan komunikasi jarak jauh melalui pesawat telepon antara komunikator dengan komunikan. Ada 2 macam hubungan telepon yaitu berdasarkan jaraknya dan cara kerjanya. Agar lebih detail, simak penggolongan setiap macam hubungan telepon yang ada.

1. Hubungan telepon berdasarkan jaraknya

Ada 4 penggolongannya:

a. Hubungan antar bagian (internal).
Yaitu komunikasi langsung yang dilakukan dalam satu kantor atau satu gedung.

b. Hubungan lokal (setempat).
Yaitu komunikasi yang dilakukan dalam satu daerah dalam sebuah kota. Biasanya komunikasi ini memerlukan sebuah kode area sesuai dengan daerah yang dituju.

c. Hubungan interlokal.
Yaitu komunikasi yang dilakukan dalam lingkup satu negara. Komunikasi ini bisa daerah dengan daerah lain atau provinsi dengan provinsi lain. Dalam hubungan interlokal, komunikasi yang dilakukan sudah dalam jarak yang jauh. Untuk bisa berkomunikasi jarak jauh ini, perlu memasukkan kode area terlebih dahulu kemudian diikuti dengan nomor yang dituju.

d. Hubungan Internasional (overseas call).
Yaitu komunikasi yang yang dilakukan antar negara. Dalam menjalin komunikasi antara negara diperlukan kode internasional yang itu berbeda disetiap negara. Perlu mengetahui kode negara, kode area, beserta nomor telepon yang dituju untuk dapat berhubungan.

2. Hubungan telepon berdasarkan cara kerjanya

Ada 3 penggolongannya:

a. Hubungan melalui operator
Hubungan ini dibantu oleh operator sentral untuk menghubungkan penelpon dengan tujuan komunikasinya (seseorang yang ditelepon). Yang perlu diketahui operator adalah nomor keduanya (si penelpon dan di penerima) dan nama si penerima telepon. Setelah operator menghubungi nomor yang dituju, si penelpon sabar sebentar sampai di penerima siap berbicara.

b. Hubungan langsung
Komunikasi yang dilakukan tanpa harus menghubungi operator. Cukup dengan menekan kode dan nomor tujuan, sudah dapat langsung berbicara dengan jarak jauh.

c. Hubungan langsung dengan SMS
SMS (Short Message Service) dilakukan dalam jarak yang jauh hingga melintasi berbagai negara dalam bentuk layanan pesan singkat. SMS ini, bisa berupa tulisan maupun pesan suara (voice) yang dikirimkan kepada si penerima. SMS ini cukup banyak digunakan oleh banyak orang, selain murah biayanya. Pesan SMS juga bisa dibaca kembali dan mengingatkan pesan yang ada tanpa perlu harus menulis ulang.

Baca juga: 10 Jenis Aplikasi Otomatisasi Kantor
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar