Skip to main content

3 Jenis Hubungan Manusia Yang Harus Realisasikan

3 Jenis Hubungan Manusia Yang Harus Realisasikan
Secara umum manusia memiliki 3 hubungan yang harus dijalankannya. 3 hubungan tersebut adalah:

1. Hubungan dengan Allah swt.

Sebagai makhluk yang diciptakan Allah, manusia wajib menjaga hubungannya dengan sang khaliq. Manusia memiliki sebuah tanggung jawab yang harus dipenuhi sebagai bukti usahanya dalam menjalin hubungan yang baik dengan Allah. Sebagai manusia harus sadar bahwa dalam merajut hubungan dengan Allah, maka perlu menjalankan peribadatan yang sesuai dengan syari’at.

2. Hubungan dengan Manusia

Sebagai makhluk komunitas, manusia tidak bisa hidup sendiri.  Sehingga, dalam menjalani kehidupannya, manusia memerlukan bantuan orang lain. Oleh karenanya, setiap manusia wajib memelihara hubungannya dengan manusia lainnya.

3. Hubungan dengan Alam

Bahasan hubungan manusia dengan alam, memang sangat jarang sekali di bahas. Padahal, hubungan tersebut tidak terpisahkan dari manusia itu sendiri. Alam yang menjadi penunjang kehidupan manusia, ada udara, sayuran, buah-buahan, dan lain sebagainya, tentulah harus disyukuri.

Ketiga hubungan tersebut tidak bisa dipisahkan. Secara standarnya, ketika seseorang baik hubungannya dengan Allah, tentu akan baik pula hubungannya dengan manusia maupun alam. Sebaliknya, jika seseorang bagus hubungannya dengan manusia, tentulah hubungan dengan Allah maupun alam juga bagus.

Tapi, sebagai manusia hubungan tersebut sulit dijalankan ketiganya sampai pada level tertinggi. Namun, wajib dijalankan secara standar ketiga-tiganya. Rata-rata manusia bisa sangat fokus hanya dalam satu hubungan saja. Seorang ustadz yang terus belajar tentang ibadah, maka tentu hubungannya dengan Allah bisa pada taraf yang cukup tinggi. Seorang sarjana sosial, tentu akan bisa fokus pada level tinggi pada hubungan dengan manusia.

Misalnya; level tinggi hubungan dengan manusia. Ketika ada tamu yang datang. Pada level standar, tamu dijamu dan dimuliakan diwaktu yang normal orang berkunjung. Pada siang hari atau malam ba’da isya. Nah, gimana jika ada tamu yang datang pukul 3 pagi. Apakah masih bisa menjamunya dengan baik, saat lagi nyenyak-nyenyaknya tidur? Jika bisa, maka hubungan yang terjalin dengan manusia lainnya sudah pada level yang tinggi.

Kebersihan dengan tidak membuang sampah atau membuang sampah pada tempatnya. Prilaku tersebut merupakan hubungan dengan alam di level standar. Pada level tinggi seseorang bukan hanya bisa membuang sampah pada tempatnya, malainkan juga membersihkan sampah-sampah yang ada, walau bukan ulahnya. Sampah dari lahan orang lain pun dibersihkan, sebagai bukti menjaganya hubungan dengan alam.

Bukan berarti orang yang sangat menjaga hubungannya dengan alam, lupa mengerjakan sholat. Ya tidak seperti itu! Fokusnya dengan alam, ya sholat juga tetap dilaksanakan, namun pada level yang standar. Orang yang mengerjakan sholat 5 waktu di masjid itu termasuk pada level standar. Bagi ustadz yang levelnya sudah tinggi pada hubungan dengan Allah, sholatnya bukan yang 5 waktu saja, qobliyah, ba’diyah, tahajjudnya dan sholat-sholat sunnah lainnya juga dilaksanakan.

Baca juga: 3 GOLONGAN BESAR MANUSIA

Dari ketiga hubungan tersebut, lihat ke dalam diri. Mana hubungan yang menjadi fashion kita? Apakah kepada Allah, manusia atau alam?. Lalu, fokuslah terhadapnya. Supaya Allah akan melihat potensi yang ada itu keluar dengan maksimal. Nilai yang sangat diperhitungkan, adalah pekerjaan yang melebih dari standarnya. Bukan berarti yang standar itu tidak bernilai. Sebab syurga pun punya level untuk setiap yang ingin menghuninya. Pilihlah syurgamu dengan beramal pada taraf amalan yang tertinggi di mata Allah swt.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar