Skip to main content

4 Permasalahan Yang Muncul Akibat Keberagaman Ekonomi

4 Permasalahan Yang Muncul Akibat Keberagaman Ekonomi
Keragaman ekonomi merupakan ketidakmerataan ekonomi yang dimiliki setiap orang. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya perbedaan ekonomi tersebut, salah satunya pendidikan dan sumber daya. Setiap orang sudah dibekali untuk bisa hidup dan bekerja memenuhi kebutuhan ekonomi. Namun, sumber daya yang ada tidak terbagi secara merata disebabkan kemampuan setiap orang berbeda-beda.

Idealnya setiap orang punya kesamaan ekonomi, namun setiap orang juga memiliki ego untuk memperkaya diri. Sehingga, sumber daya yang terbatas tentu tidak bisa memenuhi semua kebutuhan ekonomi yang ada. Akibatnya terciptalah keragaman ekonomi yang ada di masyarakat.

Jelas, adanya keragaman tersebut tentu akan menimbulkan sebuah permasalahan yang terjadi di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Berikut ini 4 permasalahan yang ditimbulkan dari keragaman ekonomi:

1. Kemiskinan

Saling berebut pekerjaan, lahan, uang, dan harta benda lainnya, menentukan siapa yang menang dan siapa yang kalah. Yang menang mendapatkan kekayaan yang berlimpah, sedangkan yang kalah akan menjadi miskin. Analogi sederhana; ada sebuah roti yang dibagi menjadi 10. Roti tersebut akan diperebutkan oleh 5 orang. Ketika mulai kompetisi, 1 orang mendapatkan 2 potong roti, 2 orang mendapatkan masing-masing 3 potong roti, 1 orang mendapatkan 1,5 potong roti dan 1 orang terakhir hanya mendapatkan setengah potong roti.

Semakin banyak sumber daya yang dikuasai oleh segelintir orang yang sering disebut dengan kaum elit. Maka, kemiskinan akan terus meningkat.dan kemiskinan yang terjadi tentu akan melahirkan permasalahan di kehidupan masyarakat.

2. Tindak Kejahatan Terjadi (Kriminalitas)

Saat seseorang telah miskin. Hidupnya menjadi susah. Jangankan untuk memenuhi kebutuhan tertier, kebutuhan primernya saja sulit untuk terpenuhi. Sementara, terlihat banyak orang yang kaya, namun tidak peduli dengan penderitaan yang dialaminya.

Sehingga, timbullah kriminalitas di tengah-tengah masyarakat, akibat dari kesenjangan ekonomi tersebut. Banyak kejadian pembunuhan dari aktivitas perampokan. Masalah pokoknya adalah untuk memenuhi ekonomi.

3. Mengikis Kerukunan

Adanya keragaman ekonomi menciptakan kelas-kelas di masyarakat. Pergaulan semakin sempit karena didominasi dengan sekelompok orang yang memilik kelas ekonomi yang sama. Bagi yang kaya kerukunan terjalin lebih condong dengan yang kaya, sedangkan yang miskin lebih condong dengan yang miskin. Bahkan tidak jarang, gap yang terjadi terlalu terjal sampai menutup hubungan kelas kaya dan miskin.

Adanya kondisi ini, menyebabkan kecemburuan ekonomi. Akibatnya kerukunan semakin sempit dan terpecah.


4. Keserakahan

Ekonomi menjadi sebuah lahan berkompeti merebutkan sumber daya. Dengan cara apapun dan bagaimanapun setiap orang berusaha memenangkan pertarungan tersebut. Hal tersebut membentuk sebuah watak keserakahan, sehingga keinginan saling berbagi antar sesama semakin menipis.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar