Skip to main content

Cara Membuat Konten Berkualitas Yang Disukai Google Search


Dalam membuat sebuah konten blog yang berkualitas harus dilakukan dengan sepenuh hati dan sebuah research. Artinya, dalam membuat konten tersebut benar-benar motan (sungguh-sungguh). Tidak harus yang panjang isinya, namun disesuaikan saja dengan intensi dari artikel yang dibuat.
Cara Membuat Konten Berkualitas Yang Disukai Google Search

Konten berkualitas yang dibuat tentu harapannya bisa nangkring di halaman pertama google search, sehingga bisa dibaca oleh banyak orang. Dengan sebuah konten berkualitas, maka google search akan lebih ramah terhadap artikel tersebut. Artikel akan lebih mudah terindex dan dalam google search para pengguna yang membacanya akan lebih banyak.

Terkait dengan cara membuat konten berkualitas, sudah banyak para blogger yang menuliskannya di blog/web mereka. BacaNulis disini mungkin hanya akan sedikit menambahkannya saja, yang menjadi bagian  terpenting dari pembuatan konten yang berkualitas.

Cara Membuat Konten Berkualitas Yang Disukai Google Search

Bagi seorang penulis konten banyak pertanyaan terkait algoritma google terhadap sebuah artikel yang di publish. Jawaban untuk algoritma google sebenarnya sangat sulit, mengapa?. Karena algoritma google itu berubah terus, bahkan setiap harinya bisa terjadi 6 perubahan. Banyak owner blog merasa tiba-tiba trafik blog naik sebesar 10 %, kemudian beberapa hari kemudian trafik anjlok sebesar 30%. Nah, ini memang akibat adanya perubahan algoritma pada google. Tapi, dari perubahan algoritma tersebut, tetap ada satu yang sama yaitu bagaimana memuaskan para pengguna.

Penggunalah yang menjadi target utama perubahan dari algoritma tersebut. Misalkan saja, ada sebuah tulisan tentang ‘5 smartphone terbaik di tahun 2017’. Konten tersebut tentu sudah tidak relevan lagi untuk pengguna di tahun 2019. Mungkin, tahun 2017 konten tersebut menjadi trending dan berada di halaman pertama google search. Akan tetapi, pada tahun 2019 sudah tergantikan posisinya di google search dengan artikel yang baru yang lebih relevan dengan pengguna.




Sehingga, seorang penulis konten blog juga harus selalu mengupdate tulisan lama yang sudah tidak relevan atau membuat tulisan yang baru. Tetaplah fokus pada pengguna dan melihat apa sih yang dibutuhkan mereka?.

Untuk membuat konten berkualitas yang disukai google search perlu memperhatikan hal-hal berikut ini;

1. Intensi konten blog

Pikirkan dengan baik, intensi dari konten blog itu untuk user atau search engine. Banyak yang masih mengutamakan tulisannya untuk mesin telusur. Bagaimana postingan tersebut supaya mudah berada di mesin pencarian. Itu tidak salah, tapi kurang tepat. Sebab pada dasarnya penggunalah yang mencari sebuah konten, sedangkan google search yang memudahkan pencarian terhadap konten yang dibutuhkan pengguna. Jadi, jika tidak ada pengguna yang mencari konten, percuma saja.

Jadi pada saat membuat konten, rasakan pada diri sendiri jika menjadi seorang pengguna atau pencari sebuah konten. Konten yang seperti apa yang diminati?

2. Keyword

Saat ini google sudah ada algoritma sinonim. Sehingga, tidak perlu meletakkan banyak kata kunci di dalam isi artikel. Misalnya; terenak, sinonimnya; sedap. Jadi, dalam membuat artikel jangan terlalu banyak meletakkan kata kunci yang itu akan membuat jenuh pembaca. Google sudah tahu kok, bahwa kata kuncinya ‘terenak’, jadi bila diganti dengan sinonimnya bakalan mudah juga masuk ke halaman pertama google search.

3. Konten yang lengkap

Konten yang berkualitas itu lengkap informasinya, bukan yang panjang isinya. Dalam membuat konten, apakah isi konten telah menjawab sempurna dari judul yang dibuat atau sudah memberikan informasi yang lengkap kepada pengguna.

Misalnya saja, konten yang berjudul ‘pentingnya IT bagi kehidupan manusia’. Isinya deskripsinya tentu panjang dengan banyak kata, supaya informasinya lengkap. Tapi, bagi pengguna yang menggunakan google search untuk mencari ‘tanggal masehi puasa Asyura tahun 2019’, tidak membutuhkan isi konten yang panjang. Karena pengguna hanya ingin tahu tanggalnya saja. Jadi isi kontennya juga singkat, sebagai jawaban dari judul yang ada dan itu sudah lengkap.

4. Originalitas konten

Google search semakin berkembang, saat ini tampilannya lebih menarik bila dibandingkan tahun 2015. Tidak hanya menarik, google search hari ini lebih informatif. Seorang pengguna dalam menggunakan mesin pencarian, akan lebih mudah menemukan konten yang tepat, karena algoritma mesin telusur sudah mampu memahami kebutuhan pengguna.

Google search akan memberikan pilihan konten yang berbeda dengan kualitas yang terbaik, sehingga pengguna benar-benar mendapatkan konten yang paling dicarinya. Bagi konten yang plagiat (mengganti beberapa kata dari sumber tulisan yang diambil) dan yang rewrite tidak akan mendapat perhatian dari google search. Google search sudah tidak mau menampilkan di laman pertama konten yang sama.

Banyak yang masih berpikir membuat konten dengan rewrite konten yang sudah bagus berada pada laman pertama google search. Tanyalah pada diri sendiri, jika Anda seorang pengguna, apakah mau disajikan konten yang hanya beda kata-katanya saja, tapi secara garis besar isinya sama. Tentu tidak, bukan! Begitu juga dengan google search saat ini, yang akan menampilkan konten-konten berkualitas dengan pokok pikiran yang berbeda, dengan konten yang lebih di explore, konten dari analisis research pada laman pertamanya. Sehingga, pengguna akan disajikan konten oleh google search yang benar-benar berkualitas dan tidak sama.

Membuat konten berkualitas itu, intinya ‘tidak sama’. Tidak sama dengan konten yang sudah ada, tidak sama gaya tulisan dengan penulis lainnya, dan tidak sama informasi dengan yang sudah ada (konten yang baru haru lebih lengkap dari yang sudah ada).

Setiap penulis punya gaya tulisannya sendiri, punya ide yang berbeda, dan itulah yang unik. Tidak perlu ikut-ikutan dari yang sudah ada, walau seorang blogger terkenal. Mereka juga sukses membuat konten berkualitas, karena menjadi diri sendiri.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar