Skip to main content

Faktor Utama Kesuksesan dan Kegagalan Seseorang Di Masyarakat

Setiap orang tentu ingin sukses dan tidak mau gagal. Jikapun gagal, maka itu merupakan langkah menuju kepada kesuksesan. Sukses banyak definisnya dan setiap orang memiliki pengertian sukses itu sendiri. Tapi, di kehidupan masyarakat, sukses dapat dilihat dan dinilai. Misalnya; punya rumah mewah, kendaran mewah, uang banyak, jabatan tinggi, pengusaha sukses, yang intinya ia mampu menghidupi dan mencukupi kehidupannya, serta mampu membantu orang lain.
Faktor Utama Kesuksesan dan Kegagalan Seseorang Di Masyarakat

Di masyarakat banyak contoh orang-orang yang hidupnya sukses dan juga orang-orang yang hidupnya gagal. Mungkin banyak yang masih berpikir bahwa sukses dan gagalnya seseorang di masyarakat itu karena pendidikannya, keluarganya dan keuangannya. Ternyata ke 3 faktor tersebut bukan faktor utamanya. Ya, memang pengaruhnya ada terhadap sukses atau kegagalan. Namun tidak menjadi yang dominan terhadap kesuksesan seseorang.

Fakta di masyarakat, ada seseorang yang punya pendidikan tinggi, namun hidupnya miskin. Ada yang memiliki keluarga yang baik, namun hidupnya berantakan di mata masyarakat dan bahkan memiliki keuangan yang bagus, namun tidak mampu mengelolahnya.

Jadi, keluarga, pendidikan dan ekonomi bukan faktor utama seseorang itu menjadi sukses. Ada yang hanya berpendidikan sampai SD, tapi kaya raya dan punya banyak bisnis. Ada pula yang lahir dari keluarga miskin, namun sukses usaha dan karirnya melambung tinggi.

Dan ternyata faktor utamanya, yang membuat seseorang itu sukses atau gagal adalah lingkungannya. Lingkunganlah yang membuat seseorang itu bisa sukses maupun gagal. Jika lingkungan mendukung untuk sekses maka itu menjadi dorongan dalam memperngaruhi seseorang menjadi sukses. Dan sebaliknya, bila lingkungan tidak mendukung, maka walau pendidikan seseorang tinggi, akan berpengaruhi terhadap kegagalan.

Lihat masing-masing lingkungan tempat tinggal kita, apakah mendukung kepada kesuksesan atau tidak? Jika, tidak. Maka cari lingkungan lain, baik itu teman dekat, sanak-saudara atau masyarakat yang memperngaruhi untuk kesuksesan.

Coba perhatikan seseorang yang berteman dengan orang yang suskes. Maka, hidupnya lebih bergairah mengikuti teman-teman yang sukses tersebut. Istilahnya, jika berteman dengan penjual minyak wangi, kitapun akan kebagian wanginya.

Baca juga: 5 Kunci Menjadi Seorang Usahawan Sukses

Mulai saat ini, jangan sembarang memilih lingkungan. Karena sangat punya pengaruh yang sangat kuat terhadap diri Kita dan bagaimana hal tersebut menjadikan kita sukses.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar