Skip to main content

Konsep Dan Definisi Audit Manajemen

Dalam konteksnya, menajemen mencakup seluruh operasi internal perusahaan yang wajib di pertanggungjawabkan kepada semua pihak yang berkepentingan, yang memiliki wewenang di atasnya. Secara sistematis audit manajemen dirancang untuk mengaudit aktivitas, pelaksanaan program yang ada atau menilai sebagian entitas yang dapat di audit, serta membuat laporan terkait penggunaan sumber daya, apakah sudah efesien dan efektif mencapai tujuan dari perencanaan program yang dibuat, tanpa adanya peraturan atau kebijakan yang dilanggar atau menyimpang dari peraturan yang ada pada perusahaan. Dapat disimpulkan bahwa Audit manajemen (management audit) merupakan pengevaluasian operasi perusahaan terhadap efisiensi dan efektifitas.
Konsep Dan Definisi Audit Manajemen

Macam-macam audit diperuntukkan proses operasi dalam perusahaan bisa berjalan dengan lancar dan juga penggunaan sumber daya bisa dilaksanakan secara efektif dan efisien. Ada 4 jenis audit, yaitu; audit kepatuhan, audit internal, audit keuangan dan audit operasional. Dari 4 jenis audit tersebut, hanya audit keuangan yang tidak mirip dengan audit manajemen.

Audit kepatuhan yang dilakukan oleh auditor untuk mendapatkan informasi dan mengevaluasinya, yang bertujuan agar kriteria, kebijakan, dan regulasi sudah sesuai dalam menjalankan operasi, pengelolaan keuangan dan aktivitas dari entitas perusahaan.

Audit internal dilakukan oleh seorang auditor independen yang memberikan jasa untuk mengaudit segala aktivitas perusahaan.

Audit keuangan dilakukan auditor dalam mengkaji dan menilai penggunaan sistem pelaporan akuntansi dan keuangan yang dijalankan oleh perusahaan. Secara teknikal dan prosedural, audit keuangan sudah paling lengkap. Sudah ada standar norma yang mengaturnya serta prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum.

Baca juga: Ciri-ciri Administrasi Keuangan Dalam Sebuah Perusahaan

Audit operasional berfokus pada penilaian operasi perusahaan yang dilakukan oleh auditor, apakah sudah efisien atau belum. Audit operasional merupakan pengembangan dari audit internal, sehingga dalam audit opersional menjadi tujuan penting terhadap pengendalian internal perusahaan.

Dalam audit sebuah perusahaan, baik audit kepatuhan, audit internal maupun audit operasional memiliki kesamaan dalam menilai berjalannya kegiatan operasional perusahaan, pemakaian sumber daya yang ada, proses berjalannya perusahaan yang efisiensi dalam sebuah upaya pencapaian tujuan perusahaan yang sesuai dengan prosedur dan taat asas.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar