Skip to main content

Letak Iklan Link Tautan Adsense Yang Strategis Mendapatkan Banyak Klik

Menjadi partner google adsense, sebagai publishernya merupakan peluang mendapatkan gaji bulan dengan kerja dari rumah, kantor, kafe, dan lain sebagainya. Seorang publisher kerjaannya tidak terlepas dari laptop/pc/hp yang terhubung dengan jaringan internet. Alat elektronik itu sudah menjadi sahabat sejatinya yang selalu menemaninya dan menjadi partner dalam bekerja.

Saat ini publisher ada 3 bidang, yaitu konten, video dan aplikasi. Ada orang yang fokus hanya satu bidang saja, tapi ada juga semua bidang tersebut di garapnya. Yang pastinya, seorang publisher mendapatkan penghasilan dari tayangan iklan yang diberikan oleh google.

Banyak jenis iklan yang ditampilkan oleh google di situs, aplikasi atau channel publisher. Ada banner, in article, matched content, link tautan, anchor, vinyet dan lainnya. Untuk bahasan kali ini berkenaan dengan iklan link tautan adsense, yang itu dimiliki oleh publisher konten. Seorang blogger atau pemilik web tentu mengenal iklan link adsense. Bahkan, bagi akun yang masih terdapat jenis iklan tersebut, maka Ia beruntung. Ada kabar dari publisher baru tahun 2018 ke atas. Jenis iklan tersebut sudah tidak ada.

Banyaknya jenis iklan yang ada dan template blog/web yang dimiliki, terkadang membuat bingung mana posisi terbaik dan pilihan iklan yang tepat. Banyak blogger yang menghabiskan waktunya karena eksperimen terhadap jenis dan letak iklan tersebut. Terkadang, jika sudah kehabisan ide, maka iklan otomatis yang dipakai.

Adsense sendiri sebenarnya sudah merekomendasikan penggunaan jenis iklan yang mana harus dipasang. Sayangnya, rekomendasikan yang diikuti, tidak menunjukkan hasil yang memuaskan. Ya, memang banyak faktor penentu hasil terbaik dari seorang publisher. Bukan jenis iklan dan posisi iklan saja, konten yang ada juga berpengaruh besar terhadap hasil yang diperoleh.

Baca juga: Tips Menulis KonÅ‚en Blog dengan Baik

Dari banyak pengalaman publisher yang ada, survey menunjukkan iklan yang melonjakkan banyak klik adalah jenis iklan tautan. Berikut ini gambar dari iklan tersebut;

Dengan menggunakan jenis iklan tersebut, RKT cukup meningkat signifikan. Bila dibandingkan dengan jenis iklan lainnya, iklan link tautan adsense menduduki posisi pertama dalam hal banyaknya klik yang didapat.

Dengan banyaknya klik yang didapat, tentu akan menaikkan pendapatan dari adsense. Sebab, program adsense untuk seorang blogger/pemilik web adalah bayar per klik (hasil terbesarnya dari klik iklan, bukan dari per tayang). Sehingga, klik iklan yang banyak relevan dengan hasil yang didapat.

Dalam strategi mendapatkan klik terbaik, letak iklan harus benar-benar strategis. Berikut ini letak iklan link tautan adsense yang strategis mendapatkan banyak klik:

A. Iklan Link Tautan Di Bawah Judul Postingan

Jenis iklan link tautan merupakan kejutan bagi pengunjung. Letak terbaiknya di dalam postingan, mulai dari judul sampai akhir isi konten. Iklan yang berbentuk link tersebut, tentu mirip dengan link internal yang di pasang di dalam postingan. Pengunjung terkecoh dengan tampilan iklan ini, mengira bahwa itu merupakan link baca yang dipasang penulis.

Bentuknya berupa link, juga mendorong pengunjung untuk mengklik karena tulisan di dalam iklan relevan dengan isi postingan. Hal tersebut menunjukkan seolah ada kaitan isi postingan dengan iklan yang tersedia.

Nah, letak iklan link tautan adsense terbaik pertama ada pada posisi di bawah judul. Dari segala eksperimen yang dilakukan BacaNulis, iklan link di bawah judul menunjukkan hasil yang maksimal. Baik, yang terkait dengan jumlah kliknya maupun penghasilannya.

B. Iklan Link Tautan Di Tengah Postingan

Dari hasil percobaan, letak iklan link di tengah postingan menunjukan hasil terbaiknnya di urutan ke dua setelah letak terbaik di bawah judul. Posisi di tengah juga cukup strategis untuk mendapatkan klik.

Baca juga: Alasan Penghasilan Terbesar Didapat Dari Jenis Iklan Link Tautan Adsense, Jangan Sepele! Berikut Alasannya

Untuk letak di bawah postingan, memang bagus, tapi kurang memuaskan. Sebagai saran, sebaiknya iklan link tautan adsense, di letakkan maksimal di dua tempat saja untuk mendapatkan hasil terbaik. Jangan sampai tiga atau lebih, misalnya meletakkan jenis iklan tersebut di bawah judul, tengah postingan dan bawah postingan. Mungkin, akan banyak mendapatkan klik, akan tetapi nilai cpc akan hancur. Jadi, tetap harus ada batasan dari penggunaan iklan link tersebut.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar