Skip to main content

Pilih Template Blog! Bagus Viomagz atau Kompi Flexible?

Para blogger pemula sering di galaukan dengan, mana template blog yang bagus?. Makin banyak pilihannya, bukannya makin bagus, tapi malah makin bingung harus memilih yang mana. Lihat berbagai riview, ada yang bilang templat ini bagus, lalu ikut pasang. Ada yang bilang, template itu bagus, kemudian ganti lagi template yang sudah dipasang.

Memilih template yang terbaik adalah sesuatu yang dianjurkan, tapi harus konsisten. Ingat kata tersebut! 'harus konsisten'. Konsisten jangan ganti ke lain template dan tentunya konsisten membangun sebuah blog.

Saat sekarang ini ada 2 template yang sedang tenar, atau yang sering digunakan kebanyakan orang yaitu Viomagz buatan mas Sugeng dan Kompi Flexible buatan mas Adhy. BacaNulis sendiri saat ini menggunakan kompi flexibel. baca: Perubahan Template Terbaru BacaNulis.Com, Review Terhadap Template Kompi Flexible Versi 8.20. Saat sebelumnya BacaNulis juga sudah mencoba viomagz, yang hasilnya sama saja, dari segi visitor.

Perlu faham betul, visitor itu tonggak utamanya ada pada tulisan. Jadi, pilihan template hanya membantu tidak lebih dari 10% saja. Tapi yang 10% juga kudu diperhatikan, jangan diabaikan begitu saja. Sebab, pengunjung juga betah membaca tulisan di blog, ada pengaruhnya dari template yang dipakai. Bahkan, template yang SEO akan mempermudah tulisan blog di kenali dengan cepat di mesin pencarian.

Para developer template blog selalu mengupgrade kualitas templatenya. Sehingga, dalam membandingkan sesama template harus adil pada versi terakhir. Cuman Bacanulis, akan bandingkan keluaran template pada demonya saja. Viomagz pada link demo yang diberikan mas Sugeng dan pada Kompi Flexible juga sama dilihat dari link demo yang ada.

Pilih Template Blog! Bagus Viomagz atau Kompi Flexible?

Untuk keputusan pilihan template ada ditangan masing-masing. Karena review setiap orang juga beda-beda, yang berarti tidak ada penilaian yang objektif untuk sebuah keluaran template blog. Nah, berikut ini perbandingan di beberapa penilaian terhadap Viomagz dan Kompi Flexibel (non amp);

1. Cek Kecepatan di PageSpeed Insights pada Home Page

Untuk Viomagz, kecepatan pada versi seluler menjangkau nilai 92 dan versi desktop bernilai 100.
nilai speed viomagz home page

Untuk Kompi Flexible, kecepatan pada versi seluler mencapai nilai 94 dan versi dekstopnya bernilai 100.
nilai speed kompi flexible home page

Dari percobaan yang dilakukan, nilai speed insights bisa berubah-ubah. Tapi dari kedua perbandingan template di atas, template Kompi Flexible lebih unggul dari Viomagz untuk percobaan speed pada bagian home page.

2. Cek Kecepatan di PageSpeed Insights pada Post Page

Untuk Viomagz, kecepatan pada versi seluler menjangkau nilai 73 dan versi desktop bernilai 99.
nilai speed viomagz post page

Untuk Kompi Flexible, kecepatan pada versi seluler mencapai nilai 94 dan versi dekstopnya bernilai 100.
nilai speed kompi flexible post page

3. Tampilan Home dan Post Page

Penilaian BacaNulis berkenaan dengan tampilan, baik home maupun post pagenya. Kompi Flexibel lebih unggul, tampilan lebih elegan (terkesan mewah) bila dibandingkan dengan Viomagz yang terkesan standar saja dan sederhana.

4. Link Internal yang cantik

Link internal merupakan link postingan yang dimasukkan ke dalam postingan blog. Biasa untuk memperkuat postingan, di letakkan link postingan yang relevan (judul maupun isi). Link tersebut juga sangat membantu menaikkan view blog, karena pengguna juga meng-klik link dan membaca postingan yang diarahkan oleh link tersebut.

Tampilan pada viomagz biasa saja, hanya menunjukkan kepada pembaca bahwa itu sebuah link internal yang dipasang. Sedangkan untuk Kompi Flexible, yang dirasakan pembaca ada dorongan untuk meng-klik-nya. Ada tanda di samping link mempercantik dan menambah kesan mewah.

5. Harga Template

Untuk harga sendiri, template Viomagz lebih mahal di bandingkan dengan harga Kompi Flexible. Saat ini untuk pembelian template Viomagz dengan lisensi standar, di bandrol dengan harga Rp. 198.000,-, sedangkan Kompi Flexibel di bandrol dengan harga Rp. 100.000,-.

Baca juga: Ganti Template Blog Dan Memindahkan Meta Tag Agar Trafik Naik, Studi: Kompi Flexible Ke Viomagz

Sahabat semuanya, perbandingan diatas, tidaklah mutlak dan objektif. Semua nilai terhadap template ada pada masing-masing orang. Dan setiap orang berhak untuk memberi penilaian. Dan penilaian diatas tidak secara utuh, sehingga tidak bisa dijadikan sebagai dasar yang men-genalisir keunggulan salah satu template. Untuk sebuah referensi pribadi ok ok saja, tapi bukan untuk semua orang. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar