Skip to main content

16 Usaha Kecil Kecilan Untuk Mahasiswa Yang Bisa Dikerjakan Secara Fleksibel

Menjadi seorang mahasiswa tidak harus semua waktu di habiskan untuk belajar terus. Belajarpun perlu terjadwal dengan baik supaya tidak bosan. Perlu waktu-waktu untuk bersantai untuk menyegarkan kembali pikiran dan badan. Tapi, yang asyik waktu yang ada diisi untuk mendapatkan penghasilan. Banyak usaha yang bisa dijalankan oleh seorang mahasiswa yang tidak mengganggu jam kuliahnya dan hanya dengan modal yang kecil.
16 Usaha Kecil Kecilan Untuk Mahasiswa Yang Bisa Dikerjakan Secara Fleksibel

Memilih usaha kecil kecilan yang cocok untuk mahasiswa haruslah yang juga fleksibel. Usaha yang fleksibel tidak akan menghalangi ketika ada tugas kuliah yang penting atau agenda keperluan lainnya. Bahkan usaha kecil kecilan tersebut juga bisa dijalankan di dalam kampus, rumah kos, dan tempat-tempat lainnya.

Saat ini semua usaha kecil kecilan yang bisa dikerjakan oleh mahasiwa terhubung dengan internet atau usaha yang dijalankan secara online. Inilah mengapa usaha tersebut bisa dikerjakan fleksibel terutama yang berhubungan tempat. Dengan kata lain, dimana saja tempatnya usaha terus dapat dijalankan.

Yuks, melirik usaha kecil kecilan untuk mahasiswa yang bisa dikerjakan secara fleksibel. Berikut ini ada 16 usaha yang bisa dijalankan:

1. Usaha Jualan Pulsa dan Paket Data Internet, Serta Jasa Pembayaran Lainnya

Pulsa, paket data, tiket, dan jasa pembayaran lainnya sekarang ini masuk dalam satu paket aplikasi. Misalnya jika menggunakan Aplikasi BebasBayar. Disana terdapat banyak layanan yang bisa digunakan. Jualan pulsa, paket data internet, tiket kereta api, token listrik dan lain sebagainya.

2. Jualan Online

Sekarang ini untuk berjualan online tidak harus punya produk sendiri. Sudah bertebaran produk atau jasa yang siap untuk diperjualbelikan. Pilih saja mana yang sesuai untuk dijual. Pola-pola yang ada misalnya dropship atau menjadi reseller dengan keuntungan persenan saat produk terjual. Fasilitas web dan aplikasi marketplace juga sangat membantu penjualan produk. Tugasnya hanya upload produk dan share saja.

3. Membuka Jasa Les Privat

Mengajar ke rumah atau ikut di sebuah sangat cocok bagi seorang mahasiswa, selain mendapatkan penghasilan. Mengajar juga akan meningkatkan kemampuan akademik dan kemampuan dalam mendidik. Apalagi yang ambil jurusan pendidikan, makin bagus melatih kemampuan diri dalam mendidik seseorang.

4. Jual Jajanan Di Kampus

Sambil berenang minum air, cocok dihubungkan dengan mahasiswa yang berjualan di kampus. Yang dijual bisa jajanan ringan, gorengan, atau minuman. Kelas-kelas yang jauh dari kantin menjadi peluang sebagai pembeli. Nah, usaha ini juga bisa bermitra dengan usaha jajanan yang ada di kampus. Produk sudah tersedia untuk dijual dan penjual mendapat keuntungan dari selisih harga jualnya.

5. Jasa Ketik dan Print Tugas Kampus

Tidak jarang banyak mahasiswa yang juga males untuk mengetik tugasnya. Ini menjadi peluang bagi yang mau membuka jasa ketik tersebut. Biayanya dihitung dari jumlah kata yang ada dan si pengetik dapat menentukan harga per katanya.

6. Jasa Pembuatan Website

Membuat website ditujukan kepada mahasiswa IT  atau programer. Dengan menerima orderan pembuatan website, hal itu tentu juga akan mengembangkan kemampuan dalam membuat sebuah website. Pembuatan sebuah website tergolong lumayan. Ini wajar, karena untuk membuatnya diperlukan dana, serta keahlian khusus.

7. Jualan Blog

Saat ini, semua cerita pribadi dan pengalaman bisa dimasukkan ke dalam blog. Sudah nampak kuno jika dituliskan ke dalam Diary. Blog juga memiliki kelebihan dari Diary yaitu bisa dibaca banyak orang, mudah mencari tulisan dan tidak hilang.

Tapi, tidak semua orang bisa membuat blog. Sehingga, jualan blog yang sudah siap pakai memiliki peluang ekonomi.

8. Membuka Jasa Translator

Penerjemah juga cocok untuk mahasiswa, karena banyak orang atau instansi yang membutuhkan itu. Bagi mahasiswa yang mengambil jurusan bahasa, tentu menjadi translator adalah sebuah peluang. Harga dari jasa ini juga cukup lumayan besar, bahkan per 100 katanya bisa mencapai 20 ribu rupiah.

9. Jasa Desain Grafis

Yang suka edit gambar, desain baju, banner, dan lain sebagainya bisa membuka peluang usaha. Biasa dengan menggunakan photoshop atau corel draw, Anda sudah siap untuk mendesain berbagai keperluan.

Banyak mahasiswa yang ingin di edit fotonya atau mengkreasinya dengan berbagai efek yang menarik. Jasa tersebut tentu ada biayanya, walau kecil kecilan. Dengan orderan yang banyak, sudah menjadi peluang usaha yang mencukupkan.

10. Jasa Fotografi dan Video

Jasa ini lebih berhubungan dengan mahasiswa seni. Terutama pada bagian video, saat ini banyak orang mencarinya. Dengan banyaknya para creator youtube, jasa edit video sangat di perlukan.

11. Menjadi Penulis Blog

Sebagai mahasiswa menjadi penulis blog memiliki potensi yang sangat tinggi. Sebab, tidak hanya harganya yang lumayan, jasa inipun banyak peminatnya. Bahkan, jika artikel yang dibuat sangat bagus, orderan yang ada tidak akan bisa dikerjakan semuanya. Bayangkan saja, berapa orang yang memiliki blog, yang sebagian keuntungannya di kucurkan untuk membeli artikel.

12. Ikut Program Afiliasi

Bidang afiliasi ini banyak sekali, ada register member, jual produk, jual jasa, dan lain sebagainya. Anda bisa cari tahu, misalnya cara ber-afiliasi dengan amazon.

13. Jasa Pengiriman

Jasa pengiriman banyak macamnya, bisa saja jasa antar catering pesanan mahasiswa atau mendaftar ke aplikasi (misalnya go food). Di jasa ini, hal terpentingnya adalah memiliki kendaran.

15. Ikut GO JEK

Terkhusus mahasiswa yang memiliki kendaran, baik itu sepeda motor atau mobil. Bisa mengisi waktu luangnya untuk mendapatkan penghasilan dengan menjadi driver go jek. Kerja tersebut cukup fleksibel, karena jika Anda punya waktu penting lainnya, aplikasi bisa di non-aktifkan.

16. Calo Kos-Kosan

Menjadi calo kos-kosan bagi mahasiswa baru atau mahasiswa yang mencari rumah kontrakan sangatlah mudah. Anda bisa langsung bernegosiasi dengan pemilik. Jika berhasil mendapatkan pelanggan, maka sebagian dari pembayaran akan diberikan kepada pencari (mahasiswa yang menjadi calo). Informasi tidak hanya melalui media sosialnya saja, Anda bisa mengunjungi web memuh.com untuk promosi disana.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar