Skip to main content

6 Bentuk Komunikasi Manusia Dalam Kehidupannya

Manusia sebagai makhluk yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk lainnya, tentu unggul di dalam berbagai sisi. Salah satunya adalah komunikasi. Komunikasi yang dilakukan manusia sangatlah komplek dan tertata dengan baik. Setiap manusia setiap harinya berinteraksi dengan melakukan komunikasi, baik itu secara personal, kelompok, bahkan dengan sang pencipta.
6 Bentuk Komunikasi Manusia Dalam Kehidupannya

Dalam melakukan komunikasi, ada 6 bentuk yang mencakup; komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, komunikasi massa dan komunikasi medio. Berikut ini bahasan secara terperincinya;

1. Komunikasi Intrapersonal

Yang dimaksud dengan komunikasi intrapersonal adalah komunikasi di dalam diri sendiri. Artinya, komunikasi tersebut terjadi antara dirinya dengan dirinya mulai dari menerima informasi, mengelolah dan menyimpan, serta menghasilkan kembali. Komunikasi ini bisa dilihat ketika seseorang sedang bergumam atau bicara sendiri secara samar-samar. Ada juga yang tidak terlihat, yaitu berbicara dengan dirinya di dalam hati. Banyak contoh dari komunikasi intrapersonal ini, misalnya; berdo'a, bersyukur. bersabar, mengkhayal, berimajinasi, merenung (muhasaba), tafakur, dan lain sebagainya.

2. Komunikasi Interpersonal

Yang dimaksud dengan komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang dilakukan di antara individu dengan individu lain. Komunikasi antrapribadi tersebut merupakan sebuah proses pertukaran makna di antara keduanya. Di dalam komunikasi ini, setidaknya harus memenuhi 4 kriteria untuk bisa disebut sebagai komunikasi interpersonal;

1. Komunikasi dilakukan secara verbal maupun non verbal. Adakalanya, komunikasi seseorang tidak harus bersuara, dengan suatu gerakan orang lain sudah memahami maksud dari penyampai.
2. Terjadi interaksi di antara keduanya.
3. Komunikasinya saling nyambung dan tidak ngelantur.
4. Sifatnya persuasif yang akan mengubah atau memengaruhi kepercayaan, sikap, dan perilaku seseorang sehingga bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator.

3. Komunikasi Kelompok

Yang dimaksud dengan komunikasi kelompok adalah komunikasi yang dilakukan oleh lebih dari 3 orang dengan maksud tertentu dan tujuan yang ingin dicapai. Dalam komunikasi tersebut, seseorang berperan sesuai dengan perannya di dalam kelompok tersebut. Jika sebagai teman, ya berperan menjadi teman yang baik. Jika sebagai pelajar, harus juga berperan sebagai pelajar yang baik. Dan banyak lagi contoh lain dari komunikasi kelompok ini, misalnya; seminar, workshop, briefing, kuliah, dan sebagainya.

Komunikasi ini tidak memiliki beban berat yang harus diikuti. Setiap orang dalam melakukan komunikasi di dalam kelompok hanya berbagai informasi, memecahkan masalah dan juga memelihara diri dari hal yang tidak di perkenankan dalam kelompok tersebut. Namun, hal yang menjadi penting adalah informasi dan pesan yang disampaikan haruslah mencakup kepentingan dan kebermanfaatan terhadap kelompok, bukan hanya secara pribadi saja.

4. Komunikasi Organisasi

Yang dimaksud dengan komunikasi organisasi adalah komunikasi lebih dari 3 orang yang terjadi dalam ikatan sebuah organisasi. Orang-orang yang berkumunikasi memiliki peran dan tanggung jawab moril terhadap organisasinya. Berbeda dengan komunikasi kelompok, komunikasi organisasi lebih terikat dengan peraturan, sistem dan tanggung jawab. Komunikasi yang terjadi bisa secara formal maupun no formal di lingkungan organisasi tersebut, serta memiliki cakupan yang cukup luas. Misalnya saja menyangkut; struktur dan fungsi organisasi, hubungan antarmanusia, komunikasi dan proses pengorganisasian, serta budaya organisasi.

5. Komunikasi Massa

Yang dimaksud dengan komunikasi massa adalah komunikasi dengan menggunakan saluran media bagi komunikator dan komunikan secara massal berjumlah banyak, bertempat tinggal yang jauh, sangat heterogen, dan menimbulkan efek tertentu.

8 ciri yang ada pada komunikasi massa adalah sebagai berikut:

- Komunikator dari sebuah lembaga media massa
- Hubungan yang terjadi bukanlah bersifat pribadi
- Komunikadi dengan memakai media massa
- Mediumnya bisa dipakai oleh massa yang banyak
- Komunikan yang ada bersifat heterogen
- Penyampaian pesan secara bersaam kepada semua komunikan
- Interaksi yang tidak tidak secara langsung
- Pesan punya pengaruh terhadap masa secara tidak langsung

Dapat disimpulkan bahwa komunikasi massa merupakan pesan secara bersamaan (serentak/sesaat) yang terjadi menggunakan media cetak maupun elektronik yang melibatkan massa yang banyak, baik itu komunikator maupun komunikan yang juga bersifat heterogen dan tersebar di berbagai daerah yang berbeda.

Baca juga: 2 Macam Hubungan Telepon, serta Penggolongannya

6. Komunikasi Medio

Yang dimaksud dengan komunikasi medio adalah komunikasi yang melibatkan massa yang banyak secara sesaat ke berbagai tempat tanpa menggunakan media massa. Komunikasi medio biasanya menggunakan media surat, telepon, pamflet, poster, brosur, spanduk, dan sebagainya.

Baca juga: 3 Jenis Hubungan Manusia Yang Harus Realisasikan

Sumber: AnugerahDino
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar