Skip to main content

Apa yang Dimaksud Arsip Menurut Wursanto dan Pengertian Arsip Menurut Pakar

Di sebuah lembaga, instansi atau perusahaan sebuah pengarsipan merupakan kegiatan yang di jalankan setiap hari. Bentuk dari arsip pada umumnya berupa gambar, tulisan maupun suara. Sebuah arsip pada dasarnya merupakan sebuah catatan atau rekaman dari perjalanan kegiatan lembaga, instansi maupun perusahaan. Catatan tersebut pada umumnya adalah berupa naskah/dokumen/informasi.
Apa yang Dimaksud Arsip Menurut Wursanto dan Pengertian Arsip Menurut Pakar

Tentu saja arsip memiliki peranan yang penting terhadap perjalanan kegiatan organisasi yang ada pada sebuah lembaga, instansi maupun perusahaan. Oleh karenanya, sistem kearsipan yang dijalankan harus benar-benar bagus, supaya dalam penciptaannya, penggunaannya, pemeliharaannya, pemindahannya, sampai kepada penghancurannya dapat berjalan dengan baik.

Arsip dalam segi bahasa memiliki arti dan berkembang sedemikian rupa. Dalam bahasa Belanda arsip disebut Archief, sedang dalam bahasa Inggris disebut Archieve, kata inipun berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata arche yang berarti permulaan. Lalu kata arche ini berkembang menjadi kata Archia yang berarti catatan. Kemudian, dari kata Archia berubah lagi menjadi kata Ar-cheion yang berarti Gedung Pemerintahan.

Sedangkan arsip dalam bahasa Latin, disebut Archivum, dan akhirnya menurut Serdamayanti dalam bahasa Indonesia digunakanlah istilah Arsip hingga saat ini.

Pengertian Arsip Menurut Wursanto

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud arsip, Wursanto memberikan pengertian sebagai berikut: Arsip adalah salah satu produk Office Work (pekerjaan kantor). Diketahui produk dari office work selain arsip, misalnya formulir, surat ataupun laporan.

Pengertian Arsip Menurut Beberapa Pakar

Selain dari pengertian arsip dari Wursanto, ada beberapa pendapat lain terkait dengan penjelasan apa yang dimaksud dengan arsip.

1. Menurut Mulyono menyatakan arsip merupakan menyusun atau menempatkan kertas/dokumen di tempat penyimpanannya dengan baik sesuai dengan aturan yang telah ditentukan sebelumnya, sehingga bila suatu saat kertas/dokumen di dalam arsip tersebut dibutuhkan kembali, maka akan dengan mudah dan cepat di temukan kembali.

2. Menurut The Liang Gie menyatakan arsip merupakan sebuah kumpulan warkat (item/dokumen sebagai instrumen) yang disimpan secara sistematis, sehingga pada saat diperlukanan, maka akan dengan mudah ditemukan.

Kesimpulan 

Bisa diambil sebuah kesimpulan terkait apa yang dimaksud dengan arsip dari pengertian yang sudah di sampaikan di atas. Jadi, arsip itu merupakan kumpulan dari warkat yang disimpan secara sistematis sesuai dengan aturan kearsipan, yang akan memudakan pencariannya sewaktu dibutuhkan. 

Baca juga: Jenis Jenis Arsip Dalam Perkantoran

Sumber:
https://idtesis.com/pengertian-arsip-menurut-para-ahli
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar