Skip to main content

Cara Meludah Yang Benar Menurut Islam Dan 2 Jenis Meludah Yang Perlu Diketahui

Meludah merupakan aktifitas yang sering dilakukan setiap hari. Tanpa disadari, sampai tidak bisa menghitung seberapa kali meludah dalam waktu sehari semalam. Jadi, walau aktifitas meludah dianggap sederhana dan sepele, namun ada aturannya. Tentu tidak boleh sembarang meludah di berbagai tempat dan juga arah.
Cara Meludah Yang Benar Menurut Islam Dan 2 Jenis Meludah Yang Perlu Diketahui

Islam sudah mengajarkan bagaimana adab meludah. Sehingga, tidak mengganggu orang lain dan lingkungan. Dan aktifitas yang dianggap menjijikan tersebut, tetap dalam koridor kesantunannya sebagai makhluk yang berakhlak.

Dalam Islam, berikut ini aturan dalam meludah:

- Jangan meludah ke arah Ka'bah
Sebagai seorang muslim dilarang meludah ke arah ka'bah. Dimanapun posisinya, ketahui arah kiblatnya. Dan jangan mengarahkan ludah ke arah kiblat.

- Meludah ke Kiri
Saat meludah dianjurkan mengarahkannya ke kiri. Namun, jika posisi arah ka'bah ada di sebelah kiri, maka lebih baik meludah ke kanan daripada harus meludah ke kiri yang posisinya tepat merupakan arah kiblat. Namun, alangkah baiknya, jika mengatur posisi terlebih dahulu, sehingga bisa meludah ke kiri dan tidak mengarah ke kiblat.

- Meludah di tempat yang cepat menghilangkan ludah
Meludah di tempat umum yang tidak dilarang untuk meludah bisa dilakukan oleh siappun. Tapi, jangan sampai ludah itu dilihat orang lain, sehingga ia merasa jijik. Atau ludah tersebut setelah jatuh, namun tidak hilang-hilang karena tempatnya yang tidak meresap. Lantas sebaiknya, ludah diarahkan ke tempat yang cepat menghilangkan ludah tersebut. Misalnya, parit-parit atau tanah

- Jangan meludah di masjid, atau tempat-tempat yang di larang
Ludah disini adalah riak yang keluar. Sacara fisik dapat diliat oleh semua orang dan bukan merupakan sebuah simbol.

Di atas, sudah dibeberkan beberapa aturan dalam meludah. Berikutnya, ada 2 jenis meludah yang perlu di ketahui:

1. Ludah Simbolis
2. Ludah Materialis

Ludah simbolis merupakan ludah yang tidak dikeluarkan sungguhan. Hanya sebuah simbol saya untuk menandakan sesuatu. Tanda meludah yang dilakukan terutama di arahkan kepada setan/iblis yang sedang menganggu. Apakah saat sedang sholat ataupun dalam mimpi seseorang.

Sedangkan luda materialis merupakar riak yang keluar secara fisik dapat dilihat, bahkan membuat orang jijik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar