Skip to main content

Cara Membuat Bolu Kukus Mekar dengan Mudah

gambar bolu kukus mekar
Bolu kukus adalah kue lembut yang enak dan lezat rasanya. Bolu kukus ini merupakan kue tradisional Indonesia yang sangat digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak sampai orang tua, kue ini termasuk dalam jajaran yang terenak. Bolu kukus ini juga memiliki banyak macam variasi, ada yang sederhana, ada yang berbentuk bundar, bahkan ada bolu kukus mekar yang berbentuk mirip seperti bunga yang sedang mekar.

Tidak hanya bermacam variasi dalam bentuknya, bolu kukus juga memiliki ragam rasa yang bisa dinikmati. Tapi yang pasti, kue ini sangat enak, lembut dan manis.

Mungkin kita sering sekali membeli bolu kukus ini untuk hari spesial atau momen keluarga. Membelinya di toko kue atau langsung ke pabrik pembuatan kue tersebut. Nah, pernah berpikir untuk mencoba membuatnya?. Jika cara membuat bolu kukus tepat, tentu rasanya juga tidak akan kalah dengan kue yang dijual. Ayo, coba saja bagi yang ingin membuatnya sendiri. Kali ini akan ditampilkan variannya berbentuk mekar. Berikut ini cara membuat bolu kukus mekar dengan mudah di lansir dari idntimes.com:

Bahan-bahan: 

- Tepung terigu 200 gram
- Cokelat bubuk50 gram
- Teh baking powder1 sendok
- Teh soda kue1 sendok
- Teh vanili1/2 sendok
- Gula pasir200 gram
- Margarin (lelehkan)100 gram
- Susu cair200 ml
- Kuning telur2 butir

Langkah-langkah:

1. Mulailah dengan melakukan pencampuran tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder, soda kue, dan vanili dengan cara diayak dan diaduk sampai rata.

2. Masukkan margarin, susu cair dan kuning telur, lalu aduk lagi sampai rata.

3. Masukkan gula pasir dan aduk kembali sampai tidak ada yang bergerindil atau solid.

4. Kemudian, panaskan kukusan sampai beruap. Lapisi tutup dengan kain bersih supaya uap air tidak jatuh ke adonan.

5. Siapkan cetakan bolu kukus, isi dengan paper cup. Lalu tuangkan adonan ke dalamnya sampai penuh.

6. Kukus adonan tersebut kurang lebih 20 menitan. Dan jangan buka tutupnya pada saat sedang mengkukus.

7. Angkat cepat penutupnya dan bolu kukus mekarpun sudah siap menjadi hidangan untuk di makan.

Itulah cara membuat bolu kukus mekar dengan mudah. Langkah membuatnya begitu mudah kan! Bahkan membuatnya juga bisa tanpa mixer dan oven. Dan tentu juga semakin sering Anda membuatnya, rasanya juga pasti makin yummy.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar