Skip to main content

Pengertian Usaha Kecil Menengah Dan 10 Ide UKM yang Bisa Dijalankan

Usaha kecil menengah cukup mudah untuk digeluti, sebab modal yang dikeluarkan tidaklah banyak. Dengan begitu, maka banyak usaha yang bisa dijalankan. Namun, mendapatkan ide usaha sesuai dengan modal tidaklah gampang. Banyak kajian yang perlu di lakukan, supaya usaha dapat berjalan dengan lancar.
Pengertian Usaha Kecil Menengah Dan 10 Ide UKM yang Bisa Dijalankan

Berdasarkan UU No. 20 tahun 2017 tentang Pengertian UKM, yang disebut usaha kecil ialah sebuah usaha yang memiliki aset 50 sampai 500 juta, dengan omset mencapai 300 juta sampai 2,5 miliyar. Usaha tersebut berdiri sendiri yang dikelolah secara perorangan atau badan, yang tidak terkait dengan anak perusahaan ataupun cabang perusahaan lain.

Sedang usaha menengah yaitu usaha yang berdiri sendiri dan tidak dimiliki oleh anak atau cabang perusahaan lain. Nilai aset 500 juta sampai 10 miliyar dengan omset lebih dari 2,5 miliyar sampai 50 miliyar.

Baik usaha kecil atau menengah kriteria nilai aset dan omset merupakan akumulasi keseluruhan yang pernah dicapai, bukan bulanan. Berdasarkan Badan Pusat Statistik, UKM dibagi ke dalam 4 kelompok:

1. Usaha Rumah Tangga yang pekerjanya berjumlah 1 sampai 5 orang
2. Usaha kecil menengah yang perkerjanya berjumlah 6 sampai 19 orang
3. Usaha menengah yang pekerjanya berjumlah 20 sampai 29 orang
4. Usaha besar yang perkerjanya berjumlah lebih dari 100 orang.

Menjalankan UKM banyak kelebihan yang bisa didapatkan, karena lebih mudah berinovasi, lebih fokus dan fleksibel dalam operasionalnya. UKM tentu lebih mudah pengelolaannya, bila dibanding dengan usaha dengan modal yang besar dan sistem manajemen yang kompleks. Oleh sebab itu, setiap orang bisa dengan mudah membuka UKM sendiri. Dan hal tersebut, juga membantu tidak hanya pribadi, tapi juga pemerintah dalam memperkuat perkonomian negara.

Banyak ide-ide yang bisa diterapkan di UKM. Tapi, yang harus diperhatian adalah konsumen. Konsumen menjadi fokus utama dari produk yang akan dipasarkan dalam menjalankan usaha. Sebagus apapun usahanya, jika produknya tidak laku atau sedikit peminatnya, maka hasilnya tidak bagus. Sebaliknya, produk sederhana namun laris manis, itu peluang besar untuk meng-inovasinya. Berinovasi juga bisa dilakukan ketika usaha sudah berjalan. Berjalannya usaha, dari situlah pemilik akan lebih memahami secara mendalam tentang usaha yang dijalankannya.

Baca juga: Usaha Sampingan 2019 yang Perlu Anda Coba

Terkait UKM, berikut ini ada beberapa ide bisnis yang bisa dicoba. Berikan sentuhan inovasi dan kreatifitas, supaya menjadi usaha yang unik dan menarik. Inilah 11 ide yang bisa di coba dan dikembangkan:

1. UKM - Fashion
2. UKM - Kosmetik dan Skin Care
3. UKM - Perlengkapan Bayi
4. UKM - MakeUp Artist
5. UKM - Furnitur
6. UKM - Kuliner
7. UKM - Penginapan (kos-kosan, apartemen, rumah)
8. UKM - Jasa Desain Digital (Foto dan Video)
9. UKM - Digital Marketing Agency
10. UKM - Buku
11. UKM - Layanan Internet
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar