Skip to main content

Pengertian Web Wallet dan Desktop Wallet Pada Teknologi Blockchain

Web wallet

Anda bisa menggunakan dompet web untuk mengakses blockchain melalui sebuah antarmuka browser tanpa harus mengunduh atau menginstal apapun. Ini mengikutsertakan dompet bursa dan penyedia layanan dompet berbasis browser lainnya.
Pengertian Web Wallet dan Desktop Wallet Pada Teknologi Blockchain

Dalam banyak kasus, anda bisa membuat dompet baru dan mengatur kata sandi untuk mengaksesnya. Akan tetapi, beberapa penyedia layanan memegang dan mengatur kunci pribadi untuk anda.

Walaupun hal ini dapat mempermudah pengguna baru, ini merupakan tindakan yang sangat berbahaya. Jika anda tidak memegang kunci pribadi anda, anda mempercayakan dana anda kepada orang lain. Untuk mengatasi masalah ini, banyak dompet web sekarang mengizinkan anda untuk mengelola kunci anda sendiri, secara keseluruhan atau dengan kontrol terbagi (melalui multi-signatures). Sehingga sangatlah penting untuk memeriksa aspek teknis untuk setiap dompet sebelum memilih yang paling cocok untuk anda.

Pada saat menggunakan bursa mata uang digital, anda harus mempertimbangkan penggunaan alat perlindungan yang tersedia. Binance Exchange menawarkan beberapa fitur keamanan, seperti pengelolaan perangkat, otentikasi multi faktor, kode anti-phishing, dan pengelolaan alamat penarikan.

Desktop wallet

Seperti namanya, sebuah dompet desktop adalah sebuah software yang anda unduh dan eksekusi secara lokal pada komputer anda. Tidak seperti versi berbasis web, dompet desktop memberikan anda kontrol penuh pada kunci dan dana anda. Pada saat anda membuat dompet desktop baru, sebuah file “wallet.dat" akan disimpan secara lokal pada komputer anda. File ini berisikan informasi kunci pribadi yang dapat digunakan untuk mengakses alamat mata uang digital anda maka dari itu harus anda proteksi dan enkripsi dengan kata sandi

Jika anda mengenkripsikan dompet desktop anda, ada akan dibutuhkan untuk menyediakan kata sandi anda setiap kali anda menjalankan perangkat lunak tersebut untuk dapat membaca file “wallet.dat”. Jika anda kehilangan file ini atau melupakan kata sandi anda, anda akan kehilangan akses terhadap dana anda.

Maka dari itu, sangatlah penting untuk membuat arsip cadangan file “wallet.dat” dan menjaganya di tempat yang aman. Dengan melakukan demikian, anda akan mendapatkan akses ke dana anda pada perangkat lainnya, untuk menjaga-jaga apabila komputer anda berhenti bekerja atau menjadi tidak dapat diakses.

Pada umumnya, dompet desktop dapat dianggap lebih aman dibandingkan dengan versi web, akan tetapi sangatlah penting untuk menjaga komputer anda tetap bersih dari virus dan malware sebelum mengatur dan menggunakan dompet mata uang digital.

Sumber: CREV MAKASSAR
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar