Skip to main content

Usaha Rumahan Tanpa Modal Usaha yang Besar

Bingung mencari peluang kerja diluar rumah, kenapa tidak memanfaatkan rumah sebagai tempat usaha?. Banyak usaha rumahan yang bisa di kerjakan di rumah dan hasilnya juga lumayan. Modal usahanya juga tidak terlalu memerlukan modal besar, bahkan ada usaha rumahan yang bisa dikerjakan dengan modal minin atau tidak bermodal sama sekali.
Usaha Rumahan Tanpa Modal Usaha yang Besar


Yukss, intip usaha rumahan berikut ini tanpa modal usaha yang besar. Mudah-mudahan bisa menjadi referensi bagi yang ingin memulai usaha rumahan.

1. Membuka Les Privat

Saat ini kebutuhan akan dunia pendidikan sangat kompleks, sehingga para orang tua pun berlomba-lomba untuk terus memberikan asupan ilmu kepada anaknya. Bagi yang punya gelar akademisi di perguruan tinggi bisa memanfaatkan peluang usaha membuka les privat yang ada di lingkungan tempat tinggal. Bagi yang tamatan SMA juga bisa, cuman pesertanya mungkin dari kalangan TK - SMP. Membuka jasa les privat sangat tergantung kepada keahlian yang dimiliki, jikapun tamatan SMA, tapi jago bahasa inggrisnya atau pernah menjadi TKI di USA. Orang tua peserta tentu tidak ragu me-leskan anaknya di rumah Anda.

Peluang usaha rumahan les privat sangat berpotensi berjalan dalam jangka panjang. Karena biasanya les privat rumahan ini menjaring kalangan kelas menengah ke bawah, yang notabene jumlahnya sangat banyak. Para orang tua, terkadang enggan me-leskan anaknya ke sebuah lembaga, karena persoalan harga yang mahal. Jadi, menjadi peluang jika ada di bukanya les privat rumahan.

2. Guru Ngaji

Untuk membuka jasa guru ngaji di rumah, tentulah harus memiliki keahlian, setidaknya dalam hal membaca Alqur'an. Pangsa pasarnya biasanya di dominasi oleh anak-anak yang belum bisa baca Alqur'an. 

Waktu menjadi guru ngaji tergolong tidak banyak, mungkin 1-2 jam maksimalnya. Oleh karena itu, bisa di buka peserta ngaji di beberapa pertemuan setiap hari. Ini akan menjaring semua peserta yang ada, sebab ada peserta yang maunya ngajinya ba'da maghrib dan ada pula yang maunya ba'da ashar.

3. Jual Gorengan

Rata-rata orang itu suka dengan namanya gorengan. Jual gorengan memiliki peluang besar untuk dijadikan sebagai usaha rumahan. Karena peminat gorengan itu banyak, tentu usaha rumahan ini bisa menjadi peluang yang bagus untuk dikerjakan. Karena gorengan merupakan makanan, syarat pokok supaya usaha rumahan jual gorengan tersebut berjalan lama, maka menangkan hati peminatnya dengan citra rasa yang enak. 

4. Usaha Laundri

Berjalannnya usaha laundri harus diperhitungkan seberapa banyak orang yang akan memakai jasa tersebut. Karena letak yang strategis dan gaya hidup masyarakat sangat mempengaruhi hasil usaha rumahan ini. 

Sebuah contoh; jika usaha laundri di tempatkan di sebuah desa, yang kebiasaan di sana sudah menjadi kewajiban seorang ibu rumah tangga untuk mencuci pakain. Maka tentu usaha laundri akan kurang berjalan dengan baik. Beda halnya, usaha laundri yang berada di daerah perkotaan. Yang para ibunya juga sibuk bekerja dan berkarir di luar rumah. Usaha laundri bisa menjadi peluang usaha ruamahan yang menjanjikan.

5. Buka Kedai Sayuran

Bila lokasi tempat tinggal masyarakatnya harus belanja menggunaan kendaran menuju kota untuk belanja sayuran. Ini menjadi peluang untuk membuka kedai sayuran di rumah. Semua keperluan memasak bisa di jual di kedai tersebut.

6. Jual Makanan

Punya bakat memasak dan hobi memasak bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha makanan di rumah. Banyak sekali ragam makanan yang bisa tersaji untuk di perjualkan. Misalnya, jual lontong, nasi gurih, bakso, dan lain sebagainya.

7. Jasa Paket Data Internet WIFI

Saat ini kebutuhan akan data internet cukup luar biasa. Bagi para kaum milenial ke atas setiap harinya sangat butuh dengan jaringan internet tersebut. Bahkan, ada yang menjadikan internet sebagai bisa yang dapat menghasilkan uang.

Nah, bagi yang berlokasi di daerah yang peminat penggunaan WIFI cukup besar. Bisa di buka layanan WIFI di rumah. 

8. Jual Pulsa dan Paket Data, serta Jasa Bayar 

Putaran usaha rumahan yang lancar dan sederhana memang menjual pulsa. Pelanggannya pun akan terus ada selama mereka kehabisan pulsa. Apalagi saat sekarang ini, sudah banyak aplikasi dalam satu paket pembayaran. Jadi, selain pulsa bisa juga menjual paket data dan jasa bayar lainnya, misalnya tokon listrik, PAM, dan Asuransi.


9. Menjadi Content Writer

Membuka jasa sebagai content writer cukup memiliki potensi yang besar. Apalagi saat ini semakin banyak orang berkecimpung dunia blogger. Sehingga, banyak blogger yang butuh jasa seorang conten writer untuk mengisi artikel di blognya. 

Tidak hanya di blog pribadi, di situs jenis lain juga banyak butuh jasa seorang content writer. Misalnya, toko online dan situs marketing, yang butuh keahlian dari content writer untuk membuat sebuah artikel promosi.

10. Desain Grafis

Yang ahli photoshop dan corel draw coba cari peluang dari orang-orang yang di sekitar lingkungan. Mungkin ada orang yang butuh jasa desain sebuah spanduk, baliho, dan lainnya. Namun, Anda harus bisa meng-explore sebuah jasa yang membuka peluang untuk di order. Misalnya, ide membuat kalender keluarga. Dengan keahlian yang dimiliki, bisa mendesain yang apik kalender keluarga pesanan orang. Tentu itu akan diminati banyak keluarga, karena setiap keluarga ingin foto-fotonya berada di kalender.

11. Cuci Sepeda Motor

Jasa cuci sepeda motor cukup bagus untuk di coba. Peluang ini bisa di lihat ke banyak pengguna sepeda motor di lingkungan tersebut. Biasanya setiap sepeda motor di cuci sepekan sekali. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar