5 Cara Meningkatkan Alexa Rank Sebuah Website

Banyak pertanyaan yang muncul berhubungan dengan Alexa adalah: Bagaimana cara memperbaiki peringkat Alexa terhadap blog/web yang dimiliki?. Alexa yang bagus sangat penting dalam metrik untuk membangun sebuah bisnis yang menggunakan web/blog. Hal itu berpotensi pada advertiser Anda, investor dan sebagai partner alexa sendiri yang digunakan dalam mengevaluasi nilai bisnis Anda. Naiknya ranking alexa Anda sangat relevan dengan pendapatan Anda dalam menghasilkan uang tentunya.
5 Cara Meningkatkan Alexa Rank Sebuah Website

Bagi pemula yang belum mengenal Alexa, mungkin mengabaikan apa sebenarnya manfaat dari Alexa itu sendiri bagi bisnisnya. Padahal secara sederhana saja, Alexa menyajikan metrik tunggal yang memberikan ringkasan kinerja dari situs yang Anda miliki terhadap situs lainnya. Bila Anda terus mengabaikannya dan tidak fokus, maka tentu Anda tidak akan melakukan apa-apa untuk meningkatkan visibilitas dan nilai situ yang Anda miliki. Pada dasarnya, secara keseluruhan Alexa menterjemahkan situs web sebagai Alexa Rank untuk melihat peringkat dari semua web yang ada.

Pengertian Peringkat Alexa (Alexa Rank)

Peringkat Alexa menunjukkan seberapa populer situs yang Anda miliki dibandingkan dengan situs lainnya. Di sinilah Anda bisa mendapat jawaban, bagaimana relatif perbandingan tersebut, terkait dengan web yang Anda miliki?. Dengan Alexa, Anda bisa mengetahui perubahan peringkat situs Anda, bukan saja dari lalu lintas ke situs Anda, tapi juga perubahan lalu lintas web lain.

Cara Alexa Memperoleh Data, Sebagai Alat Ukur Peringkat

Hal itu tentu rumit untuk dijelaskan, karena Alexa perlu mengurangi bias yang terjadi, mengidentifikasi dan mengabaikan lalu lintas palsu (spam). Alexa punya data lalu lintas yang besar di panel yang dimilikinya sampai jutaan orang. Berdasarkan dari sampel itulah, Alexa bisa memperkirakan jumlah kunjungan ke semua situs di internet.

Alexa tentu sudah punya tim ahli yang keilmuannya mumpungi untuk bisa memastikan dan menyajikan data yang miss dan bukan organik (non-manusia). Sehingga, dengan data tersebut, Anda bisa menentukan dengan baik peluang bisnis yang tepat untuk situs yang Anda miliki dan bisnis yang sedang Anda jalani.

Cara Perhitungan Alexa Rank

Setiap harinya, alexa mengkalkulasian rata-rata pengujung harian ke sebuah situs dan juga memperkirakan pageview di 3 bulan terakhir. Sebuah situs dengan kombinasi kunjungan harian dan tampilan situs di 3 bulan terakhir paling tinggi akan berada pada rank #1. Dan situs yang paling rendah pada rank 30 jutaan. Di atas 30 jutaan (menunjukkan pengunjung yang lebih rendah) tidak akan diukur pada penilaian alexa.

Inilah Panduan Memperbaiki Peringkat Alexa Rank
Ikuti beberapa taktik petunjuk berikut ini yang akan meningkatkat situs Anda;

1. Buatlah Konten yang Menarik dan Original

Konten menarik dan original mempunyai nilai nyata kepada audiens. Terlebih lagi konten yang selalu update untuk situs Anda. Membuat konten menarik dan ori akan membangun loyalitas dari para audiens. Pada saat pembaca menembukan konten yang berharga dan informatif, mereka juga akan membagikan tautan tersebut kepada pembaca lain. Anda pun mendapatkan pembaca baru yang berpotensi menjadi pelanggan Anda. Google di mesin pencarian juga sangat menghargai konten berkualitas dan menempatkannya di halaman depan search engine sebagai langkah memberikan jawaban yang cepat dan tepat kepada user.

2. Dapatkan Sebanyak Mungkin Backlinks (Inbound Links) dari Situs lain yang Kredibel

Inbound links merupakan link situs Anda yang masuk di situs web orang lain. Tautan masuk itu adalah taktik untuk membantu mesin pencari menentukan dengan jelas Niche dan meningkatkan kepercayaan di situs yang Anda miliki. Apalagi jika tautan masuk itu berasa dari situs terpecaya dan berkinerja baik, hal itu secara nyata juga memberikan kredibiltas ke situs Anda. Takti ini tentu harus disokong dengan kuat oleh konten asli yang menarik.

Internal links yang merupakan tautan yang mengarah ke halaman atau postingan lain di situs Anda sendiri. Ini sangat berguna sebagai pemandu kepada pembaca untuk terus beinteraksi di situs Anda dengan mengarahkannya ke artikel yang relevan dan terkait. Hal ini juga akan memperbanyak tampilan dan view di situs. Tapi, sekali lagi harus dengan konten yang berkualitas untuk dapat menjalankan strategi tautan internal tersebut.

Baca juga: Jasa Backlinks (Content Placement) Berkualitas dan Murah di BacaNulis.com

Secara keseluruhan, baik inbound dan internal link membantu mesin pencari memahami konten situs dan menemukan seberapa berharganya bagi user. Jadi, itu merupakan strategi yang tepat, jika menggunakan dan menempatkan tautan yang sesuai. Namun, jangan berlebihan meletakkan link tautan tersebut, karena dapat mengurangi kredibiltas situs dan bisa dikenakan sanksi oleh search engine.

3. Temukan Kata Kunci Pesaing untuk Memenangkan Lalu Lintas Pengunjung dan Mengoptimalkan Situs (Beriklan PPC untuk Kata Kunci)

Dengan meneliti kata kunci, Anda dapat memahami apa yang dicari audiens dan apa yang dibutuhkannya. Dengan bahasa sederhana, riset keyword adalah belajar untuk berbicara bahasa pelanggan dalam konteks kebutuhan dan keinginan mereka

4. Pahami Strategi Pesaing dan Pelajari Keberhasilannya

Pesaing tentu masalah tersendiri bagi Anda. Dengan menganalisis keberhasilan dan permasalahan yang ada pada pesaing, hal itu akan membantu Anda lebih jelas memahami tentang metrik apa yang penting, strategi apa yang berfungsi, dan Anda bisa mengindentifikasinya, serta mengantisipasinya. Pelajaran tersebut akan melahirkan keputusan terbaik untuk Bisnis Anda.

5. Lakukan Praktik SEO

SEO sangat penting dan perlu untuk disesiusin. SEO bukan saja untuk meningkatkan promosi dan visibilitas situs web, tapi juga bagaimana meningkatkan situs lebih baik dimata pelanggan yang dibuktikan dengan adanya interaksi yang baik. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel