Cara Membuat Link Sumber Otomatis Pada Blog Saat Artikel di Copy Paste

Punya blog yang di rawat dengan baik dan selalu update artikel rutin dengan konten ori. Tentulah pekerjaan yang tidak mudah. Ide-ide yang dituang dalam tulisan tentu perlu pemikiran yang maksimal, sehingga terpostinglah konten yang apik dan bermanfaat. Tapi, tentu banyak para blogger yang berpikir secara instans yaitu, dengan meng-copy artikel blog orang lain untuk tujuan duplicate. Artikel yang di copy tersebut, kemudian di posting kembali ke suatu blog. Ini jelas, merupakan tindakan yang tidak bermoral dan tidak menghargai kerja keras orang lain.

Para blogger memang punya tujuan mulia, dengan berbagi berbagai informasi yang bermanfaat. Sehingga, bagi siapa saja dipersilahkan untuk mengambil artikel yang ada, asalkan tujuannya hanya mengambil materi atau infomasi saja, bukan untuk tujuan yang tidak dibenarkan. Dan sebaiknya juga, para pengambil artikel / copaser wajib mencantumkan sumber link artikel pada blog yang di copy-nya. Itu merupakan tindakan bermoral dan menghargai keringat orang lain.

Agar memudahkan para pengambil informasi blog, secara otomatis muncul link sumbernya. Admin blogger perlu menambahkan kode link, yang akan dibahas di sini. Sehingga, saat artikel di copy paste, link sumber otomatis muncul. Para copaser tidak perlu harus meng-copy link sumbernya, karena sudah otomatis muncul pada saat di paste-kan.

Berikut ini cara membuat link sumber otomatis pada blog saat artikel di copy paste;
1. Login ke halaman dashboard blog
2. Pada Tema, klik tanda titik 3, lalu pilih Edit HTML.
edit HTML pada blog

3. Gunakan fungsi find, caranya tekan Ctrl + F. Carilah kode </head>
4. Copy kode di bawah ini, kemudian paste kan di atas kode </head> tersebut
<script type='text/javascript'> function addLink() { var body_element = document.getElementsByTagName('body')[0]; var selection; selection = window.getSelection(); var pagelink = "<br/><br/>Sumber : <a href='"+document.location.href+"'>"+document.location.href+"</a><br/>"; // change this if you want var copytext = selection + pagelink; var newdiv = document.createElement('div'); newdiv.style.position='absolute'; newdiv.style.left='-99999px'; body_element.appendChild(newdiv); newdiv.innerHTML = copytext; selection.selectAllChildren(newdiv); window.setTimeout(function() { body_element.removeChild(newdiv); },0); }document.oncopy = addLink; </script>
5. Klik Simpan

Catatan; untuk kode </head>, jika tidak ditemukan cari kode lainnya; <head/> atau &lt;/head&gt;&lt. Mungkin kode tersebut telah di parse kan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel