Skip to main content

Doa Setelah Sholat Tahajud Agar Cepat Dikabulkan Oleh Allah Swt

Doa Setelah Sholat Tahajud Agar Cepat Dikabulkan Oleh Allah Swt
Dalam Alqur’an surat Al-‘isra’ ayat 79, Allah memerintahkan untuk melaksanakan sholat tahajud.
“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji” (Al-‘Isra’: 79)

Dari ayat tersebut terlihat dengan jelas, bahwa melaksanakan sholat tahajud merupakan anjuran dari Allah Swt kepada hambanya agar mendapatkan kedudukan yang terpuji di mata Allah Swt. Mengerjakan sholat tahajud sangat jelas sekali merupakan ciri dari hamba Allah Swt yang bertaqwa. Bagaimana tidak? Melaksanakan sholat tahajud tidak bisa dikerjakan oleh semua orang. Akui saja, untuk melaksanakannya cukup tidak mudah. Tapi, semua orang bisa melaksanakannya bila ada niat yang kuat.

Tentu saja, bagi orang yang merutinkan sholat tahajud. Allah Swt akan memberikan pandangan yang berbeda kepadanya. Dimana saat orang sedang nyenyak tidur pulas, Ia mampu bermanjakan diri dengan Rabnya. Membiasakan sholat tahajud tidak mudah, jika Ia bukan seoran hamba yang bertaqwa. Seorang hamba dengan ketaqwaannya, siap bangkit melaksanakan sholat tahajud karena cinta yang besar. Jika bukan karena rasa kecintaan yang berlandaskan taqwa, akan sulit mengerjakan sholat tahajud. Sehingga, wajar saja, jika Allah Swt memiliki perhatian lebih kepada hambanya yang merutinkan sholat tahajud.

Pelaksaan sholat tahajud bisa dimulai ba’da sholat Isya’ hingga waktu sebelum fajar. Bagi yang melaksanakan setelah sholat Isya’ silahkan saja. Tujuannya agar tidak ketiduran dan terlewat melaksanakan sholat tahajud. Dan biasanya melaksanakan sholat tahajud setelah sholat Isya’ sangat cocok bagi pemula yang ingin merutinkan sholat tahajud.

Waktu pelaksanaan yang paling afdol melaksanakan sholat tahajud adalah di sepertiga malam. Berkisaran mulai dari Jam 1 - 3 pagi dan sebaiknya tidur terlebih dahulu. Sebelum menjadi kebiasaan yang menjadi kebutuhan, untuk melaksanakannya bisa menggunakan berbagai bantuan, misalnya; setel alarm tepat jam 2 untuk membangunkan atau dengan cara lainnya. Mudah-mudahan lama kelamaan jika sudah dirutinkan, Allah Swt selalu kodein agar bangun melaksanakan sholat tahajud.

Doa Setelah Sholat Tahajud Agar Cepat Dikabulkan Oleh Allah Swt

Karena sholat tahajud termasuk sholat yang spesial, maka tentu seorang hamba yang rutin melaksanakannya akan mudah terkabulkan doa-doanya. Tidak ada doa spesial yang wajib dibaca seusai melaksanakan sholat tahajud. Sebab, isi dari sholat itu adalah doa-doa.

Tapi, ada juga yang memberikan tuntunan doa-doa setelah melaksanakan sholat tahajud dalam bahasa arab atau dari potongan ayat-ayat Alqur’an. Hal itu, boleh-boleh saja dan yang paling terpenting harus memahami isi doa yang dibaca.

Sebenarnya doa setelah sholat tahajud spesial bagi masing-masing sesuai dengan keinginannya. Allah Swt memberikan kesempatan untuk berdoa yang menurut keinginan yang dibutuhkan. Sebagai contoh; ingin sekali bisa membeli mobil. Dan doa mendapatkan mobil tidak ada secara khusus dalam ayat. Sehingga, perlu diucapkan langsung dari lisan atau hati untuk disampaikan kepada Allah Swt. Mau terkabul atau tidak, yang penting doa (keinginan) sudah tersampaikan terperinci. Jikapun tidak kesampaian, doa itu insyaAllah menjadi catatan pahala. Menyangkut doa-doa yang lain juga sperti itu, perlu disampaikan secara terperinci.

Doa ada yang bersifat global dan adapun yang terperinci. Oleh karena itu, sampaikan saja keinginan yang terperinci tersebut dengan bahasa masing-masing. Tidak harus menggunakan bahasa arab atau ayat. Karena sesungguhnya, Allah Swt sangat faham dengan lisan dan hati masing-masing orang. Namun, bagi yang pandai berbahasa arab, ya lebih bagus doa spesialnya di ucapkan dengan bahasa arab.

Baca juga: SHOLAT SUNYI

Mudah-mudahan apapun keinginan Anda dapat terkabulkan atau setidaknya doa yang terus Anda ucapkan akan menjadi catatan amal kebaikan dan memperberat timbangan pahala. Yang salah satu cara agar doa cepat dikabulkan oleh Allah Swt yaitu dengan merutinkan sholat tahajud.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar