Inilah Amalan Saat Terjadinaya Gerhana Bulan atau Matahari yang bisa Dikerjakan

Inilah Amalan Saat Terjadinaya Gerhana Bulan atau Matahari yang bisa Dikerjakan
Fenomena terjadinya gerhana bulan atau matahari bukan saja merupakan faktor alam biasa, tapi juga merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah swt yang harus diambil pelajaran, serta mengerjakan amalan yang dianjurkan saat terjadinya gerhana tersebut. Terjadinya gerhana bulan atau matahari, sebagai seorang yang beriman harus disikapi dengan benar. Jangan, ada hal-hal berupa ke-syirikan masuk ke dalam benak pikiran yang timbul disebabkan pengaruh masyarakat dan budaya sekitar.

Sebagai orang yang beriman, memang betul terjatinya gerhana dapat menyebabkan kerusakan alam dan fenomena mengerihkan lainnya. Tapi semua itu, tentu dalam rangka supaya manusia takut akan azab Allah swt dan dengan itu, manusia bisa kembali kepada jalan yang lurus.

Ada beberapa hikmah yang bisa diambil pelajaran dari terjadinya gerhana;

1. Kejadian gerhana memperkuat keyakinan terhadap Allah swt atas kuasanya untuk membuat sesuatu. Dan terjadinya gerhana adalah salah satu buatan Allah swt yang sangat mudah baginya.

2. Supaya ada perasaan takut akan azab Allah swt, sehingga mengembalikan pada jalan yang lurus dan berbuat amal saleh. Allah swt berfirman, “​ Dan Kami tidak memberi tanda-tanda itu melainkan
untuk menakut-nakuti.” (Terjemahan. QS. Al Israa’: 59)

3. Terjadinya gerhana adalah salah satu bukti Allah swt yang mengatur alam semesta ini. Oleh karenanya, hanya kepada Allah swt lah Kita semua menyembah, bukan pada tanda atau ciptaannya.
“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan.
Janganlah sembah matahari maupun bulan, tetapi sembahlah Allah yang
menciptakannya, jika Dialah yang kamu sembah.”​ (QS. Fushshilat: 37)

4. Gerhana menjadi permisalan tanda yang diberikan oleh Allah swt terhadap terjadinya kiamat. Ada waktu tertentu terjadinya gerhana dan ada dampak yang disebabkannya. Itu seharusnya sebagai peringatan pada waktu yang akan datang kiamat akan benar-benar terjadi.

5. Ditimpahkannya azab kepada orang-orang kufur dan durhaka kepada Allah swt.

6. Dan ada banyak hikmah lainnya lagi yang bisa diambil

Inilah amalan saat terjadinaya gerhana bulan atau matahari yang bisa dikerjakan;

Tidak hanya diambil hikmah dari terjadinya gerhana, tapi sebagai orang yang beriman di tuntun untuk melaksanakan amalan pada saat terjadi gerhana tersebut. Dengan mengerjakan amalan soleh, semoga Allah swt selalu menuntun dan memberi petunjukkan dalam megaruhi kehidupan, serta memberikan ganjaran yang terbaik. Berikut ini minimal 5 amalan yang bisa dikerjakan saat terjadinya gerhana;

1. Sholat Kusufain (Shalat gerhana bulan/matahari)
2. Mendengarkan Khutbah Gerhana
3. Bertaubat (Perbanyak membaca Istighfar)
4. Ber-dzikir
5. Bersedakah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel