Pengertian Kunci Allen dan Fungsinya

Pengertian Kunci Allen

Dilansir dari wikipedia, Kunci allen (Kunci Heksagonal) memiliki nama lain yaitu kunci inbus. Kunci allen adalah kunci yang dapat melepas baut (kepala baut berbentuk bulat), dan berbentuk segienam pada lubang yang ada didalamnya. Bentuk dari kunci ini setelah sudutnya dibengkokkan adalah perses seperti huruf "L", dengan pembuatan dari bahan baja heksagonal high tensile. Selain yang berbentuk L, ada juga kunci allen yang bentuknya persis huruf "T". Ada juga jenis lain dari kunci ini seperti kunci sock (allen key) yang dioperasikan melepaskan dan mengganti mur/sekrup yang benbentuk segienam pada tengah kepalanya, atau disebut Allen headed cap.
Pengertian Kunci Allen dan Fungsinya

Nama lain dari kunci yang berbentuk L, yaitu Allen Wrench atau Allen Key. Kunci L (allen wrench) ini punya ukuran 0,028-1 inch. Sedangkan kunci L (allen key) punya ukuran metrik yang bervasiasi, mulai dari 1,5mm hingga 10mm. Pengukuran tersebut diukur berdasarkan jarak terluar sisi sisi allen key yang sejajar. Pada tipe yang lain juga, ada allen key yang berbentuk seperti bola. Dengan begitu, allen key seperti ini posisinya tidak tegak lurus (sedikit serong) pada permukaan kepada sekrup.

Di Indonesia, Allen Key sangat dikenal sebagai kunci L. Sebutan tersebut karena memang bentuknya seperti huruf L. Saat ini, model kunci yang berbentuk L juga diterapkan pada lainnya, seperti mata obeng dengan motor yang diikatkan pada kepala obeng listrik. Dengan alat tersebut, dapat membantu dalam merakit furniture dalam jumlah yang sangat besar.

Sebagai saran penyimpanannya, sebaiknya kuncil L disimpan di rak atau lemari atau box. Agar saat diperlukan mudah menemukannya. Walau terbuat dari bahan logam yang keras dengan paduan tunsten, sebaiknya tidak sembarangan meletakkan kunci tersebut.

Fungsi Kunci L

Kunci L memiliki fungsi untuk melepaskan dan membuka, mengganti baut, mur/sekrup yang kepalanya berbentuk bulat, namun didalamnya ada lubang yang bentuknya segienam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel