Pilih Menjadi Seorang Blogger Atau Yotuber untuk Pemula, Berikut Pertimbangan yang Harus Diperhatikan

Apapun pilihannya, baik menjadi seorang blogger atau youtuber, punya peluang untuk sukses. Karena itu, memang pilihan ada pada masing-masing orang. Ada yang lebih mudah sebagai seorang blogger, tapi agak sulit menjadi seorang youtuber. Dan sebaliknya, ada yang lebih mudah menjadi youtuber ketimbang harus menjadi blogger. Bahkan ada yang memilih keduanya untuk mendapatkan hasil yang super duper maksimal.
Pilih Menjadi Seorang Blogger Atau Yotuber untuk Pemula, Berikut Pertimbangan yang Harus Diperhatikan

Ketika menjalani aktivitas seorang blogger, tentu tidak terlepas dari membuat artikel. Sedangkan, menjadi youtuber berhubungan dengan membuat video. Sebenarnya blogger dan youtuber, dua hal yang beberda, tapi bisa dikombinasikan.

Yang pasti, baik menjadi blogger atau youtuber target utamanya adalah pengungjung. Bagaimana bisa mendatangkan trafik sebanyak mungkin, dan dengan itu akan memperoleh penghasilan yang melimpah. Tentu saja lngkah kombinasi itu sering dilakukan oleh banyak mastah.

Bagi pemula, pada tahap awal tentu harus memilih, apakah harus menjadi blogger atau youtuber. Itu agar dapat dijalani dengan lebih fokus. Dan pilihan yang tepat akan menjadi langkah awal kesuksesan di masa mendatang. Pilihan tersebut, tentu harus didasari pada hobi, kemampuan, peralatan, dan motivasi.

Misalnya, ada seorang pemula yang ingin sekali menjadi seorang youtuber. Tapi terkendala dengan persiapan alat-alatnya dan jaringan internet. Aktivitas menjadi seorang youtuber nantinya, tentu tidak akan maksimal hasilnya dan juga tidak profesional. Untuk sebagai iseng-iseng dengan alat bantu perekam HP, mungkin cukup. Tapi, untuk membuat konten kreatif, unik dan profesional, itu tidak akan cukup dan tidak mudah untuk mendatangkan banyak pengunjung.

Menjadi seorang blogger, sebenarnya lebih simple dan cocok bagi siapa saja. Hanya dengan jaringan internet yang standart dan laptop/komputer yang minimal ada keyboardnya, sudah bisa memberikan karya-karya tulisan yang menarik, unik dan profesional. Tapi, kendala terberatnya, bagi yang malas nulis sih!

Pada artikel ini yang membahas tentang pilih menjadi seorang blogger atau youtuber untuk pemula, yang berimplikasi pada target kunjungan yang maksimal. Cek berbagai pertimbangan yang bisa menjadi pedoman dalam menetapkan pilihan, sebagai berikut;

1. Seorang yang familiar lebih mudah menggeluti dunia youtube.
Sudah menjadi sebuah fakta bahwa konten video youtube yang channelnya dibuat oleh para artis, para ustadz, atau orang yang terkenal akan banya di subscribe dan di tonton. Walau mungkin, videonya biasa saja dan kurang kreatif. Ini wajar broo! Namanya juga artis, pasti banyak fansnya, namanya juga ustadz, pasti banyak jama'ah yang ingin mendengarkan ceramahnya.

Baca juga: Ingin Tahu Cara Dapat Uang Dari Youtube, Berikut Ini langkah-langkah yang Harus Anda Lakukan

Nah, bagi pemula tentu sulit bersaing melawan mereka-mereka yang sudah terkenal duluan. Apalagi pemulanya tidak kreatif dan video yang ditampilkan tidak profesional, ya jelas di skiplah. Potensi sukses ya 100% tetap ada, tapi perjuangannya jauh lebih berat dari orang yang familiar.

2. Yang dibutuhkan dari blog adalah tentang kualitas, bukan tentang diri Anda.
Dilihat dari aktivitas nge-blog, menjadi seorang blogger lebih profesional dan dapat bersaing dengan sehat. Tidak penting siapa Anda, karena yang terpenting adalah konten apa yang disajikan. Apakah artikel itu unik, menarik, informatif, bermanfaat, dan memberikan jawaban.

Oleh karena itu, siapapun orangnya daya sukses juang nge-blognya sama. Orang yang tidak terkenal pun, blognya bisa mengalahkan blog yang dimiliki oleh seorang artis. Artikelnya pada nangkring di halaman pertama di search engine.

Sehingga, bagi pemula tidak perlu minder atau merasa tidak mampu bersaing untuk menjadi seorang blogger. Karena di dunia blogging, semua kesempatan diberikan sama. Yang terpenting, artikel Anda mampu bertarung atau tidak dengan artikel blog lainnya.

Beda loh, jika pemula main youtube. Biasanya merasa minder duluan dengan para artis yang subscribernya bejibun.

3. Youtuber profesional wajib punya tim.
Ketika memutuskan menjadi youtuber sukses dan profesional, sebaiknya jangan lakukan sendirian deh. Bangun tim di awal dan tentuin konten uniknya. Ada sebuah tim yang dibangun akan terus memupuk semangat, banyak ide yang bisa dituangkan dan didiskusikan, serta terciptanya konten yang kreatif dan profesional. Seminimal-minimalnya, bisa dilakukan 2 orang, yang satu divideokan dan yang satu sebagai kemeramennya, itu misalnya.

4. Sukses nge-blog dengan personality.
Sukses menggeluti dunia blog, main sendiripun hasilnya ok. Apalagi, jika bangun tim, hasilnya tentu lebih besar. Tapi, yang ribet di bagi-bagi penghasilannya. Nge-blog dilakukan sendirian hasilnya tetap profesional, itu semua tergantung pada bloggernya. Hanya perkara mau dan tidak mau saja. Bila punya keinginan yang kuat, kesuksesan menjadi blogger bisa di raih.

Baca juga: Keuntungan Menjadi Blogger, Dari Belajar Nulis Sampai Gajian Tiap Bulan Dari Adsense

5. Biaya menjadi blogger lebih kecil dibandingkan menjadi youtuber.
Ini sudah jelas, untuk menjadi seorang blogger gak ribet dan gampang. Karena yang susah itu, buat artikel, rutin update dan viewer membludak. Sedangkan\, nge-youtube perlu ada peralatan yang dipersiapkan. Bahkan, jika kontennya tentang wisata misalnya, tentu perlu biasa untuk mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut. Yang paling minim, bila dibandingkan dengan nge-blog, dari segi biaya paket data internet saja sudah berbeda. Yang pasti lebih mahal nge-youtube dari nge-blogger.

Dari pertimbangan di atas, bukan mendorong harus sepakat untuk pemula harus lebih dulu nge-blog. Semua pilihan kembali pada masing-masing orang. Sehingga, yang paling tepat untuk pemula. Kenali lebih dulu diri Anda, kemudian tentukan pilihan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel