Inilah Daftar Ustadz Youtuber Indonesia yang Berprofesi Selain Menjadi Pendakwah

Tugas utama seroang ustadz adalah menjadi pendakwah bagi umat untuk memberikan pencerahan dan mengajarkan jalan hidup yang lurus. Dalam menjalani kehidupan berprofesi sebagai pendakwah harus rela dengan ikhlas tanpa mendapatkan gaji apa-apa, bahkan harus mengorbankan hartanya demi jalan dakwah. Harapannya hanya balasan dari Allah, apa yang sudah didakwahkannya kepada umat. Jadi wajar, jika kehidupan seorang ustadz sangat sederhana dan jauh dari kemewahan.

Begitulah perjuangan seorang ustadz tempo dulu yang harus berjuang dan mengorbankan harta demi berjalan dijalan dakwah. Tapi, sekarang jalan dakwa yang harus dilakoni seorang ustadz tidak sepayah dan sesuah tempo dulu. Dengan berkembangnya teknologi internet dan digital, dakwah dapat disebarkan dengan mudah. Ceramah-ceramah dari para ustadz dengan mudah di lihat banyak orang, tanpa harus hadir di diacara tersebut. Itulah perkembangan teknologi yang mempermudah kehidupan manusia, termasuk para pendakwah kebenaran.

Bak melempar dua burung dengan satu batu, ustadz sekarang menjadi barang komersil yang gandruingi umat. Dakwah yang disampaikan oleh para ustadz bukan saja dijadikan sebagai renungan, pelajaran, dan semangat, tapi juga diperdagangkan untuk mencari penonton sebanyak-banyaknya. Banyak orang yang mengambil ceramah ustadz-ustadz kemudian di pertontonkan kembali kepada khalayak ramai demi mendapatkan kunjungan dari banyak orang.

Begitulah yang terjadi, perkembangan internet marketing sudah meluas, sehingga dunia periklanan memainkan perannya. Konten-konten dakwah pun menjadi produk istimewa karena mamang sangat diminati dan digemari. Dan memang bahasan dakwah terus berkembang dan wajib ada selama kehidupan manusia belum berakhir. 

Nah, jadi profesi ustadz saat ini jangan dipandang sebelah mata. Selain tujuan mulia dan mendapatkan balasan kebaikan yang akan diterimanya dari Tuhan, profesi tersebut juga dapat mendatangkan nilai ekonomi. Dunia periklanan akan membayar konten dakwah tersebut sesuai dengan ketentuan layanan jasa periklanan, yang sudah populer yaitu google adsense.

Dalam menyebarkan konten dakwah berupa video perlu di unggah di youtube. Youtube sebagai wadah yang menampung berbagai kreasi kreatif konten video memiliki jumlah pengunjung terbesar di dunia sebagai tempat menonton video, bisa juga live streaming, dan download video. 

Sekarang mari kita cek daftar ustadz youtuber Indonesia yang berprofesi selain menjadi pendakwah. Mereka dengan sengaja membuat channel youtube untuk mengunggah ceramahnya dan memonetisasi channel tersebut supaya dapat menayangkan iklan, serta memperoleh pendapatan dari pengunjung yang menonton.

1. Ustadz Khalid Basalamah

Saat ini channel ustadz Khalid yang bernama "Khalid Basalamah Official" sudah memiliki jumlah subscriber sebesar 1,18 juta. Jumlah tersebut cukup besar dan tentu penghasilan yang diperoleh juga sudah sangat besar.
channel ustadz khalid basalamah

Channel Khalid Basalamah Official yang bergabung pada 7 Februari 2013 itu, sudah ditonton mencapai 74.299.632 x. Waooo,,, jumlah yang cukup besar bukan! Jumlah video yang diunggahpun sudah cukup banyak, yaitu sekitar 1.239 video.

Channel ini sudah dimonetisasi dengan google adsense.

2. Ustadz Abdul Somad

Dicari di youtube, ustadz Abdul Somad juga memiliki channel youtube yang bernama "Ustadz Abdul Somad Official". Channel ini sudah memiliki 431 ribu subscriber, yang tergabung pada 25 Juni 2019. Wajar saja subscribernya masih terhitung sedikit dan tentu tidak sebanding bila melihat ketenaran ustadz Abdul Somad di Indonesia. Ini karena channel yang dibuat masih seumur jagung. Tapi jika melihat jumlah tontonannya, sudah mencapai 13 juta x di tonton dengan jumlah 260 video unggahan.
channel ustadz abdul somad

Channel ini sudah dimonetisasi dengan iklan.

3. Ustadz Adi Hidayat

Channel yang dibuat di youtube bernama "Adi Hidayat Official". Channel ini sudah memiliki 440 ribu subscriber dan 232 unggahan video. Channel ini juga masih tergolong baru, yang dibuat pada 28 Februari 2019 dan sudah mendapatkan jumlah tontonan berkisar 10 juta x ditonton.
channel adi hidayat

Dari penglihatan tanyangan, sepertinya channel ini tidak dimonetisasi dengan iklan.

4. Ustadz Felix Siauw

Ustadz Felix Siauw memiliki channel youtube bernama "Felix Siauw", yang sudah memiliki jumlah subscriber saat ini sebanyak 553 ribu dengan jumlah 493 video unggahan. Umur channel ini tergolong sudah lama, yaitu tergabung pada tanggal 3 Januari 2009. Jumlah tontonannya juga sudah lumayan banyak, yaitu berkisar 29 juta x ditonton.
channel felix siauw

Channel ini sudah dimonetisasi oleh google adsense

5. Ustadz Hanan Attaki

Channelnya bernama "Hanan Attaki", bila di cek sudah mendapatkan 914 ribu subscriber dan memiliki 141 unggahan video. Channel Hanan Attaki dibuat pada tanggal 11 Mei 2017 dan sudah ditonton 24 juta x.

Channel yang dimiliki ustadz Hanan, yang juga Ia merupakan founder pemudah hijrah sudah dimonetisasi oleh google adsense.
channel hanan attaki

Itulah sebagian kecil contoh pendakwah di tanah air yang juga sebagai ustadz youtuber. Dengan youtube dakwah mereka semakin luas dan mudah tersebarkan. Walau di dilain sisi ada yang dimonetisasi dengan iklan dan ada yang tidak. Semua tergantung pada masing-masing, tapi mudah-mudahan pendapatan iklan dari para ustadz kita lebih berkah, karena dikeluarkan pada jalur yang benar.

Baca juga: Tips Mudah Mendapatkan Uang Dari Youtube 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel