Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Internet Bagi Dunia Bisnis dan Macam-Macam Bisnis yang Dapat Dilakukan Melalui Media Internet

Manfaat Internet Bagi Dunia Bisnis dan Macam-Macam Bisnis yang Dapat Dilakukan Melalui Media Internet
Pada abad ini internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi kehidupan. Tidak sekedar hanya sebagai hiburan yang bermanfaat bagi kesehatan, tapi internet juga menjadi ladang banyak orang menjalankan usahanya. Sangat banyak sekali aktivitas kehidupan yang bisa dilakukan dengan internet, bahkan internet menciptakan aktivitas kehidupan yang baru, misalnya saja, berkomunikasi melalui aplikasi chatting, berjualan secara online, mempromosikan sebuah produk, bahkan bisa digunakan untuk layanan pembayaran.

Internet mempermudah kehidupan bagi orang yang bisa memanfaatkannya dengan baik, terkhusus dalam dunia bisnis. Jika Anda, bisa memanfaatkannya dengan baik dalam menjalankan sebuah usaha, tentu internet sangat membantu sekali mengembangkan usaha Anda. Bagi yang masih belum bisa memanfaatkan internet dengan optimal, berikut ini beberapa manfaat internet bagi dunia bisnis, yang perlu Anda ketahui, lalu bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

1. Internet sebagai media promosi dan menjual produk

Saat ini jangkauan pengguna internet sangatlah besar, tidak hanya di dunia. Di Indonesia saja, pengguna internet sudah sangat banyak. Jumlah pengguna yang besar itu merupakan potensi untuk mempromosikan dan menjual produk. Menariknya, sudah banyak layanan gratis yang bisa dimanfaatkan untuk media promosi dan jualan produk tersebut. Anda bisa masuk dan membuat akun di web marketplace, forum, sosial media, dan lain sebagainya secara gratis. 

Selain, memanfaatkan yang gratisan. Anda juga bisa langsung membuat toko online sendiri dengan memanfaatkan internet. Toko online itu berupa website yang menampilkan produk-produk yang Anda jual dan itu sangat efektif dalam menjaring pelanggan, serta efisien dalam pembiayaan. Sebab toko online itu seperti membangun gedung toko. Bila ingin berjalan dengan lebih efektif lagi, toko online itu bisa dipadukan dengan media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram ataupun sosmed populer yang lain.

2. Internet membuat bisnis Anda memiliki image yang bagus

Banyak uang yang dipangkas karena adanya internet. Dengan internet, membangun toko online, tentu meminimalisir biaya sewa/pembuatan gedung toko, tidak perlu security dan gaji karyawan, dan lain sebagainya. Potongan biaya yang bisa dipangkas, membuat produk akan semakin murah. Ini menjadikan jual beli secara online banyak diminati. Tentu walau dilakukan dengan jarak jauh, toko online atau layanan gratisan yang dipakai bisa mendeskripsikan produk dengan baik, memberikan foto asli produk, fungsi produknya atau kegunaan dari produk tersebut. Pastinya, semakin lengkap dan detail deskripsi yang diberikan, maka konsumen akan memberikan kesan terbaik pula pada produk tersebut.

Sehingga, perlu adanya testimoni terhadap produk yang dijual. Jika tanggapan pelanggan bagus, maka akan memancing pelanggan baru untuk membelinya. Dan testimoni sangat diperlukan, terutama bagi pelanggan baru yang berniat untuk membeli. Oleh karena itu, harus dari form, dimana para pelanggan bisa mengisi testimoninya dengan jujur.

3. Internet mempercepat dan mempermudah dalam berkomunikasi

Hanya dengan paket akses internet, berkomunikasi dengan chatting, video call, voice dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Banyak aplikasi yang bisa digunakan yang menjadi wadah setiap orang untuk berkomunikasi. Layanan tersebut memudahkan dalam dunia bisnis. Setiap pelanggan dengan cepat bisa mengirim pesan terkait produk yang akan dibeli. Admin tentu siap memberikan jawaban dari pertanyaan pelanggan, untuk memperjelas dan memperkuat niat pelanggan agar membeli produk yang dijual.

4. Internet memperluas jaringan dalam dunia bisnis

Menjalankan bisnis secara offline tidak akan menjangkau pelanggan secara luas. Ada batasan usaha secara offline yang sifatnya sangat lokal. Tapi dengan adanya internet, bisnis yang dijalankan secara online dapat menjaring pelanggan seluas-luasnya. Tidak ada batasan target pelanggan sebagai ajang jualan yang dilakukan secara online.

5. Internet mampu membawa produk Anda sampai Go Internasional

Dengan jangkauan jaringan yang luas dan tiada batas. Maka, internet mampu mempromosikan produk Anda, tidak hanya nasional bahkan internasional. Dengan catatan, produk yang dijual memang dibutuhkan oleh semua orang, tidak terkecuali orang luar negeri.

6. Internet dengan cepat memberikan informasi

Dalam menjual produk melalui toko online atau jaringan marketplace, dengan cepat dan mudah untuk mengubah informasi terbaru terkait produk yang dijual. Bila ada perubahan pada produk misalnya, harganya naik atau ada diskon pada waktu tertentu, pelanggan dengan cepat mendapatkan informasi tersebut.

7. Internet dapat dengan efektif merekrut tenaga kerja

Saat ini internet menjadi sumber informasi yang utama, termasuk bagi para pengguna dalam mencari pekerjaan. Bagi Anda yang ingin merekrut pekerja baru, bisa mempromosikannya melalui media internet, bisa berikalan atau dengan sosial media yang gratisan. Anda pun bisa menentukan kriteria pekerja yang sesuai kebutuhan, bahkan lokasi tenaga kerjanya pun bisa di targetkan.

8. Internet sebagai tracking barang

Perdagangan online yang dilakukan dengan jarak jauh dalam pengiriman barang ke konsumen menggunakan layanan jasa antar paket. Yang populer dalam pengiriman barang yaitu JNE, JNT, POS, dan TIKI, serta jasa lainnya yang saat ini mulai bermunculan. Jual beli secara online, yang mengirimkan produk ke tempat yang jauh dapat dipantau dengan mudah menggunakan website tracking. Setiap pelanggan yang memesan bisa cek langsung keberadaan atau status produk yang dibelinya.

Itulah manfaat internet bagi dunia bisnis yang bisa Anda rasakan. Jadi, dengan menjalankan bisnis melalui internet, dapat dirasakan sangat membantu sekali dalam hal promosi sampai terjualnya produk. Bagi yang ingin memanfaatkan internet untuk usaha bisnis, ada beberapa contoh macam-macam bisnis yang dapat dilakukan melalui media internet, jika Anda tertarik;
a. Menyediakan jasa pembuatan website (membangun web hingga menjualnya)
b. Membuat buku atau ebook, lalu menjualnya di toko online
c. Membuat layanan jasa kursus online
d. Jika Anda seorang programmer ahli, bisa membuat software/aplikasi, lalu menjualnya
e. Jualan produk secara online (baik produk sendiri atau menjadi agen)
f. Memberikan informasi melalui konten tulisan atau video (sebagai blogger atau youtuber)

Post a Comment for "Manfaat Internet Bagi Dunia Bisnis dan Macam-Macam Bisnis yang Dapat Dilakukan Melalui Media Internet"