2 Langkah Jitu Menenangkan Anak yang Rewel seketika Menjadi Diam dan Tenang

Seorang ibu atau ayah yang memiliki anak usia bayi sudah menjadi makanan kesehariannya menghadapi kerewelan anaknya. Pada saat lagi santai mungkin akan lebih sabar menghadapinya. Namun, pada saat sedang sibuk atau pikiran lagi penat, mendengar kerewelan bayi tentu akan menambah hati semakin panas dan otakpun menjadi setress. Ketika hal itu terjadi pada Anda, maka jangan memarahi anak tersebut atau memilih diam dengan mengabaikan tangisannya sejenak.
2 Langkah Jitu Menenangkan Anak yang Rewel seketika Menjadi Diam dan Tenang

Ketahuilah bahwa seorang anak merupakan sebuah anugerah yang tidak semua orang mendapatkannya dan bisa merasakan kebahagiaan memiliki anak. Anak yang rewel mungkin membuat hati semakin kalut, tapi di lain waktu, kelucuan tingkah laku anak yang menggemaskan memberikan kebahagiaan yang tak dapat tertuliskan. Oleh karenanya, dalam kondisi apapun dengan perasaan yang tidak nyaman sekalipun, lakukanlah sebuah tindakan dalam upaya menenangkan sang buah hati. Sabarlah, sebab masa itupun akan segera berlalu. Sehingga, berikan upaya terbaik dengan kasih sayang yang tulus bukan hanya manis di bibir saja, tapi direalisasikan dalam kenyataan yang ada.

Setiap mendengar anak sedang rewel bergegaslah untuk menenangkannya. Bagi ibu dan ayah yang belum berpengalaman atau masih baru melahirkan. Ada 2 langkah jitu menenangkan anak yang rewel seketika menjadi diam dan tenang, sebagai berikut ini:

Langkah 1: Peluk dengan lembut dan penuh kasih sayang

Pada saat anak rewel, langkah pertama yang dilakukan bersegeralah memeluknya dengan lembut dan penuh kasih sayang. Anak itu juga akan merasakan kehangatan cinta dari orang tuanya, yang mampu menenangkan hatinya dan meyakinkan dirinya bahwa sedang berada di pelukan orang yang tepat dan orang yang paling mencintainya. Pelukan yang dilakukan dengan kontak fisik langsung akan berpengaruh sangat baik bagi perkembangan si buah hati, baik terhadap perkembangan fisiknya maupun kejiwaannya.

Langkah 2: Alihkan perhatiannya si anak

Bagi orang tua, tentu sangat memahami kondisi si buah hatinya. Saat sedang rewel juga, tentu ada alasannya mengapa hal itu terjadi. Memang bisa jadi munculnya rewel itu secara tiba-tiba. Nah, itulah yang harus dengan cepat ditanggapi orang tuanya. Pada tahap lanjut, mungkin pelukan belum mempan menenangkan dan mendiamkan anak. Sehingga, perlu langkah ke 2, yaitu mengalihkan perhatiannya.

Seorang anak rewel karena keinginannya tidak terpenuhi. Oleh orang tuanya, keinginan tersebut dipandang tidak baik bagi si kecil atau si orang tua tidak mampu mewujudkan keinginan tersebut. Misalnya saja, anaknya ingin dibelikan mainan dengan harga yang lumayan mahal. Keadaan uang lagi tipis dan menimbang manfaat mainannya kurang bermutu. Diputuskanlah untuk tidak membeli mainan tersebut, lalu anak pun menjadi rewel.

Jika hal itu terjadi, langsung alihkan perhatiannya kepada sesuatu yang membuatnya tertarik. Bisa juga, mengajaknya ke sesuatu tempat yang membuatnya riang mendengarnya dan itu sebagai upaya untuk meninggalkan tempat, dimana lokasi mainan itu berada. Perhatianya pun akan buyar terhadap mainan tersebut.

Contoh lain lagi, misalnya si kecil sedang berada di rumah. Tiba-tiba Ia rewel tanpa sebab yang jelas. Segera peluk dan gendong anak tersebut, lalu pergi keluar rumah. Tunjukkan bintang-bintang dan bulan yang ada di langit kepadanya, seketika itupun perhatiannya teralihkan dan hatinya pun akan kembali tenang.

Banyak lagi contoh yang bisa diambil, tapi yang jelas 2 langkah tersebut jika diterapkan mudah-mudahan sangat jitu dalam upaya menenangkan anak yang sedang rewel. Langkah tersebut sangat mudah untuk dipraktekan dan yakinlah cara sederhana tersebut punya efek yang luar biasa.

Baca juga: Buat Calon Ibu, Ini Cara Merawat Kehamilan Hingga Saat Melahirkan Yang Benar

Tetap sabar dan selalu semangat bagi yang sedang memiliki seorang bayi. Memang terkadang rasa capek bisa membuat hati jengkel. Namun, ingatlah! Jangan marah kepada anak yang sedang rewel, karena masih ada cara yang lebih baik selain dari marah itu. Hilangkanlah perasaan ingin marah tersebut menjadi energi untuk memahami perasaan si buah hati yang terkasih.

0 Response to "2 Langkah Jitu Menenangkan Anak yang Rewel seketika Menjadi Diam dan Tenang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel