Doa Sujud Sahwi sesuai Tuntunan

Doa Sujud Sahwi sesuai Tuntunan
Dalam melaksanakan sholat bisa saja lupa jumlah raka'at yang telah dikerjakan. Itulah mengapa, sebaiknya mengerjakan sholat secara berjama'ah. Dengan berjama'ah akan terhindar dari kelupaan jumlah raka'at. Jika seseorang lupa terhadap rukun sholat (jumlah raka'at, bacaan al-fatihah, dst) yang dikerjakannya, dianjurkan untuk melakukan sujud sahwi.

Ada 3 sebab melakukan sujud sahwi;
1. Az-ziyaadah (menambah jumlah sholat)
2. An-naqsh (menghilangkan/mengurangi raka'at sholat)
3. Asy-syak (ragu-ragu terhadap rakaat sholat)

Dalam tiga kondisi di atas, maka seseorang tersebut harus mengerjakan sujud sahwi. Sujud sahwi tersebut dikerjakan sebelum salam atau sesudah salam dengan 2 x sujud. Perlu diketahui juga keadaan masing-masing saat kembali ingatan terhadap kesalahan yang terjadi.

Baca juga: Doa Setelah Sholat Tahajud Agar Cepat Dikabulkan Oleh Allah Swt

Sujud sahwi dilaksanakan sebelum salam, ketika ada pengurangan raka'at dan ingat sebelum salam dilakukan. Dan sujud sahwi yang dilaksanakan setelah salam, ketika baru ingat setelah salam dilakukan atau saat sholat dalam keadaan ragu-ragu terkait jumlah rakaat yang dikerjakan.

Doa sujud sahwi sesuai tuntunan

Doa sujud sahwi sesuai tuntunan adalah,
سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ رَبَّناَ وَبِحَمْدِكَ اَللّهُمَّ اغْفِرْلِى

Subhaanaka allaahuma robbanaa wabihamdika allaahumaghfirlii.

Terjemahan: “Segala puji bagi-Mu, Ya Allah Tuhan kami, dan dengan memuji-Mu ya Allah ampunilah aku”.

Atau doa sujud seperti sholat yang 5 waktu sesuai dengan tuntunan. Anda bisa gunakan doa mana saja (seperti: Subhana Rabbiyal A’la), yang penting itu ada dalilnya. Jadi, dalam doa sujud sahwi tidak ada dalil atau anjuran memaca doa sujud sahwi secara khusus.

Ada bacaan khusus misalnya "Subhana man laa yanaamu wa laa yas-huw (Maha Suci Dzat yang tidak mungkin tidur dan lupa)", itu tidak ada riwayat yang menerangkannya. Dilansir dari konsultasisyariah.com, lafal  "Subhana man laa yanamu wa laa yashu" tersebut tidak terdapat dalam Alqur'an maupun Hadist. Dan doa tersebut tidak terdapat dalam kitab manapun, hal ini bisa di baca; pada Talkhis Al-khabir, 2: 88.

Baca juga: Do'a Dan Cara Berbuka Puasa Ramadhan Sesuai Sunnah

Mengutip pernyataan Ibnu Qudamah rahimahullah (Al-mughni, 2: 432 - 433) mengatakan "Dan hendaklah dia membaca di dalam sujud (sahwi)-nya bacaan yang diucapkan di dalam sujud ketika shalat, karena sujud sahwi tersebut merupakan sujud yang disyariatkan serupa dengan sujud di dalam shalat."

0 Response to "Doa Sujud Sahwi sesuai Tuntunan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel